Bab 15 : Hujan

49 7 2
                                    

Kalo mau nangis, nangis aja kak. Ayo kita nangis bareng, cukup kita aja yang tau kesedihan masing-masing. Orang lain mah cukup tahu kalo kita lagi main hujan tanpa tahu kalo kita lagi nyembunyiin tangisan kesedihan kita lewat air hujan.









Akhir-akhir ini hubungan gue sama bunda lagi ga baik-baik aja. Bunda sering marah ke gue tanpa alasan bahkan kalo gue lagi ga sengaja ngelakuin kesalahan, dan puncaknya adalah hari ini. Hari dimana nilai ulangan gue lebih jelek dari nilai ulangan yang kemarin.

Brakkk...

"Nilai kamu turun lagi, Ra? Kamu di sekolah ngapain aja sih?! Makin hari bukannya makin naik nilainya ini malah makin turun! Kamu mau jadi apa kedepannya?! Tiap hari ngehaluin orang Korea aja! Tau ga itu bawa pengaruh buruk buat kamu!!!"

Bunda marah gara-gara lihat nilai ujian gue yang turun padahal cuma kurang tiga poin. Terus... Kenapa bunda harus menghubung-hubungkan sama kesukaan gue sih? Jujur sejak ayah ga ada bunda jadi lebih nuntut ke gue dari a sampai z. Hidup gue diatur terus tanpa dikasih jeda buat gue milih jalan gue sendiri.

"Maaf..." Gue cuma bisa nunduk tiap kali bunda marahin gue. Sakit banget perkataan bunda, tapi gue berusaha buat memilah mana kalimat yang harus gue dengerin dan mana yang harus gue buang.

"Bisa ga sih, Ra kamu ngeringanin beban bunda? Bukannya ngurangin kamu malah nambah beban bunda."

"Kamu kemarin seharian main ke rumah temen dan ga belajar! Berapa kali kamu main keluar? Berkali-kali kan!"

"Enggak bunda... Raya cuma main kemarin aja, bunda juga tau kan kalo Raya cuma bisa keluar di hari libur aja itupun cuma buat ngerjain tugas kelompok." Gue masih berusaha ngontrol emosi. Bunda gatau apa kalo perkataannya itu bikin mental gue jatuh sejatuh-jatuhnya.

"Sekali apa! Kamu tiap hari main terus dan ga pernah belajar!" Satu hal yang gue ga suka dari bunda karena dia manipulatif, sama kek kakak gue.

"Nyesel bunda ngebesarin kamu kalo kamunya susah diatur kek gini."

Gue ngedongak. "Bun! Bisa ga sih bunda ga bilang gitu ke Raya?!" Oke gue mulai ngegas, keknya gue mulai dikuasai sama setan.

"Kamu berani sama bunda?! Gini cara kamu bicara sama orang tua!"

"Bunda pliss... Bunda boleh marahin Raya tapi stop ngejatohin Raya! Bunda tau seberapa besar Raya berusaha biar ga gila? Bunda tau apa aja yang Raya laluin selama ini sejak ayah ga ada?" Gue senyum tipis, bunda cuma diem tapi wajahnya masih merah dan sepertinya bunda lagi nahan amarahnya.

"Bun... Raya bukannya sulit diatur, tapi Raya juga berhak buat nentuin jalan Raya sendiri. Raya tertekan Bun tiap kali bunda nuntut Raya ini itu! Raya capek, semua usaha Raya selalu lenyap dimata bunda tiap kali Raya ga sengaja ngelakuin satu kesalahan." Gue nunduk, mata gue udah berair dari tadi. Gue sih tahan aja kalo ada orang yang ngehujat gue, tapi gue ga tahan kalo bunda sendiri yang ngelakuin itu ke gue.

"Bunda tau, Raya selalu ngalah tiap kali bunda lebih memprioritaskan kak Rika sama Dina. Bunda perhatian sama mereka tapi kenapa bunda begini ke Raya?"

"Karena kamu emang pembangkang! Kamu sulit diatur!"

"TERUS APA BEDANYA RAYA SAMA KAK RIKA BUN!!!" Gatau gue kenapa pokoknya gue marah.

"Bunda ga pernah marah tiap kali kak Rika ngelanggar semua batasan yang bunda buat! Kak Rika bohong aja bunda masih tetep percaya padahal bunda sendiri tau kebenarannya!"

"JANGAN BAWA-BAWA RIKA KE DALAM MASALAH KAMU RAYA!"

"BUNDA JUGA JANGAN BANDING-BANDINGIN RAYA SAMA KAK RIKA! RAYA GA SUKA DIBANDINGIN! RAYA YA RAYA, KAK RIKA YA KAK RIKA... KITA BERDUA PUNYA SIFAT YANG BERBEDA BUN!"

Tentang Haikal [Lee Haechan] ✅Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang