17. Pengorbanan

3.9K 504 37
                                    

Gue melotot kaget. Selang beberapa detik, gue ketawa, "Dan lo percaya sama dokter?"

"...."

"Lo tau? Banyak dokter yang ngomong kayak gitu ke pasiennya, tapi, banyak juga dari mereka yang ngebuktiin kalo ramalan dokter itu salah. Bahkan, ada dokter yang bilang bahwa umur pasiennya tinggal 2 hari lagi, tapi apa? Si pasien bahkan masih hidup sampe bertaun-taun kemudian! Lo gak usah terpaku sama omongan dokter yang gak jelas itu! Tugas mereka cuma buat ngobatin lo, bukan ngeramal lo. Dan tugas lo, cuma berusaha dan tetep bertahan buat hidup. Takdir udah ada yang ngatur. Hidup sama mati, udah ditentuin dan gak bakal berubah cuma gara-gara omongan dokter. Gak ada yang tau kalo besok tiba-tiba lo sembuh total. Atau bahkan nanti malem, tiba-tiba penyakit lo itu hilang. Gak ada yang tau, De!"

"Yan... Mau gue mati atau hidup, gak ada bedanya. Sekarang aja gue sering kesakitan, dan gue gak mau ngerasain itu lagi. Satu-satunya cara biar gue gak sakit lagi, ya mat--"

"Ya lo sembuh! Kenapa sih ngomongnya gitu mulu? Lo mau Soya marah lagi sama lo? Lo mau Soya kecewa lagi sama lo? Apa susahnya buat yakin, kalo lo bakal sembuh? Dengan kesembuhan lo, lo udah bisa bikin dia bahagia. Soya gak mau kehilangan lo. Soya masih butuh lo."

Gue ngeliat Dea yang mulai nangis. "Yang dia butuhin sekarang cuma lo, Yan. Sumber bahagia dia, ya cuma lo. Gue gak pernah tuh bisa bikin dia ketawa. Tapi sekarang, dia bahkan bisa ketawa lepas cuma karna lo. Gue seneng liat Soya yang lebih bahagia pas sama lo. Gue ngerasa tenang ngeliat dia yang nyaman sama lo. Selama ini, dia gak punya temen lain selain gue. Jadi, pas nanti gue pergi, gue bisa tenang karena gue yakin, Soya udah ada sama orang yang tepat."

Gue nunduk, berusaha nahan emosi gue. Bukan amarah, tapi rasa sedih sama pengen nangis. Gue harus bisa yakinin dia, kalo dia bisa jalanin semuanya. "Okay kalo lo emang mikir Soya bahagia sama gue. Tapi, dia bakal lebih bahagia kalo lo tetep ada di samping dia. So, lo harus berjuang buat terus hidup. Demi Soya. Demi orang yang lo cinta."

Dea terbelalak.

"Maaf ya lama. Tadi habis bantu cuci piring dulu." Soya dateng sambil bawa dua piring nasi. "Loh? Buburnya belum abis? Kok kamu gak suapin Dea sih, Yan?"

Gue narik nafas sedalam-dalamnya, ngatur semua seolah gak terjadi apa-apa.

"T-tadi Dian udah mau nyuapin, tapi gue tolak, soalnya gue udah kenyang."

"Jangan gitu lah! Lo harus habisin buburnya! Liat! Lo baru habisin sedikit! Sini! Gue aja yang suapin!"

"Udah, Soy... Mending lo suapin Dian aja. Dia kan belum makan dari tadi."

Gue ngegeleng ke arah Soya. "Kamu suapin Dea aja, aku bisa makan sendiri."

"Udah lo suapin Dian aja..."

"Mending kamu suapin Dea aja, dia kan lemes kalo makan sendiri."

"Gak apa-apa kok, gue udah kenyang. Suapin Dian dulu gih! Kalo kalian udah makan, baru lo suapin gue lagi."

"Udah Dea aja dulu yang disuapin."

"Dian aja, Soy."

"Aduhhhh!!!! Kalian ini!!! Bisa diem gak?!" Nah kan galak lagi. "Gini aja! Aku suapin kamu sekali, Dian! Terus habis itu gue suapin lo sekali, Dea! Ganti-gantian! Ngerti?! Kalian harus makan!" Dan akhirnya, Soya pun nyuapin kita berdua.

***

Sore ini, di hari Minggu yang lumayan mendung, gue tiba-tiba dapet chat dari manusia yang udah berhari-hari ini tiduran di ranjang rumah sakit. Dea, perempuan itu kondisinya mendadak drop parah beberapa hari lalu, dan ngeharusin dia buat rawat inap di rumah sakit.

Anything For YouTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang