22. Fate

272 141 2
                                    


Draco tidak pernah menyentuhnya sejak hari itu di kolam renang, tapi dia tidak pernah jauh dari Hermione, dan bahkan sekarang Hermione merasakan kehadirannya, tinggi dan menjulang, bersandar di dinding di belakangnya saat mereka berdua menatap apa yang Hermione harapkan sebagai pintu masuk Gua Air Mata. Jangan sekarang, jangan dulu.

Pada saat itu, Hermione mengira maksudnya adalah malam itu atau malam berikutnya, tapi, selama beberapa hari terakhir, dia telah menarik diri, selalu menyisakan jarak tipis di antara mereka, entah itu saat dia mengawasinya membolak-balik halaman buku, mengatur ulang paket kecil mereka, atau mencatat cerita yang telah dihafalkannya.

Dua hari berlalu dengan cepat, dan sekarang dia berdiri dekat saat mereka menatap apa yang Hermione harapkan sebagai pintu masuk ke Gua Air Mata. Saat matahari tergelincir di bawah cakrawala, cahaya keemasan yang redup berubah menjadi biru keabu-abuan, dan suara gemuruh pelan mulai terdengar di balik dinding. Hermione mengangkat tongkatnya untuk berjaga-jaga, dan, dengan erangan menggores, dinding teratai mendorong kembali ke belakang untuk memperlihatkan sebuah lorong berbayang.

Tanpa suara, Malfoy menyerahkan tas yang dijatuhkan Hermione ke lantai setelah satu jam menunggu.

"Jalan terus." Hermione tidak yakin apakah dirinya mengatakannya untuk dirinya sendiri atau untuk Malfoy, tapi perintah itu diberikan, dan Hermione mengambil langkah pertama ke dalam kegelapan.

Cahaya dari tongkat mereka memancarkan bayangan panjang di sepanjang lorong, membuat karya seni di dinding terlihat sangat jelas. Tanpa terkena sinar matahari atau angin, cat yang hidup tetap terjaga dengan sempurna, dan pemandangan di depan mereka bahkan dihiasi dengan kuningan yang dipoles. Hermione tergoda untuk mengulurkan tangan dan mengusap-usap jari-jarinya di atas karya seni yang sempurna itu, tetapi justru malah mengencangkan genggamannya pada tasnya.

Tidak menyentuh apa pun, tidak merasakan apa pun.

"Siapa mereka?" Malfoy bertanya, mengangkat tongkatnya ke dinding.

Adegan tersebut menggambarkan tiga wanita, masing-masing memegang seutas benang panjang di satu tangan dan jarum tajam dan halus di tangan lainnya, menenun permadani saat Isis melihat, air mata masih mengalir dari matanya saat Osiris terbaring di peti mati di belakangnya.

"Para Penenun Takdir," jawab Hermione. "Mereka meramalkan kemenangan Osiris atas Set."

Alisnya berkedut. "Set membunuh Osiris."

"Untuk saat ini," kata Hermione sambil mengangkat bahu.

"Kematian akan lebih permanen untukmu dan aku, aku takut."

Hermione menoleh ke belakang untuk melihat Malfoy menatapnya dengan rahang yang meringis. "Memang benar," Hermione setuju.

Malfoy menganggukkan kepala tanda setuju, dan, dengan keheningan yang lebih khidmat, mereka melanjutkan perjalanan. Lorong itu berkelok-kelok dan berliku-liku, dan, meskipun kemiringan tanahnya sedikit, Hermione yakin mereka pasti perlahan-lahan turun ke bawah tanah lebih jauh dari yang diinginkannya. Kuningan berkilau di dinding di sekeliling mereka, hampir hidup di bawah cahaya. Segala sesuatu yang lain diam. Hanya terdengar sayup-sayup desau angin, dan, meskipun menghirup debu dan udara yang tenang, lorong itu sangat bersih-rapi. Tidak ada bukti penjelajah yang pernah datang sebelumnya, tidak ada token yang terjatuh atau tulang belulang yang berserakan atau bahkan kehidupan tanaman yang meliuk-liuk di bebatuan yang melawan segala rintangan.

Bukankah seharusnya ada sesuatu? Lagipula, mereka berada di bawah Sungai Nil. Setidaknya air pasti menetes di suatu tempat, dan dinding-dindingnya seharusnya berkilau dengan uap air yang merembes ke dalam tanah.

Between Us Flows the Nile ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang