19. Selamat Jalan

4K 490 35
                                    

Soya...

Gue harap ini bukan jadi obrolan terakhir kita. Gue harap, setelah lo baca ini, kita masih bisa ketemu buat ngobrol-ngobrol lagi kayak biasa. Lo tau kan, gue sayang banget sama lo? Gue emang gak pernah bilang itu, tapi gue harap lo tau itu. Bahkan kalo boleh jujur, bukan cuma sayang yang gue rasain. Gue juga cinta sama lo. Kocak ya? Bisa-bisanya gue nyimpen perasaan itu. Gue sebenernya takut ketemu lo lagi pas lo udah baca surat ini. Gue takut, lo jadi benci sama gue. Tapi, gimanapun juga, gue pengen lo tau tentang ini. Dan lo tau siapa orang yang udah yakinin gue berkali-kali? Dian. Dia orang yang terus nyemangatin gue dan ngeyakinin gue buat ngomong ini. Bahkan lo tau? Dia ngerelain lo jadi milik gue, cuma buat menuhin keinginan terakhir gue ini. Dia ngerelain perasaan sama perjuangannya selama ini buat dapetin lo, cuma demi gue. Kalo lo ngerasa sikap dia berubah, mungkin gara-gara ini. Lebih tepatnya gara-gara gue. Maaf banget udah bikin cinta lo ngejauhin lo.

Hari dimana gue nulis surat ini, adalah hari dimana Dian dateng ke rumah sakit buat nemuin gue, dan ngerelain cintanya buat gue. Dia orang yang baik, Soy. Lo beruntung banget bisa dapetin dia. Gue juga nitip pesen ke dia sebelum pulang, buat jagain lo sebisa yang dia bisa, setelah gue pergi. Gue emang confess ke lo sekarang. Tapi, gue gak akan dapetin lo kayak yang Dian suruh. Lo udah jadi milik dia, dan gue gak berhak buat ngerusak itu. Lo cukup tau aja, kalo selama ini gue juga cinta sama lo.

Gue simpen surat ini, dan bakal gue kasih ke lo, setelah gue siap. Gue juga mau nitip pesen sama lo, tolong jangan sia-siain Dian. Gue bakal ngerasa tenang banget kalo lo bisa bahagia sama dia. Kalo misal umur gue gak lama lagi, dan lo baca surat ini pas gue udah gak ada, gue cuma mau minta maaf karena gue gak ngomong langsung tentang ini ke lo, dan malah milih lewat jalur surat. Gue juga mau bilang makasih, karena lo udah nerima gue jadi temen lo waktu kita masih kecil. Gue bangga banget punya temen yang kuat kayak lo. Bahagia terus ya, Soy. Gue bakal bahagia juga, kalo lo bahagia.

I love you, Soya.

Dea

"Hiks. Kenapa lo harus pergi secepet ini? Gue gak akan pernah benci sekalipun lo ngomong itu langsung ke gue... Hiks. Gue mau lo balik, De..."

Sakit banget gue ngeliat Soya yang dari tadi nangis gak berhenti-berhenti. Dada gue rasanya sesek berkali-kali lipat dihadapin sama situasi ini. Air matanya itu sampe ngebuat surat yang dia baca jadi basah. Surat yang kita dapet dari mamanya Dea, di hari dimana kita dateng ke rumahnya buat ngeliat jasad Dea. Ya, sekarang udah berhari-hari sejak Dea dikabarkan meninggal, dan Soya tetep baca surat itu sampe dia nangis lagi.

Mama Dea bilang, disaat-saat terakhir hidupnya, Dea minta Mamanya buat ngasih surat itu ke Soya. Padahal, gue berharap banget dia bisa ngomong langsung sama Soya tentang ini dan ngebuat Soya jadi milik dia. Tapi justru, dimasa-masa terakhirnya, dia masih aja ngorbanin perasaannya itu. Sumpah, gue benci sama sikap Dea yang satu ini. Dia terlalu baik sampe gak mikirin dirinya sendiri.

Tapi sekarang, dia udah di tempat yang seharusnya. Bersatu sama tanah yang bakal ngedekap dia dari dinginnya udara luar. Dia juga udah gak kesakitan lagi. Tapi, gue gak yakin dia senyum di atas sana. Ngeliat Soya, orang yang dia cinta sekarang dalam keadaan kacau dan gak ngejalanin hari-harinya dengan baik, Dea pasti sedih banget.

Gue akhirnya bangkit dari duduk, nyamperin Soya yang lagi meluk lututnya di sudut kamar sahabatnya ini. "Soya..."

Dia negakkin kepala dan tiba-tiba langsung meluk gue. Gak ada satupun kalimat yang dia keluarin selain suara tangisnya. Gue usap kepalanya lembut, ngalirin ketenangan yang bisa gue kasih, walaupun gue tau, ini gak akan berarti banyak buat dia.

"Aku sayang banget sama Dea... Hiks. Aku gak siap buat kehilangan dia... Aku mau dia balik, Dian... Hiks."

Gue ngangguk, "Iya... Gak ada yang siap buat kehilangan dia. Tapi kamu juga gak bisa gini terus. Kamu mau kan Dea bisa tenang di sana? Kalo kamu kayak gini, Dea pasti sedih..." Gue mejamin mata, gak sanggup lagi nahan air yang mau keluar dari mata ini. "Kamu boleh sedih, boleh nangis, tapi jangan sampe ini ngeganggu kesehatan kamu. Buktiin sama Dea, kalo kamu juga sayang sama dia. Dea bilang apa coba di situ? Dia pengen kamu bahagia, Soy..."

Anything For YouTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang