'Gue pengen jadi sepasang tangan buat Lo kal. Tangan yang bakal nutup telinga Lo setiap kali ada kata-kata kasar yang ditujukan ke Lo, tangan yang selalu terulur buat bantuin lu berdiri ketika terjatuh, serta tangan yang senantiasa terbuka lebar untuk memberi semangat dan pelukan hangat buat Lo ketika lagi down.'
~ Raya ~
Awalnya gue kira keluarga Haikal tuh sayang sama dia. Awalnya gue ngira kalau keluarga Haikal itu keluarga yang harmonis. Tapi nyatanya enggak, semua sama. Kenapa gue bilang sama? Ya karena mereka ngerawat Haikal semata-mata atas dasar kasian dan wasiat terakhir dari mendiang ayah sama bundanya Haikal.
Ah ngomong doang lu, Ra.
Pasti kalian mikir gitu kan. Kalian pasti pernah mikir kalo yang gue ceritain itu adalah hal yang sengaja gue jelek-jelekin. Iya kan? Ngaku kalian...
Tapi ini beneran, vren. Serius, gue ngga mengada-ada.
Ada satu peristiwa yang berhasil bikin persepsi gue berubah. Dan orang yang udah ngubah pola pikir gue ke mereka itu ya si Haikal sendiri.
Gue masih ingat kisah lengkapnya, gue bahkan nangis pas dia dateng ke rumah terus curhat ke gue tentang kesehariannya. Gue nangis, seriusan gue nangis. Tapi yang cerita malah senyum, kan miris
༎ຶ‿༎ຶ.Haikal tuh tiap kali cerita ke gue dia selalu senyum. Katanya 'kalo gue cerita sambil nangis, terus yang bakal senyum siapa?'.
HUAAAAA eomma, hati kecilku berdenyut sakit 😭😭😭.
Balik lagi ke topik!
Waktu itu gue lagi ngerjain tugas sekolah di dalem kamar. Nugas biasa sih, sambil nyetel lagunya super junior yang judulnya Superman biar kagak terlalu stress. Saat itu gue udah kelas 6 SD, bentar lagi masuk SMP.
Haikal dateng ke rumah gue seperti biasanya. Dia ngetuk pintu kamar gue abis itu nyembulin kepalanya doang. "Kak Ra, Lo sibuk ngga?" Tanya dia sambil natap gue yang lagi fokus ke buku tulis.
"Rada' sibuk dikit. Kenapa, Kal?" Jawab gue dengan pandangan yang masih fokus ke buku tulis.
"Masih lama ya? Gue mau cerita kak. Tapi ntar aja deng, nunggu Lo kelar nugas." Jawabnya sambil nyelonong masuk ke kamar gue. Pintu kamar dia buka lebar terus badannya dia hempasin ke kasur, jadi posisi dia berbaring telentang. Dia diem aja sih, kagak ngerusuh. Haikal cuma ngelamun sambil natap langit-langit kamar gue seolah-olah dia lagi main adu tatap sama genteng.
"Mau cerita apa?" Tanya gue setelah beres ngerjain tugas. Buku udah gue tutup sekalian dirapihin. Speaker gue matiin, biar kedengeran pas lagi ngobrol ngga ha ho ha ho kek tukang keong.
Haikal langsung duduk terus nyilangin kakinya. "Gue pengen kabur aja kak dari rumah."
Byurr!!!
"Uhuk! Uhuk! Uhuk!" Gue yang tadinya mau minum jadi terkejut pas Haikal ngomong gitu. "Coba ulangi lagi, Lo tadi ngomong apaan." Tanya gue sambil natap Haikal tajam. Mengadi-ngadi nih anak.
"Gue pengen kabur dari rumah kak." Jawabnya sambil nunduk.
"Kenapa Lo pengen kabur dari rumah? Lo punya masalah?"
"Kata mereka, Haikal nyusahin. Bisanya cuma jadi beban. Kata mereka, Haikal itu anak yang ngga tau terima kasih. Mereka sering ngatain Haikal anak pungut dan mereka nyesel udah mungut Haikal." Haikal senyum, senyumnya getir banget. Mata dia udah berkaca-kaca dengan hidung yang juga berubah menjadi merah.
"Siapa yang bilang begitu ke Ikal? Biar kakak banting dia." Tanya gue sambil mendekat ke arah Haikal lalu duduk di sampingnya.
Haikal mendongak, dia natap gue. "Emang kakak kuat banting mereka semua? Yang bilang keluarga Haikal sendiri Lo kak."
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Haikal [Lee Haechan] ✅
Non-FictionIni bukan tentang gue ataupun kehidupan gue dengan segala tetek bengek nya, tapi tentang seseorang yang mana kehadirannya selalu membuat orang lain di sekitarnya merasa bahagia. Layaknya matahari yang menyebarkan sinarnya ke seluruh penjuru bumi tan...