"Raya bangun! Kamu nggak ke sekolah, ini udah siang." Jeritan Bunda kenceng banget sumpah, gue ampe kaget ngedengernya. Dengan nyawa yang masih separuh, gue langsung bangun dari posisi ternyaman gue. Kepala gue rasanya kek dihantam bantal sekarang, pusing tapi nggak sakit kalian pasti tau lah gimana rasanya.
"RAYA BANGUN! ASTAGHFIRULLAH NI ANAK SUSAH BANGET DIBANGUNIN." Bunda teriak lagi. Gue berusaha ngejawab teriakan bunda dengan suara serak khas orang bangun tidur. "IYA BUNDAAA, INI RAYA UDAH BANGUN KOK." Tenang, gue jawabnya gak ngegas kok cuma kenceng aja.
Abis itu hening, bunda nggak teriak-teriak lagi. Oke, sekarang saatnya gue mandi abis itu sarapan terus langsung berangkat ke sekolah. Oh iya udah hampir satu bulan gue nggak sekolah gegara tifus dan diperparah dengan dropnya imun tubuh. Gue tuh tipe anak yang ngga pernah sakit, tapi sekalinya sakit langsung borongan. Jadilah gue dirawat selama seminggu di RS dan berhari-hari dirawat dirumah untuk masa pemulihan.
"Uang jajannya mana Bun?" Tanya gue pada bunda yang lagi makein dasi ke adek gue, Dina. Nama panjangnya Adistia Meydina, dia 3 tahun lebih muda dari gue. "Bentar, Ra. Bunda lagi dandanin adek kamu." Oke, gue tunggu sambil mainin sendok di piring kotor bekas tempat sarapan gue.
Beberapa menit kemudian bunda nyodorin gue uang pecahan 5 ribu dan gue terima dengan senang hati. "Makasih bunda. Raya berangkat dulu ya assalamualaikum." Ucap gue lalu mencium tangan bunda. "Wa'alaikumsallam, hati-hati naik sepedanya. Jangan ngebut, jangan Meleng, jangan--"
"Iya bundaaa. Raya berangkat sekarang ya, dadaaaa." Potong gue, bukan apa-apa sih cuma bunda kalo dah ngomong kek gitu jadi mirip kek bundanya Adit panjang banget mana bernada lagi. "Hati-hati." Jawab Bunda, gue cuma bergumam sebagai jawaban.
Gue berangkat sekolah naik sepeda karena jarak dari rumah ke sekolah gak terlalu deket tapi gak terlalu jauh juga. "Kak Raya!" Seseorang manggil gue dengan semangat, gue pun langsung menghentikan laju sepeda gue. "Oh Haikal, selamat pagi!" Jawab gue dengan senyum Pepsodent.
Ya, yang manggil gue tadi tuh si Haikal. Dia udah besar sekarang, udah kelas 1 SD. Dia lagi pegang sapu sama pengki di tangannya kek orang abis beberes rumah padahal ini waktunya berangkat sekolah dan Haikal pun udah rapi dengan setelan seragamnya. "Ikal belum berangkat? Ini udah waktunya sekolah kan." Tanya gue. Gue terbiasa manggil Haikal dengan sebutan Ikal biar gampang aja sih.
Haikal senyum manis banget kek gula, mana wajahnya imut lagi kan gue jadi gemes pengen cubit. "Bentar lagi Haikal berangkat kak, lagi nunggu mama nganter kak Zara." Jelasnya lalu menaruh sapu dan pengki yang dia pegang tadi.
"Kamu abis nyapu rumah?"
"Iya kak, nenek tadi nyuruh Haikal buat nyapu rumah bentar sambil nungguin mama katanya biar waktu Haikal nggak terbuang sia-sia."
Ah iya gue lupa sama sifatnya Bu Lina, selain cerewet tuh orang juga suka banget nyuruh-nyuruh Haikal ngerjain pekerjaan rumah. Kalau sebatas nyapu lantai sih masih bisa dibilang wajar lah ya, la ini si Bu Lina bahkan pernah nyuruh Haikal buat nyuci baju sekalian jemur bajunya di lantai 2. Mengadi-ngadi banget tuh si nenek, anak kecil disuruh naik ke lantai 2 buat ngejemur baju mana bajunya banyak lagi. Kaki Haikal bahkan pernah terkilir gegara kepleset di tangga pas mau jemur baju, tapi itu nggak jadi alasan buat Bu Lina berhenti nyuruh-nyuruh Haikal. Terkadang gue sedih ngeliat Haikal yang diperlakukan kek pembantu sedangkan kakaknya diperlakukan bak putri raja, benar-benar tidak adil. Tapi gue bisa apa? Gue ngebela Haikal pun nggak bakal merubah segalanya.
Brumm... Brumm...
Suara motor mendekat ke arah kita, ternyata itu Bulek Aini dia udah selesai nganterin Zara sekolah dan sekarang giliran Haikal. Oh iya, Haikal sama Zara tuh disekolahkan di tempat yang berbeda. Zara di sekolah negeri khusus orang-orang kaya dan Haikal di sekolah swasta. Walaupun swasta tapi sekolah itu terakreditasi A jadi ya tergolong sekolah bagus. "Eh ada Raya, mau berangkat sekolah Ra?" Sapa Bulek Aini, gue mengangguk masih dengan posisi naik sepeda. "Iya Bulek, Raya mau berangkat."
"Hati-hati ya kalo naik sepeda, jalanan lagi rame."
"Iya Bulek, Raya pamit duluan ya. Raya takut telat." Bulek Aini mengangguk sambil tersenyum.
"Bai bai kak Rayaaa." Itu si Haikal yang ngomong sambil melambaikan tangan kecilnya dengan imut. Senyum gue muncul lagi dan tangan gue pun ikut melambai. "Dadaaahh Ikal..." Jawab gue abis itu langsung pergi ke sekolah.
Beberapa jam kemudian akhirnya gue bisa pulang setelah olahraga otak. Pusing banget kepala gue, baru juga masuk sekolah dah dikasih suguhan ulangan matematika. Mana semalem gue nggak belaja sama sekali, alhasil nyontek jadi jalan ninja gue. Kalian pasti juga pernah begitu kan? Ngaku deh lu... (•‿•)
Pas gue pulang, gue papasan sama Haikal. Dia lagi menjemur baju di emperan rumah. Dia naik ke kursi kecil gegara nggak nyampe, maklum masih kecil jadi postur tubuhnya belum terlalu tinggi. Tapi nggak menutup kemungkinan pas dia udah gede postur tubuhnya bakal setinggi tiang listrik. Udah ada buktinya kok, liat aja Jisung NCT.
"Haikal!" Sapa gue sambil melanin laju sepeda. Haikal yang awalnya fokus jemurin baju langsung noleh ke arah gue. "Kak Raya, halo!" Jawabnya dengan suara lucu. "Baru pulang kak?" Tanya nya.
Gue ngangguk. "Iya nih, kamu disuruh nenek lagi?" Tanya gue to the poin. Gue orangnya blak-blakkan ya fren, jadi harap maklum.
"Hehe iya kak."
"Mau gue bantu?" Haikal menggeleng. "Nggak usah kak, ini udah mau selesai kok. Kakak pasti capek kan baru pulang sekolah? Jadi kakak mendingan istirahat aja." Duh ni anak baik banget sih, tau aja kalo gue lagi capek. Tapi kan dia juga pasti lebih capek dari gue, kok bisa sih dia tetep senyum walau dirinya kecapekan. Kalo gue sih mungkin dah manyun ya, bahkan ngamuk sama orang rumah cuma gegara kecapekan.
"HAIKAL KALO DAH SELESAI GANTI CUCI PIRING! ITU PIRING KOTORNYA BANYAK BANGET YANG BELUM DICUCI." Coba kalian tebak itu siapa.
Gue merotasikan bola mata jengah, Haikal mah mau-mau aja disuruh ngebabu. "Kak Zara belum pulang ya? Kok dia nyuruh Lo terus." Tanya gue.
Haikal senyum lagi. Sumpah ni anak daritadi senyum Mulu, gue khawatir jadi diabetes gegara liat senyuman dia. Senyuman polos yang manis banget khas anak kecil, beda sama adek gue. Adek gue kalo senyum tuh kek psikopat, nggak ada manis-manisnya sama sekali. "Kak Zara udah pulang kok, tapi lagi tidur di kamar mungkin kelelahan." Enak banget ye tuh anak ngebo sedangkan Haikal ngebabu. Pengen gue tutup wajahnya pakek bantal sumpah.
"Jangan mau disuruh-suruh, Kal. Sekali-kali kakak Lo yang ngerjain. Dia dah gede, bukan anak kecil lagi. Apalagi dia perempuan, udah jadi tugasnya buat beberes rumah."
"Iya kak, lain kali gantian Haikal yang tidur deh terus kak Zara yang bersih-bersih rumah." Jawabnya.
Lain kali ya, tapi lain kalinya itu kapan Kal? Masa' tiap hari Lo terus yang disuruh ini itu sedangkan Zara cuma duduk santai sambil nyemilin keripik di depan TV.
"Ya udah deh, Kal. Kakak pulang dulu ya, kalo capek istirahat jangan dipaksain. Kalo nenek ngomel-ngomel dengerin aja, nggak usah diambil hati." Ucap gue dan Haikal hanya mengangguk paham. "Iya kak, kakak juga istirahat ya. Jangan sakit lagi, ntar Dina ngadu lagi ke Haikal sambil nangis." Jawabnya polos.
Gue ngangguk doang abis itu lanjut ngegoes sepeda, pulang ke rumah. Sampai rumah gue langsung ganti baju, makan terus tidur. Gue udah sholat dhuhur di sekolah biar pas pulang bisa langsung tidur karena jujur kepala gue masih pusing banget kek abis naik komidi putar.
•
•
•
•
•
Bersambung...
Hey Yo maprennn!! Gimana part yang ini? Maaf ya kalo nggak bagus hehe
Oh iya gue mau nanya nih, coba sebutin alasan kalian kenapa bisa suka sama Haechan dan kapan kalian mulai suka sama dia?
Kalo gue sih tingkah Haechan yang bikin gue suka sama dia. Apalagi suaranya, beuhhhh merdu sekali frennn. Oh iya Haechan jadi member NCT pertama yang gue hafal karena suaranya. Suara Haechan tuh kek khas banget, walaupun Lo dengernya sambil tutup mata Lo tetep bisa tau kalo itu suara Haechan. Iya nggak?
Oke segini dulu ya, jangan lupa vote dan komennya yorobun 😊
Babaaayyyy👋💚💚💚
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Haikal [Lee Haechan] ✅
Non-FictionIni bukan tentang gue ataupun kehidupan gue dengan segala tetek bengek nya, tapi tentang seseorang yang mana kehadirannya selalu membuat orang lain di sekitarnya merasa bahagia. Layaknya matahari yang menyebarkan sinarnya ke seluruh penjuru bumi tan...