~
Di Desa Elang, semua warga sudah mengumpul di lapangan. Dan masing masing warga membawa minyak tanah dari rumahnya.
Abbas yang masih ada dirumah. Terus memikir keras bagaimana cara menemukan Latif. "Gawat gawat kalo sampe si Latif beneran dibakar. Gua gamau kehilangan dia. Kita besar bareng dipesantren. Mana tega gua ngebiarin lu mati konyol disini".
Abbas memukul kepalanya berkali kali dengan tangannya. "Ayo Bas, berpikir Bas, Ayoooo"
"Tok tok tok tok" Suara ketok pintu.
"Siapa sih"
Abbas membuka pintu, ternyata Naim yang datang. Dia menjemput Abbas untuk menyaksikan Acara Bakar Bakar di lapangan.
"Udah siap Bas ?" Tanya Naim.
Abbas diam tidak menjawab pertanyaan Naim.
"Woy. Lu kenapa ? pucet gitu mukanya ? sakit ?"
Abbas langsung kepikiran sebuah ide. "Im, lu duluan ya kelapangan. gua lagi beres beres kamar mandi. Nanggung"
"Beres beres kamar mandinya nanti lagi aja, kan ini acara buat lu juga. Kalo lu sampe telat, lu bisa gagal diterima di Desa ini." Jelas Naim.
"Gua janji bakal datang tepat waktu. Seriusan."
"Yaudah, kalo gitu gua bantu aja ya beres beres kamar mandinya, biar cepet"
"Udah gausah, gua gamau ngerepotin lu." Jawab Abbas.
"Gapapa bas, lu kaya kesiapa aja. Gua udah anggap lu kaya sodara sendiri"
"Seriusan gapapa, lu duluan aja. Gua janji bakalan tepat waktu"
"Seriusan nih gapapa ?"
"Iya Gapapa"
"Yaudah gua duluan Bas"
Naim Akhirnya pergi duluan ke lapangan. Abbas pun langsung menutup pintu dan bergegas pergi ketempat Latif dikurung.
"Kalo gua pergi sekarang, pasti masih sempet buat nyelamatin Latif. Ga sia sia gua diajak keliling sama Naim tadi siang. Gua jadi tau tempat Latif dikurung".
"Ya Allah, lindungilah teman Hamba. Hamba telah mengambil keputusan yang salah. Berikan Hamba kesempatan untuk menyelamatkan kawan hamba" doa Abbas dalam hati.
[Di Penjara]
Yola menghampiri Latif dan membuka Jeruji besinya. "Semuanya udeh pade nunggu dilapangan. Gue disuruh ngelepasinlu. Tapi kalo lu coba coba buat kabur. Gue bakalan teriak dan semua warge bakal digembukin lu disini sampe mati" jelasnya.
Latif menghela nafas dan memejamkan matanya "Bismillahirrahmanirrahim" dia membuka matanya. "Silahkan, Gua percayakan keselamatan gua kepada Allah" Lanjutnya.
Yola melepaskan borgol yang ada dikakinya, tapi tidak dengan tangan. Yola menuntunnya, tapi berhenti ketika sudah berada diluar sel.
"Kenapa berenti ?" tanya Latif.
"Lu yakin ?" tanya balik Yola.
"Yakin soal apa ? soal mau dibakar ?"
"Emangnye lu kaga takut mati ? dari semua orang yang pernah dibakar disini. Cuman elu yang kaga merengek minta dilepasin. Lu ini sebenernye ape sih ?"
"Kematian pasti bakalan terjadi. Dan ga ada yang tau kapan kita akan mati. Mungkin ini emang udah takdir gua. Tapi yang gua takutin itu bukan kematian. Tapi Bekal gua buat diakhirat nanti. Meskipun gua punya agama, gua pasti punya kesalahan kecil atau besar yang disengaja maupun tidak sengaja." Jelas Latif.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita Ramadhan : Taqwa (Selesai)
RomanceAbbas dan Latif ditugaskan oleh Ust. Hariz untuk melakukan dakwah di Desa Elang, mereka dikirim sebulan lebih cepat dari jadwal Dakwah mereka. Mereka menjalankan tugas itu tanpa tau bahwa di Desa Elang tidak ada yang memeluk Agama apapun / Atheis. D...