Rusun lagi adem-ayem, soalnya anak-anak muda udah pada berangkat kuliah. Kebetulan, cuman sisa Kai sama Deega, soalnya Deega ngga ada bimbingan hari ini, kalo Kai jelas karna males kelas. Mereka janjian buat nyarap bareng.
"Mau makan apaan, Dee?"
Tapi, Deega ngga langsung jawab pertanyaan Kai, dia malah sibuk nendangin krikil sambil jalan nyeret sendal cebanannya.
"Lah, bisa-bisanya lo ngelamun di keadaan genting gini."
Akhirnya, Kai nyikut Deega, taunya itu anak cuman cengengesan. "Ape?"
"Lo kira kita mau ngukur jalan? Jalan mulu kaga sampe-sampe. Makan apaan?"
"Ngga mood makan gue."
Kai ngesah, udah jengkel bin sebel. "Ya, terus? Ngapain kita panas-panasan jalan di pinggiran gini kalo ngga demi ngisi perut? Kan tadi katanya ayo pas gue ajakin. Gimana, sih?"
"Emang ayo, kan lo yang makan, gue cuman nemenin."
Kai hela napasnya, ngga serantan. "Cape gue."
Tapi, Kai jadi inget hasil pengupingannya semalem—iya, soal obrolan Deega sama abangnya si Deeza itu. Dia jadi paham kenapa Deega kaya begini, pasti efek dari omongan ngga pake ati Deeza.
"Udeh, ngga usah dipikirin."
Deega jadi berenti jalan, "Ngga jadi makan? Terus, ntar lo kelaperan, dong."
"Kudu nyebut Tuhan yang mana ya gue buat ngadepin lo?"
Deega masih cengo, "Hah? Apa, sih? Abis tiba-tiba ngomong gitu."
"Ngga usah dipikirin apa yang Abang lo omongin ke lo semalem, maksud gue."
Deega malah tertegun, "Lo—lo denger?"
"Eh, mampus. Iya, ngga sengaja denger. Gimana ngga denger orang kenceng."
Boong banget, padahal emang Kai sengaja nguping gara-gara disuruh anak-anak rusun laen macem Celon, Seta, Barza, sama Jenta.
"Mampir sini, deh. Ntar lo makin gosong." Akhirnya, Deega ngajakin Kai masuk ke salah satu warung—yang ngga tau jual apaan. "Buk, pesen es teh dua gelas, ya. Satu manis satu tawar."
"Siap!" Setelah lirik-lirik bentar pelanggannya yang lumayan cakep itu, si penjaga warung ini pun langsung bikinin pesenan mereka.
"Bener, kan? Lo suka manis?" Karna asal mesen, Deega jadi mastiin lagi ke Kai. Siapa tau kesukaan sobatnya itu udah berubah—soalnya dia emang plin-plan. "Kalo bukan, gue bilangin ke Ibuknya buat ganti."
Kai senyum, "Bener, kok. Kan gue item manis, makanya minum yang manis-manis biar makin manis."
Deega melengos doang, udah males duluan.
"Kenapa minum aja? Ngga sekalian makan? Kan gue laper."
Deega jadi nyatuin alis, "Ngelunjak." Biar ngomel, tapi dia tetep nurutin Kai. "Buk, tambah—mau apa lo?"
"Weh, serius? Hm, apa yang belom pernah gue makan, ya?"
"Tai kebo lo belom pernah makan." Deega langsung sewot, "Cepet, kaga usah pake milih."
"Sabar, dong. Kan biar nikmat gue makannya. Bentar, milih menu."
Terus, Kai lanjut jalan ke etalase lauk-pauk yang ada di warteg sini sampe si ibuk nyambut dia. "Monggo, Mas. Ada nasi kuning, nasi pecel, nasi—"
"—Dee! Ibuknya wong Jowo! Bisa dapet diskonan, nih!"
Deega perlu ngelus dada—kapan ini anak ngga malu-maluin?
KAMU SEDANG MEMBACA
Rusun Semengkas [✓]
Teen FictionRumah Susun Semengkas; tempat bernaung, tempat berkeluh kesah, tempat adu nasib, ya tempat segalanya buat anak-anak perantau luar Jakarta.