16. GWS Dea

4K 526 51
                                    

"Sakit?" Tanya gue dan Soya berbarengan. Kita syok.

"Iyaaa, Dea sakit udah lumayan lama. Kalian beneran gak dikasih tau???"

"Enggak, Tan! Dea gak bilang apa-apa! Sakit apa dia???" Soya mulai panik.

Mama Dea ngehela nafas, "Sebaiknya kalian masuk aja, ya. Dea ada di kamarnya."

Tanpa basa-basi lagi, Soya langsung masuk dan gue pun nyusul dia.

Brak!

Soya ngebuka pintu kamar Dea lumayan kenceng. Si yang punya kamar, keliatan kaget ngeliat kedatengan kita. "K-kalian??"

"Lo bener-bener ya, De! Kok gak bilang kalo selama ini lo sakit, hah?!" Soya langsung nyamperin Dea yang lagi tiduran di kasurnya. Gue agak ngeri juga sama Soya yang lagi dalam mode ngegas ini. Ngeliat Dea yang lagi lemes, plus...selang infus di tangannya, gue takut dia malah kenapa-napa.

"Kok kalian bisa ke sini?" Tanya Dea. Suaranya kedengeran lemah banget. Sakit apa sebenernya dia? Kok parah gini keadaannya?

"Gue emang udah curiga sama lo! Mana mungkin lo ada acara keluarga selama dan sesering ini! Sekali lagi gue tanya, kenapa lo gak bilang kalo lagi sakit?!"

"G-gue..."

"Yang bener kalo jawab!"

"Soya tenang, Soy..." Gue narik pelan badan Soya, buat sedikit ngejauh dari Dea. Emosinya lagi gak terkendali sekarang. Ternyata, se-sayang ini Soya sama Dea. Dia sampe ngamuk pas baru tau sahabatnya itu sakit. Jelas, siapapun pasti bakal sedih, kalo ngeliat sahabatnya sakit. Tapi kalo sampe histeris gini, bisa disimpulin kalo Soya emang beneran sayang banget sama Dea. Di sini, gue kadang ngerasa kalo gue cuma orang asing yang ganggu kedeketan mereka.

"Jawab, Dea! Kenapa lo gak ngasih tau gue?! Oke kalo cuma demam biasa, gue bisa maklum! Ini apa?! Lo sampe diinfus segala! Selang yang nempel di tubuh lo juga gak cuma satu! Muka lo pucet banget! Lo sakit apa, hah?!"

"Gue... gue gak mau buat lo khawatir cuma gara-gara mikirin gue. Gue gak apa-apa kok. Kalo udah sembuh, kita bisa main bareng lagi."

"Ck! Gimana pun juga, lo sahabat gue! Gue berhak tau apa yang lagi terjadi sama lo! Kalo soal khawatir, jelas gue bakal khawatir! Tapi, bukan berarti lo harus bohong juga! Kalo udah gini, apa bedanya?! Kebohongan lo juga lama-lama bakal ketauan, dan gak ada bedanya sama lo ngasih tau dari awal! Gue tetep khawatir! Bahkan, sekarang gue marah sama lo!"

"Maaf..."

"Sakit apa gue tanya?! Sakit apaaaa???!!!"

Gue pengen banget nenangin Soya, tapi gue juga gak bisa nahan-nahan dia yang lagi kayak gini. Ini percakapan mereka, urusan mereka. Tugas gue, cuma diem di belakang tanpa ngelakuin hal yang malah bikin semuanya makin runyam.

"Sakit apa, Deaaaa?!"

"Kanker! Kanker otak, Soya!"

Badan gue langsung matung pas denger jawaban itu. Gue ngeliat ke arah Soya, dia keliatan mundurin badannya, sambil nutup mulutnya. Tanpa mikirin apa-apa lagi, gue langsung rangkul dan nahan badannya yang mulai lemes.

"K-kanker?" Tanya Soya dengan suara yang geter.

Dea ngangguk sambil nahan tangisnya. Gue beneran gak nyangka, kalo sakit Dea beneran separah itu. Dan dia nutupin penyakitnya, cuma biar Soya gak khawatir. Jujur, kalo di posisi Soya, gue juga pasti bakal marah. Gak seharusnya dia ngelakuin itu. Di situasi apapun, sahabat harusnya selalu ada buat kita. Dia harusnya gak se-baik itu sampe harus nutupin penyakitnya demi Soya tanpa mikirin dirinya sendiri. Dan dia juga gak seharusnya nutupin perasaannya itu demi gue, tanpa mikirin perasaannya sendiri. Dea terlalu baik buat dibilang sebagai teman ataupun sahabat. Dea gak seharusnya jalanin itu sendiri.

Anything For YouTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang