Hi friends, di part ini, kita bakalan belajar tentang sejarah China^^
(Cuman sedikit kok)"Sejak sekitar 2.200 tahun yang lalu, China diperintah oleh kaisar-kaisar yang sangat berkuasa. Anak-anak, dengerin bapak woy, jangan Selfi terus!"
Saat ini, pak Bambam tengah memandu anak-anak 12 IPS 1 di tempat bersejarah. Ya, tembok besar China, yang terletak di kota Beijing.(Tembok besar China)
"Baik paaaaaak....."
Ujar murid-murid lesu lalu mematikan hp mereka, begitu juga yang membawa kamera."Kalian semua dengar penjelasan saya tadi?"
Tanya pak Bambam sambil berkacak pinggang membuat para murid menggelengkan kepala mereka dengan muka watados."WHATT?!!! Oke kalo gitu, biar saya tanya yang nyimak dulu. Shuyang si murid bungsyuu, siapa nama kaisar yang pertama??"
Pak Bambam sengaja bertanya pada murid-murid yang tidak memperhatikan.Karena lupa, Shuyang hanya menggaruk tengkuk yang tak gatal lalu menyiku lengan Mingrui sambil berbisik
"Siapa?""Jackie Chan."
Bisik Mingrui. Walaupun merasa ragu, Shuyang tetap berseru
"JEKI CEN!"Membuat semua orang yang menyimak tertawa terbahak-bahak, kecuali Zeyu dan Ai tentunya.
"Woy kuyang! Jackie Chan itu artis! Bukan kaisar!"
Seru seorang murid laki-laki berbadan gendut bernama Jerry."Sudah cukup tertawanya anak-anak, kalo gitu biar saya tanya sama kalian, siapa nama kaisar yang pertama?"
Tanya pak Bambam lagi."QIN SHI HUANG!"
Seru Ai dan Zeyu bersamaan. Merekapun saling menatap sekejap, lalu membuang muka dengan aura dingin yang saling mereka pancarkan di wajah mereka."Pandai..... Okelah lanjut. Qin Shi Huang membangun sebuah tembok raksasa di China, yakni di ibu kota, Beijing. Bangunan ini membentang dari timur ke barat China, bahkan saking besar dan panjangnya, tembok raksasa ini dapat dilihat dari bulan. Katanya, bentuknya meliuk-liuk seperti naga. Mmm, Oke Mingrui, bapak mau tanya. Apa tujuan Qin Shi Huang membangun tembok ini?"
"Mmmm, apaan yah? ah gw tau! Gw pinter banget ternyata. BUAT MENGHIAS NEGARA CHINA BU! EH, PAK!"
Sepertinya jawaban Mingrui juga salah, dan hanya mendapat ulasan tawa dari teman-temannya."Salah. Oke apa tujuannya Haoxiang?"
Tanya pak Bambam pada ketua kelas."Melindungi negara China dan rakyat dari serangan musuh"
Jawab Haoxiang santai."Smart boy. Jadi anak-anak, tembok ini memiliki panjang sekitar 6.700 Km, panjangkan? Coba liat tingginya, tingginya sekitar 8 M. Dibeberapa tempat, tingginya hampir 10 M. Kalo lebar bagian atasnya, sama sih, sekitar 8 M, dan lebar bawahnya sekitar 5 M. Sebab itulah namanya tembok besar China."
KAMU SEDANG MEMBACA
Our Baby °yu zeyu°
Novela JuvenilOur Baby "Papah cayang Haihai?"_Haihai. "Hah? Gw? Eh, papah? Ya sayanglah. Sayang banget malahan"_Zeyu. "Talo ditu, coba cium Haihai"_Haihai. Cup "Papah cayang buna?"_Haihai, again. "H-HAH?! Buna? Bunda mu si snow white itu?"_Zeyu. "Iyaaa, papah cay...