8

197 5 1
                                    

Bab 7 : Barang-barang berharga

POV Sung...

'Kao, aku menyukaimu.'

'Ada apa denganmu?'

Aku menyandarkan punggungku ke dinding, mengembuskan kepulan asap putih yang bercampur dengan udara di area yang diperuntukkan bagi para penggila nikotin, diantara alunan musik di bar milikku, mengingat kembali masa lalu.

Sebenarnya, aku pernah menyatakan perasaanku pada teman dekatku. Bisa dibilang itu adalah tindakan yang sembrono.  aku  tahu betapa dia menderita di zona pertemanan di masa lalu. Tapi saat itu, aku baru sadar kalau aku sangat menyukainya sehingga aku tidak ingin dia menyukai orang lain lagi. Meski hanya ada dua kemungkinan jawaban: sukses atau kecewa. Tapi tidak, dia malah bertanya padaku.

'Ada apa denganmu?'

Wajahnya saat itu menatapku seolah aku orang asing. Tidak ada tanda-tanda kejutan sama sekali. Dia bahkan berpikir bahwa apa yang  aku  katakan adalah omong kosong. Tapi itu mungkin keberuntunganku. Karena jika dia mengetahui niatku yang sebenarnya hari itu, hari ini, dia mungkin tidak akan berdiri di sampingku sebagai seorang teman.

Sejak itu,  aku  tidak pernah mengakuinya lagi, jadi  aku  hanya bisa mengungkapkannya dengan tindakan. Tindakan yang Kao tidak mengerti sama sekali.

"P'Sung, ada pelanggan yang punya masalah dengan pelayannya." Suara terengah-engah dari salah satu bawahan membuyarkan lamunanku tentang masa lalu. Dia hampir berlari ke arahku dan berbicara dengan tergesa-gesa, yang mana aku masih bisa tetap tenang karena situasi seperti ini normal.

Rokok yang setengah terbakar itu dimatikan di asbak sebelum  aku  menghisapnya untuk terakhir kalinya dan mengangguk kepada anak laki-laki di toko, yang memimpin jalan kembali ke TKP.

"Biarkan aku."

"..." Kedua kakiku berhenti bergerak saat didorong ke belakang oleh telapak tangan yang tebal. Wajah tampan yang juga teman dekatku itu mendorong dadaku sebagai cara untuk menegurku.

"Aku pergi. Kalau kamu pergi, kamu akan mendapat masalah dengan pelanggan lain," kata Kao singkat sebelum dia pergi.

Aku menyentakkan sudut mulutku karena puas. Dia mengenalku lebih baik dari siapa pun. Jika situasi seperti ini terjadi sepuluh kali,  aku  sudah bertengkar dengan pelanggan sebanyak tujuh kali. Apa yang bisa kulakukan jika pemabuk itu sendiri bertingkah liar dan gaduh padahal niat awalku adalah meredakan keributan?

Dalam hal menyelesaikan masalah dengan cara yang lembut, tenang, dan solusi improvisasi, tidak ada yang bisa melakukannya lebih baik daripada Kao. Seolah-olah semua aspek kesempurnaan telah digabungkan menjadi satu orang. Dia juga orang yang berkepala dingin, sesuatu yang tidak aku ketahui sedikit pun. Tidak mengherankan jika para pegawai toko lebih dekat dengan Kao dibandingkan dengan  aku , yang membuat banyak orang kagum.

Hanya Kao yang berani mengutukku...

Kami tumbuh bersama sejak kami masih kecil.  aku  tidak tahu kapan rasa suka itu dimulai. Aku hanya tahu bahwa Kao harus selalu bersamaku di setiap momen kehidupan. Kami berdua bagaikan jiwa yang tak terpisahkan.

Perasaan itu semakin kuat selama tahun kedua kami. Kao punya pacar, seorang junior. Bukannya ikut berbahagia untuk temanku, aku malah merasakan rasa jengkel yang tidak bisa dijelaskan. Ketika mereka putus, alih-alih bersimpati dengan sahabatku, aku malah merasakan perasaan gembira yang aneh. Setelah itu, aku mencoba menjauhkan semua orang yang mencoba mendekati temanku hingga mendekat untuk menggoda orang lain juga.

Jadi soal hari ini..walaupun kita sudah melewati batas berteman, bukan berarti aku orang yang penting baginya karena hubungan di luar batas tadi malam, sudah jelas-jelas disebutkan bahwa itu hanya sekedar bersenang-senang. bersama-sama, demi keuntungan bersama. Bagian hatiku yang berharap melihat masa depan sehingga tidak melihat jalan ke depan.

Friend Zone [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang