Bab 18 : Aku bisa tinggal
Sudut pandang Sung....
Permintaan maaf yang sudah kusiapkan dalam hati, akhirnya kusimpan sendiri. Sebaliknya, aku mengatakan hal-hal kasar kepadanya, dan itu membuat hubungan kami semakin buruk. Tidak ada cahaya di ujung terowongan.
Satu bulan kemudian..
'... seperti yang kamu lihat, aku baik-baik saja.'
Ya, dia baik-baik saja. aku tidak tahu apakah itu karena ketangguhannya sendiri atau karena kata-kata sarkastik yang aku katakan kepadanya sebelum aku pergi. aku akui bahwa aku mengatakan beberapa hal yang tidak dapat dimaafkan. Mungkin jika aku memberinya lebih banyak waktu dan tidak menemuinya hari itu, Kao pasti sudah kembali sekarang. Tapi aku impulsif dan pemarah, jadi kami akhirnya bertengkar lagi. Itu mungkin alasan lain mengapa Kao masih belum kembali.
Satu bulan tanpa kontak apa pun, tidak ada kabar.
Satu bulan tanpa bertemu satu sama lain.
Satu bulan bahkan tanpa mendengar suaranya.
Satu bulan marah karena betapa kuatnya dia, marah pada diriku sendiri karena lemah, dan masih sangat merindukannya. Dan satu bulan toko ini semakin buruk setiap hari.
aku dapat mengatakan dengan pasti bahwa toko ini mampu bertahan karena Kao yang mengelolanya dan sangat memperhatikan karyawannya. Semua orang di sini seperti keluarga. Namun ketika penanggung jawabnya tidak ada, rasanya keluarga tidak lengkap. Sejak Tee, manajer toko yang berada di posisi kedua setelah Kao, berhenti, beberapa karyawan juga berhenti hanya karena mereka tidak menyukai gaya kerja aku yang tidak fleksibel, ketat, dan tegang. Kadang-kadang, keadaan menjadi sibuk karena tidak ada hal yang perlu dilakukan. tidak cukup karyawan. Pada Jumat malam, toko seharusnya ramai dan penuh pelanggan, tapi bukan itu masalahnya. Semuanya tenang. Hanya ada beberapa meja pelanggan dengan aku duduk di sudut. Hal yang sama hampir setiap malam.
Aku melihat ponselku, yang tidak memiliki notifikasi di obrolan familiar. Semuanya diam, tidak ada gerakan. Pesan yang kukirim sebulan lalu bahkan belum dibaca.
"Apakah Kao sudah menghubungimu?" aku bertanya kepada bartender, yang memiliki waktu luang untuk mengobrol dengan aku hari ini, tentang hal yang sama.
"Tidak." Jawaban Prem sama seperti biasanya, sama seperti pertanyaanku. “Seharusnya kamulah yang tahu lebih banyak tentang Kao daripada orang lain, bukan aku.”
"..."
"Mengapa kamu tidak menggunakan waktu yang kamu habiskan terus-menerus bertanya padaku tentang dia untuk mencari Kao dan membawanya kembali?"
"Aku tidak pergi."
"Ada apa denganmu hingga kamu tidak mau pergi? Lakukan sesuatu, kawan."
“Apa yang kamu ingin aku lakukan? Karena aku tahu tidak ada yang bisa kulakukan.” Kataku, memasukkan sedikit emosi ke dalamnya.
Hubungan kami saat ini sepertinya menemui jalan buntu. Jika meminta untuk kembali berteman seperti dulu, sudah pasti kita tidak akan bisa saling berhadapan dengan tenang lagi. Atau kalau minta kesempatan untuk membina hubungan itu, menurutku lebih mustahil lagi karena Kao menghindari status yang kuinginkan.
Yang kulihat saat ini adalah Kao berusaha menjauhkan diri demi menjaga persahabatan kami yang tak ingin ia hilangkan. Tapi izinkan aku bertanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan? Sudah bertahun-tahun dengan Por. Dan bagi aku , yang telah melewati batas berulang kali, bukankah perlu waktu seumur hidup untuk kembali ke keadaan semula? Dan parahnya kami berpisah bulan lalu dengan kata-kata dan emosi yang jauh dari kata baik. Segalanya akan menjadi lebih sulit lagi jika aku harus berjalan kembali ke dalamnya.