Sudah lima tahun sejak Rina meninggalkan rumah karena pertengkaran dengan ibunya. Rina dan ibunya sempat berseteru hebat saat itu. Padahal mereka tidak pernah bertengkar sebelumnya.
Ibunya ingin Rina membantu perekonomian keluarga dengan bekerja paruh waktu. Namun, Rina hanya ingin fokus pada kuliah dan beasiswanya saat itu. Karena itulah, Rina pergi dari rumah dan berjanji hanya akan pulang saat sudah sukses.
Satu tahun setelah lulus kuliah, Rina bekerja keras untuk mencari kerja. Berulang kali gagal dalam interview kerja, akhirnya Rina membuka usaha sendiri. Rina membuat baju dengan mesin jahit di rumah kontrakkannya, lalu ia menjualnya ke tetangga dan menawarkannya di pasar. Setelah satu tahun, kerja kerasnya pun berbuah hasil, Rina memiliki butiknya sendiri.
Rina kemudian berpikir untuk memenuhi janjinya. Kebetulan besok adalah hari ibu. Jadi, Rina berniat untuk pulang dan memberi kejutan pada ibunya.
“Ibu pasti bangga setelah lihat aku sukses seperti sekarang,” ucap Rina percaya diri.
Rina pulang dengan membawa hadiah untuk ibunya. Ibunya sudah lama menginginkan baju ini, tetapi tidak pernah bisa membeli karena masalah keuangan. Rina masih mengingatnya, jadi dia membelikan baju itu untuk ibunya.
Hampir sampai di rumahnya, Rina melihat bendera kuning berkibar pada tiang di teras rumah. Hadiah yang dibawa Rina jatuh tanpa dia sadari. Jantungnya mulai berdetak tak beraturan, perasaannya tidak enak. Rina berlari ke dalam rumah, ia melihat ayah dan adiknya menangisi seseorang di depannya, ibunya.
Rina meraih tangan ibunya yang sudah memejamkan mata, “Bu… Rina pulang. Rina sudah sukses. Bu… bangun, ibu tidak perlu kerja lagi sekarang, biar Rina yang kerja.”
Tanpa bisa menahan diri, Rina terus memanggil ibunya untuk bangun. Namun, ibunya tak kunjung membuka mata. Seseorang memeluk Rina dan menenangkannya. Rina tidak bisa menahan air matanya lagi saat sadar bahwa ibunya sudah benar-benar meninggalkannya.
“Maafin Rina, bu,” bisiknya menyesal.
TAMAT
✽✾~✽✾~✽✾~✽✾~✽✾~✽✾~✽✾~✽✾~✽✾~
Bionarasi Penulis
Nalar Rati, lahir di Musi Banyuasin pada 14 April 2002. Si pendengar musik yang ingin menjadi penulis karena hobi membacanya. Saat ini hanyalah seorang mahasiswa yang sedang berusaha mewujudkan mimpi-mimpinya. Jejaknya bisa dilacak melalui akun instagram @nalaratih414.
KAMU SEDANG MEMBACA
Event Drabble
Short StoryKumpulan cerita drabble dengan tema "KEJUTAN" dalam rangka Anniversary CPBS yang ke-2 tahun 🥳 Highest rank: #2 komunitas (26/05/2022) #30 drabble (30/05/2022)