Bab 17 : Pencarian
Sudut pandang Sung....
Tanpa Kao di toko, aku hampir tidak ingin pergi ke sana lagi. Tidak ada kejadian yang lebih mengejutkan daripada yang aku perkirakan. Aku tahu betul sejak awal bahwa jika teman terdekatku tahu apa yang aku rasakan, akibatnya kami tidak akan bisa saling berhadapan dengan cara yang sama lagi. Aku bahkan tidak menyangka bisa berbicara dengannya. aku tahu betul bahwa itu akan sangat tidak nyaman.
Itu adalah sesuatu yang tidak bisa diperbaiki. Meski aku berhenti mencintainya, bukan berarti kami bisa saling berpandangan mesra lagi. aku tahu bahwa hanya menganggapnya lebih dari sekadar teman berarti menerima bahwa suatu hari nanti aku harus kehilangan dia. Aku hanya tidak sanggup melakukannya.
Di dalam toko, yang jelas lebih sepi, ada seorang bartender baru dan Prem, yang mengambil tanggung jawab lebih besar karena dia membantu melakukan hal-hal yang biasa dilakukan Kao. Dia adalah teman dekat lainnya yang kami percayai, jadi situasi toko tidak perlu dikhawatirkan. Karena hal yang paling mengkhawatirkan mungkin adalah aku .
“Apa yang terjadi dengan Kao? Kapan dia kembali?”
"..." Aku menatap orang yang bertanya, tapi aku malah menjawab dengan gelas terangkat.
"Apa sih yang kalian pertengkarkan? Dia sudah pergi sejak kemarin."
"Itu bukan masalah besar."
"Bukan masalah besar? Orang seperti Kao tidak pernah meninggalkan toko, dan dia tidak pernah marah pada siapa pun. Apa yang kamu lakukan? Kenapa dia marah padamu dan mengabaikanmu seperti ini?"
"Aku baru saja menyatakan cintaku padanya."
"Sial! Kamu menyatakan cintamu padanya? Oke, sekarang aku mengerti kenapa kamu dihajar. Dan kalau Kao menghilang selama setahun, aku mengerti." Prem mengangkat tangannya seolah menyerah. Hal-hal yang selama ini dia pertanyakan tiba-tiba menjadi masuk akal karena jawabanku. Sepertinya dia sama bermasalahnya denganku.
"..."
“Ada banyak sekali orang yang menyukaimu. Kenapa kamu memilih untuk mengaku pada Kao, temanmu?”
"Jika aku punya pilihan, aku juga tidak ingin menjadi temannya. Aku tidak bisa menahan perasaanku."
"Itu situasi yang sulit. Tak seorang pun menginginkan hal itu terjadi. Lebih buruk lagi karena kalian berteman."
"..."
"Apakah kamu bisa menghubunginya? Aku sedang berpikir untuk mengunjunginya di rumah besok."
"Dia tidak ada di rumah."
"Oh? Lalu dimana dia?"
" aku pikir dia mungkin sudah kembali ke rumah ayahnya."
Chanthaburi?
"Ya. Itulah satu-satunya tempat yang dia datangi saat dia stres."
"Kamu sangat mengenalnya, tapi kamu tetap memilih untuk menyakitinya."
"Bisakah kamu berhenti menggosoknya?"
Oke.Jadi, apa yang akan kamu lakukan?
"Aku akan menjemputnya besok."
“Ini patut dicoba. Ini lebih baik daripada tidak melakukan apa pun.”
Meski aku cukup tahu jawabannya, Kao adalah pria yang selalu punya alasan di balik semua tindakannya. Dia tidak pernah membuat keputusan berdasarkan emosi. Fakta bahwa dia memilih menjauhkan diri dariku berarti dia telah memikirkannya dengan matang. Tapi seperti kata Prem, itu lebih baik daripada tidak melakukan apa pun.