Hari pertama Deega tinggal di apartemen Deeza. Group chat Semengkas udah rame sama pertanyaan-pertanyaan seputar; lo ngga papa di situ? Sampai-sampai dia bosen jawabin satu-satu. Nyatanya, emang ngga papa. Ngga ada baku hantam kaya yang ditakutin Temsek.
"Mau terjun lo?"
Deega mendengus pas Deeza—dengan kaki pincang sekaligus kruknya itu—berdiri di belakangnya. Dia ngga mau repot-repot balik badan, dia bakal tetep di posisi ini. Gimanapun, pemandangan dari balkon yang dia lihat sekarang bener-bener cakep.
"Lo mau gue lompat emang?" tanya Deega, tanpa noleh. Sedikit banyak, Deeza agak kaget sebab adeknya itu mulai pake gue-lo buat berkomunikasi padahal sebelumnya masih setia sama aku-kamu, "Diem berarti iya. Toh, kalo gue lakuin, kayanya gue bisa ngeringanin beban Papa. Gue kan terhitung beban di keluarga yang cuma bisa nuntut kesempurnaan ini."
"Ngelantur," komentar Deeza, masih tetap di tempatnya, "Skripsi lo kapan kelar, sih?"
Kali ini, Deega berbalik, ada muka nyebelin Deeza yang dia tatap sarkas. Terus, dia bersedekap, "Ada ruginya emang kalo skripsi gue kelar cepet ato kelar lama? Ngaruh ke hidup lo, kah?"
"Papa, tuh, ngerecokin gue mulu gara-gara skripsi lo," tandas Deeza, ngga mau kalah.
Deega gelengin kepalanya sekali dua kali, baru nyambung lagi, "Bapak sama anak sama aja. Gue ngga tau, masih ngga tau, apa yang bikin Papa terobsesi gue kudu ini itu di waktu segini segitu. Kan ini bukan perlombaan. Hidup bukan kompetisi—"
"—ya lo protes aja ke Bokap lo. Ngapain lo protes ke gue, hah?"
Semenjak Deeza memotong ucapannya, Deega bungkam. Dia malas berdebat, dia lelah bertengkar. Makanya, demi ngga ngeladenin Deeza, dia gitu aja ngelewatin abang beda empat tahunnya ini. Sambil diliatin Deeza, dia tetep duduk ongkang-ongkang kaki di sofa depan TV.
"Lo udah sembuh apa?"
Deega menghela napas begitu Deeza sengaja nyinggung traumanya, "Ngga tau."
"Kirain lo bakal masuk RSJ atau di penjara."
Sepertinya, Deeza emang sengaja nyulut emosi Deega. Pas mereka duduk berseberangan, tatap tajam mereka langsung bertukar dibarengin sama aura-aura kebencian yang kuat banget.
"Lo kan termasuk lalai dalam berkendara. Untung aja koneksi Papa di mana-mana. Lo jadi selamet. Aturan kan lo jadi narapidana yang terancam hukuman seumur hidup. Lo itu tersangka pembunuhan. Harusnya lo ngga sesantai ini. Bukannya nyadar, malah mental lo yang bermasalah. Oh, baru gue ngerti, jangan-jangan lo divonis PTSD itu cuma dalih biar lo ngga perlu di penjara, ya?"
Deega bener-bener ngga abis pikir. Dia berusaha ngeredam amarahnya, tapi tetep aja omongan Deeza barusan ngga bisa didiemin.
"Sok tau. Kalo ngga tau apa-apa, kalo ngga tau gimana-gimananya, lo mending urus urusan lo sendiri, deh. Ngga usah ikut campur. Lo dendam gini karna lo gagal nikahin Zivana? Lagian, tuduhan lo ngga berdasar. Ya emang gue akuin gue lalai, tapi itu kecelakaan beruntun, di mana bukan gue penyebab utama terjadinya kecelakaan yang bukan cuma newasin Zanine, tapi banyak korban lainnya. Asal lo tau, keluarga Zanine juga setuju damai. Masalah selese dengan kesepakatan kedua belah pihak, ya, Anjing!"
Tudingan Deega mulai membabi buta, napasnya sampai tersengal menjelaskan dari a sampai z yang sebenernya ngga guna juga dia kasih tau ke Deeza.
Tapi, Deeza justru seneng bisa memprovokasi Deega.
"Iya. Gue dendam sama lo. Gara-gara lo, gue kehilangan Zivana. Gara-gara lo, gue batal nikah, batal ngebangun rumah tangga, gagal bina keluarga kecil—semuanya, semua mimpi dan angan gue sama Zivana ancur lebur di tangan lo!"
KAMU SEDANG MEMBACA
Rusun Semengkas [✓]
Teen FictionRumah Susun Semengkas; tempat bernaung, tempat berkeluh kesah, tempat adu nasib, ya tempat segalanya buat anak-anak perantau luar Jakarta.