salah

41 11 0
                                    

Sigit ngelirik pop up panggilan tak terjawab dari dendra yang ke 18×. Menyirit heran, mengapa sang anak sulungnya menghubunginya berulang ulang. Bukan tidak ingin mengangkatnya, keadaan saat ini sedang ada rapat untuk memperluas cabang di surabaya.

Karena merasa perasaannya ga enak, sigit ngangkat panggilan dari dendra.

"Hallo ayah!, ayah lagi dimana!?". Terdengar suara gudebak gedebuk disebrang kayak orang yang lagi ngejar maling.

"Ayah masih dikantor, kenapa emangnya bang?". Jawab sigit menyirit heran.

"Bunda ada dirumah yah?".

"Bunda lagi di butik, emangnya kenapa?". Ga ada balesan dari dendra, cuman suara langkah kaki dan suara orang yang buka pintu mobil.

"Ayah pulang sekarang!, nana tadi di sekap sama anak anak bullying di sekolah dendra yah!, barusan dia dibawa pulang sama jean. Tadinya, mau di bawa ke rumah sakit, tapi nana gamau kerumah sakit jadi si jean bawa si nana kerumah".

"Hah!?, dibully!. Keadaan nya gimana!?". Sigit langsung ngebawa kunci mobil yang berada di meja.

"Kata luke tadi tangan nana berdarah, terus badannya juga merah merah kena camb-

Pip

Sigit tancap gas, menggendarai mobil dengan kecepatan diatas rata rata.

Ⓐⓑⓒ

Jean ngerebahin badan navon di kasur milik navon.

"Tolong telfonin bunda dong je". Navon nyodorin handphonenya ke hadapan jean yang lagi duduk di pingir kasur.

"Loudspaker"

"Hallo nana?"

"Tante ini jean"

"Loh kok di jean?, ada apa?"

"Bunda pulang dong, perut nana sakit". Navon sedikit berteriak agar kedengeran.

"Mau dateng bulan kamu?"

"Bun nana serius"

"Hehe, yaudah. Sakit kenapa?"

"Eum, pulang aja mendingan"

"Tapi bunda lagi ngejait sayang, sayang kalo ditinggal. Kamu minta bi iyem bikinin jamu pereda sakit perut coba"

"Tapi ini beda bun-

"Tante, tadi navon kena cambukan di bagian perut sama anak yang suka ngebully sekolah, tangannya juga ada yang nyayat sedikit dale-

Pip

Navon natep jean yang ngangkat alisnya.

"Di matiin?". Jean ngangguk

"Eum, je". Yang di panggil nolehin mukanya sambil ngedehem.

"Tolong ambilin kaos di lemari itu, hoodie ini bau". Ucap navon sambil nunjuk satu lemari di deket pintu kamar mandi.

Jean ngebawa kaos warna coklat sama celana pendek selutut.

"Makasih".

"Lo laper?, pengen makan apa?". Tanya jean yang lagi scrol scrol sesuatu.

"Pengen mie ayam, lo keluar dulu gue mau ganti baju dulu". Navon ngedorong paha jean pake kaki kirinya.

"Kita sama sama laki laki". Ujar jean tanpa ngalihin pandanganya dari handphonenya.

"Yaudah". Navon mulai ngebuka hoodienya sedikit ngeringis pas kain dari hoodie itu mengenai luka cambukan di perutnya. Jean yang ngeliat dari ekor matanya mencoba buat fokus ke kegiatan awalnya.

" je, lo keluar ah gue mau ganti celana dulu". Setelah berhasil memakai kaosnya, baru saja dia akan memelorotkan celananya dia ingat ada jean di hadapannya. Jean ngelirik navon dan langsung beranjak dari duduknya.

Ⓐⓑⓒ

Jean naro plastik yang berisikan mie ayam di nakas deket navon. Navon yang mencium wangi khas mie ayam pun berbinar melihat plastik itu.

"Bukain tolong". Navon memberikan cengirannya ke arah jean yang lagi megang mangkok.

"Suapain bisa sendiri?". Jean nyodorin mangkok itu.

"Sendiri lah, tangan kiri gue yang luka bukan tangan kanan". Ucap navon menarik mangkok mie ayam itu menaronya di pangkuan beralasan bantal.

Brak!

" navon!". Sigit dan yuna medobrak pintu kamar navon dengan sedikit ngosngosan. Sedikit info, kamar navon terletak di sisi kiri lantai 2, jadi wajar.

"Sayang mana liat perut kamu". Yuna nyibakin kaos yang dipake navon, ngeringis ngeliat perut putranya itu memerah penuh.

"Kok bisa kayak gini?". Tanya sigit sembari menelfon dokter kepercayaan keluarga itu.

"Panjang ceritanya". Akhirnya navon menceritakan a sampai z sambil sesekali menyuapkan mie ayam itu kemulutnya.

"Yang papa kamu ceritain jean?". Jean ngangguk

"Maaf gabisa ngejagain navon om".

"Ini ga sepenuhnya salah kamu kok". Sigit ngusap bahu jean yang lagi nunduk.

"Nana mau ke rumah sakit atau nunggu dokter kita aja?". Tanya sigit ke putranya yang fokus ngeliatin kartun spons kotak kuning di televisi.

"Dokter kita aja, aku gamau kalo harus ke rumah sakit. Lagian luka aku juga ga terlalu serius". Jawab navon tanpa ngalihin pandangannya.

"Yaudah kalo gitu. Ayah mau balik lagi ke perusahaan, bunda lagi beli salep dulu ke apotek. Jean tolong jagain navon dulu ya". Jean ngangguk sambil menampilkan senyumanya.

Navon cuma ngangguk ngangguk doang sambil nyemilin apel yang udah di potong kecil kecil oleh bi iyem.

"Jean sini naik". Navon nepuk nepuk kasur di sebelahnya yang kosong. Dengan senang hati jean pun duduk di sebelah navon yang lagi setengah rebahan.

"Kenapa plankton warna hijau?". Pertanyaan random navon yang ngebuat jean natep dia yang lagi fokus ke adengan dimana si plankton dan istri komputernya itu berantem.

"Karna emang aslinya para plankton itu hijau". Jawab jean

"Tet tot, salah". Navon nyilangin tangannya.

"Terus?".

"Karena aku cinta kamu". Navon merosotin badanya, menutupi seluruh badannya dengan selimut tebal yang mengangur sejak tadi.

Jean ngegeleng gelengin kepalanya sambil tersenyum. Ada ada aja buntalan lemak ini.

nanaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang