Bab 12 | Menghela nafas

15 2 6
                                    

Selamat Membaca Kisah
Perjalanan Mereka

Now Playing : Drive - Bersama TBintang

***

Bab 12  | Menghela nafas

Tidurlah selamat malam lupakanlah sejenak bayangkan lah dirimu hidup bersama bintang

***

Rei tidak bisa tidur, bahkan bukan hanya itu. Sekarang pun ia di kelas tidak bisa berkonsentrasi karena pikiran semua sedang kacau setelah acara latihan gabungan kemarin. Walaupun kemarin hanya latihan akan tetapi membuat mereka malu setengah mati, pasalnya mereka itu memiliki sekolah yang citra nya bagus sekali dan kenapa malah memiliki ekstrakulikuler renang estafet yang sangat buruk.

Walaupun kemarin Zhi sempat memberikan semangat kepada mereka semua, namun ia memberitahu di grup bahwa hari ini mereka tidak akan latihan dulu jadi untuk hari ini mereka bebas melakukan apapun. Dan Rei berinisiatif untuk melihat semua ekstrakulikuler yang ada disini dan kebetulan ia tertarik dengan ekskul Catur dan Atletik.

Dan setelah istirahat ia sampai Yosef jalan tidak berbarengan karena sekarang sedang dalam sendiri-sendiri. Jadi mungkin saja Yosef akan menuju lapangan tempat ekskul Panahan, dan sedangkan dirinya akan menuju ekskul Catur terlebih dahulu karena kebetulan gedungnya bersebelahan.

Rei melihat semua itu lalu setelah di rasa aman ia mulai masuk menyaksikan pertandingan catur ini.

"SELAMAT DATANG DI PERLOMBAAN CATUR! Saya Pak Galang dan Bu Dinda akan menjadi wasit untuk pertandingan pada hari Ini, bagi kalian yang belum tahu apa itu catur saya persilahkan Bu Dinda untuk menjelaskan sedikit tentang catur," ucap Pak Galang.

"Baik terima kasih pak Galang. Oke Catur dalam bahasa Inggris chess adalah permainan papan strategi dua orang yang dimainkan pada sebuah papan kotak-kotak yang terdiri dari 64 kotak, yang disusun dalam petak 8×8, yang terbagi sama rata (masing-masing 32 kotak) dalam kelompok warna putih dan hitam."

"Permainan ini dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Catur diyakini berasal dari permainan India, Chaturanga (yang menjadi asal nama catur), sekitar abad ke-7. Chaturanga juga diperkirakan merupakan nenek moyang dari permainan strategi serupa yang berasal dari Dunia Timur, seperti Xiangqi (catur Cina), Janggi (catur Korea), dan Shogi (catur Jepang)."

"Catur mencapai Eropa pada abad ke-9, saat terjadi penaklukan Hispania oleh Umayyah. Buah-buah catur tersebut diperkirakan mendapat bentuknya yang dikenal saat ini pada akhir abad ke-15 di Spanyol, sedangkan aturan catur modern distandardisasi pada abad ke-19."

Bu Dinda menjelaskan apa yang Sudah menjadi bidangnya agar bisa di pahami okeh yang suka Catur ataupun tidak.

"Baiklah ini yang kalian tunggu ini dia pertandingan catur antara Rhys Salvino dan Harys Al Fariq," ucap Pak Galang sebagai wasit.

Dan pertandingan pun di mulai.

"Cara bermainnya adalah dengan melihat semua pergerakan pemain. Pada mulanya, jadi setiap pemain memiliki 16 buah catur : satu raja (king), satu menteri (dalam bahasa Inggris disebut queen atau ratu), dua benteng (rook), dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight atau kesatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop atau uskup), dan delapan bidak atau pion." Pak Galang memberikannya penjelasan kepada para penonton mengenai permainan catur ini.

Dengan suara yang lantang Pak Galang masih menjelaskan "Setiap jenis buah catur memiliki gerakannya masing-masing, dengan yang paling kuat adalah ratu dan yang paling lemah adalah pion."

"Tujuan dari permainan ini adalah melakukan skatmat pada raja lawan dengan menempatkan buah tersebut pada posisi di mana ancaman untuk ditangkap (atau dimakan) tidak terelakkan. Untuk mencapai tujuan ini, buah-buah milik pemain harus digunakan untuk menyerang dan menangkap buah lawan, sambil buah-buah tersebut tetap menjaga satu sama lain."

Para pemain masih saja berkonsentrasi dengan apa ada di depannya memikirkan strategi agar bisa memenangkan pertandingan ini. Walaupun dengan suara semangat yang mengarah menjadi penghalang tersendiri karena konsentrasi yang tinggi di perlukan disini.

"Selama permainan berlangsung, jalan permainan biasanya melibatkan pertukaran buah dengan buah lawan yang mirip, serta penemuan dan perekayasaan peluang untuk melakukan pertukaran secara menguntungkan atau untuk mendapatkan posisi yang lebih baik." Penjelasan di lanjutkan oleh Bu Dinda dengan begitu tegas dan semangatnya tidak kala dengan Pak Galang.

"Selain skatmat, seorang pemain memenangkan permainan jika pemain lawan mengundurkan diri, atau kehabisan waktu. Ada juga beberapa cara yang membuat permainan berakhir dalam keadaan remis atau seri."

Rei masih melihat pertandingan ini walaupun ia tidak tahu apa yang sedang mereka pikirkan namun dari penjelasan tadi Rei sudah menarik kesimpulan bahwa mereka saling tunggu- menunggu sampai salah satu dari mereka ada yang salah sasaran dan menjadi kesempatan bagi satunya.

Dan setelah setengah jam berlalu ia menyaksikan pertandingan ini akhirnya pertandingan tersebut di menangkan oleh Rhys Salvino dengan kemenangan mutlak, melihat perjuangannya yang awalnya sempat gagal namun bisa membalikkan keadaan membuat Rei sedikit tersentak pasalnya ia tidak boleh menyerah dengan keadaan ia harus mencari jalan keluar.

Setelah puas akhirnya ia mulai meninggalkan itu dan berjalan meninggalkan gedung ini, dan tujuan berikutnya adalah Atletik. Walaupun agak jauh namun ia akan menempuh nya sampai akhirnya ia tidak sengaja berpapasan dengan salah satu temannya Chelsea yang merupakan atlet lari.

"Clarissa!" panggil Rei

"Hei Rei." Clarissa melambaikan tangan dan Rei mendekat.

"Mau kemana?" tanyanya lanjut.

"Gue mau ke lapangan trek Lari,"

"Oh kebetulan gue juga mau ke sana. Barengan aja yuk?" tawarnya.

Rei mengangguk lalu Clarissa dan Rei mulai berjalan sambil sedikit berbincang.

"Lo dari mana?" tanya Clarissa kepo.

"Kebetulan gue tadi dari gedung olahraga catur sempet ada pertandingan disana,"

"Ketemu Chelsea dong tadi," ucapnya heboh.

"Hah! Emang Chelsea ada disana?" Rei juga tidak kalah heboh saat mendengar nama Chelsea.

Clarissa mengangguk "Gue gak lihat tuh,"

"Soalnya tadi ia ngechat ke gue katanya ia mau ke gedung Catur tapi lo gak lihat sayang sekali ya," ucap Clarissa sedih.

"Gapapalah nanti juga ketemu lagi." Perjalanan mereka sampai juga dan disana Clarissa langsung menuju posisi sedangkan Rei duduk di pinggir lapangan menyaksikan mereka latihan.

Kebetulan cabang lari itu banyak macamnya sama seperti renang, ada lari maraton, ada lari estafet dan lain-lain. Jadi segala macam bidang ada dalam satu latihan. Dan sekarang giliran Clarissa yang kebetulan merupakan atlet lari ia mau jadi apa saja terserah asalkan lari ada di dalam hatinya.

Kebetulan ia sekarang berada dalam latihan lari estafet lari yang dimana memberikan tongkat ke satu orang ke yang lain dengan kecepatan tinggi. Karena itu yang penting dari catatan rekor.

Pada saat Clarissa berlari Rei mendapatkan sesuatu yang baru dimana  seolah ada semangat atau mungkin sebelum energi positif yang membuat ia kembali bangkit lagi, Clarissa semakin kencang berlari dan mulai mendekati sang rekan yang kebetulan sempat di kasih tahu sama Zhi dan Naufal siapa lagi kalau bukan Talitha Zahara.

***

Tbc.

Yeyeyeyeye akhirnya Lis bisa up lagi. Selamat hari Jumat, ketemu lagi sama Andhira Rei yang sekarang lagi beristirahat sejenak dari semua rutinitas renang. Mudah-mudahan next bisa renang lagi ya, doain aja.

Jangan lupa vote and coment 👧
Tinggalkan Jejak 👣


Lis_author

SGS [6] Sport |  Andhira Rei ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang