30. Your Kindest

44 7 0
                                    

Harin memperhatikan manajer itu membungkuk 90 derajat kepada Baekhyun, dan bagaimana para pramusaji juga melakukan hal yang sama. Menunya datang semenit kemudian, dan mata Harin melotot karena harga makanannya.

"Aku t-tidak bisa memakan ini Baekhyun! Apa ini dicampur dengan emas!?"

Baekhyun tersedak air yang diminumnya dan tertawa. "Tidak! Semuanya bisa dimakan. Tolong jangan melihat harganya dan pesan saja apa yang kamu inginkan."

“Sulit untuk tidak melihat harganya, h-hyung.” Haebom tergagap, "Bolehkah aku memanggilmu hyung?"

Baekhyun mengangguk, "Tentu saja bisa, bocah bodoh. Dan sekali lagi, lihat saja makanannya dan beri tahu aku apa yang ingin kamu pesan."

Setelah beberapa menit, kakak beradik itu memilih makanan pilihan mereka dan Baekhyun senang karena mereka tidak memilih yang termurah karena merasa terbebani.

“Karena makanan masih membutuhkan waktu untuk disajikan, mari kita bicara ya?”

Harin membeku di kursinya, "Kupikir ini hanya makan siang? Kamu membuatku gugup."

Baekhyun melambaikan tangan, "Bukan pembicaraan seperti itu noona! Yah, aku hanya ingin mengenal Haebom di sini. Kudengar kamu ingin menjadi dokter bedah?"

Selama beberapa menit, Harin mendengarkan Baekhyun dan Haebom berbicara. Hal ini membawa kembali kenangan saat dia pertama kali melamar menjadi manajer Baekhyun, dan Haebom mengungkapkan antusiasmenya dalam belajar kedokteran. Harin kecewa pada dirinya sendiri karena tidak bisa membantu adiknya mencapai mimpinya. Kuliah kedokteran sangat mahal. Dengan hutang dan tagihan mereka saat ini, mereka tidak mampu membayarnya.

“Haebom-ah, kenapa kamu begitu ingin menjadi dokter bedah?”

Pemuda itu tampak terkejut dengan pertanyaan itu, namun tidak butuh waktu lama sebelum dia menjawab, “Aku tidak tahu apakah noona sudah mengatakan ini, tapi ibu kami meninggal karena kami tidak punya cukup uang untuk memeriksakannya. Kami tidak bisa memberikan perawatan medisnya sampai dia menghembuskan nafas terakhir. Saat itu, aku berjanji pada diriku sendiri bahwa aku ingin membantu orang-orang miskin seperti ibuku. Aku ingin... memberikan layanan kesehatan kepada orang-orang yang membutuhkannya. Aku tidak ingin ada orang yang mengalami apa yang aku dan noona alami, kehilangan nyawa mereka orang tua seperti itu, tak berdaya."

Harin membuang muka, menahan air mata yang menggenang di sudut matanya.

"Aku mengerti," bisik Baekhyun. Harin melihatnya mengulurkan tangan dan menepuk kepala adiknya, seperti yang dilakukan kakak laki-lakinya. Saat itulah dia menyadari bahwa Haebom juga menangis.

"Aku juga ingin mendapat banyak uang, untuk membantu noona membayar hutang kita." Haebom mendengus. "Dia banyak berkorban agar kita punya makanan di piring. A-aku ingin sukses untuk kita berdua. Aku tidak ingin menjadi beban, aku ingin dia hidup untuk dirinya sendiri juga. Cari pacar, menikah, punya anak..."

"Neon jinja paboda!" Harin menyenggol adiknya, tapi Haebom membalasnya dengan merengek, "Nan jinjaji!"

Baekhyun terkekeh, menarik perhatian mereka berdua. Harin kaget melihat setetes air mata yang keluar dari mata atasannya. "Ah, aku merindukan adikku."

“K-kamu punya saudara?”

Baekhyun mengangguk. "Ya. Aku punya beberapa saudara kandung, tapi salah satunya sangat kusayangi sehingga aku mengingatnya dengan memperhatikan kalian berdua."

"Kamu... punya?"

"Ada... kecelakaan yang menewaskan orang tua dan saudara-saudaraku ketika aku masih kecil. Aku... satu-satunya yang selamat."

Harim menutup mulutnya, sementara Haebom meminta maaf atas nama mereka. Baekhyun menggelengkan kepalanya, "Itu sudah lama sekali! Jangan minta maaf, ini bukan salahmu. Selain itu, mengingat mereka membuatku lebih bahagia daripada kesakitan, jadi aku sangat bahagia melihat diriku yang masih muda dan adikku dari kalian berdua."

Harin tersenyum pada adiknya, yang juga tersenyum padanya sambil berkata. "Tentu saja, noona ku yang terbaik."

"Aku bisa melihatnya," Baekhyun bersandar di kursinya, "Itulah mengapa aku berpikir untuk membiayai pendidikan Haebom agar dia bisa belajar kedokteran dan menjadi dokter bedah."

Harin hampir terjatuh di kursinya, dan Haebom melontarkan omong kosong di sampingnya. "B-Baekhyun, kenapa tiba-tiba? Kenapa kamu berbuat sedemikian rupa? Kamu sudah banyak membantu kami dengan memberiku pekerjaan- A- Kami tidak bisa-".

Baekhyun mengangkat tangannya, "Sebelum hal lain, dengarkan aku dulu, noona." Harin berada di ujung kursinya ketika atasannya menjelaskan. "Pertama, aku menawarkan ini sebagai teman dan karena aku ingin. Percayalah, aku bisa melihat apakah orang-orang itu tulus atau tidak, dan aku belum pernah bertemu orang yang begitu terdorong untuk bertahan hidup lebih dari kalian berdua, meski kalian menghadapi nasib buruk. Pernahkah kamu banyak bertanya mengapa di antara semua orang, kamu harus menderita seperti itu, sementara orang lain diberi berkah seperti itu padahal mereka tidak pantas mendapatkannya? Apakah kamu berharap pada suatu saat dalam hidupmu, doa akan merubah segalanya? Kesempatan untuk hidup berbeda?"

Harin merasa seperti dia terpukul tepat di lubuk hatinya. Memang benar, selama masa-masa tersulit dalam hidupnya, dia menjerit dan menangis di malam hari, sendirian dan kalah, bertanya kepada surga mengapa dia dan saudara laki-lakinya ditinggalkan seperti itu. Dia ingat menatap bulan kapan pun dia punya waktu, merasakan kenyamanan yang aneh, melihat sumber cahaya di tengah kegelapan. Seolah-olah bulan menjanjikan bahwa selama masih ada, bulan akan membantunya dan membimbing jalannya sepanjang malam.

Melihat senyuman Baekhyun yang meyakinkan memberinya perasaan yang sama, penghiburan yang sama.

'Aku disini'

'Aku akan menerangi jalanmu melewati kegelapan ini'

'Kamu tidak sendiri. Aku mendengar tangisanmu'

Harin tidak bisa menahan tangisnya. Baekhyun sudah berada di sampingnya dalam sekejap. Lengannya melingkari kedua bersaudara itu, saat keduanya menangis di bahunya.

"Sudah, sudah... jangan khawatir, hm? Aku akan membantu kalian berdua. Kalian bisa melakukan ini."

Untuk pertama kalinya dalam hidupnya, Harin merasa doanya terkabul.

Makanan tiba beberapa menit setelah drama. Harin sangat malu dengan matanya yang bengkak sehingga dia harus izin ke kamar kecil sejenak. Dia membasuh wajahnya, menarik napas dalam-dalam sejenak sebelum merias wajahnya kembali. Saat melakukan itu, seorang pelayan masuk dan membungkuk padanya sambil tersenyum. Harin menurunkan dagunya dan membalas salam.

"Saya harap Anda baik-baik saja sekarang, Nona." Pelayan berkata, "Maaf, kami tidak bisa tidak melihat pemandangan itu lebih awal."

"Ah," wajah Harin memerah karena malu, "Aku minta maaf karena kamu harus melihatnya."

"T-tidak! Kami tidak sopan." Pelayan itu melambaikan tangannya. "Kami hanya ingin melihat pemiliknya karena kami tidak bisa melakukan banyak hal jika dia bersama Tuan Park. Mayoritas orang yang bekerja di sini menyukai beliau." Dia terkikik.

Harin berhenti sejenak untuk merias wajahnya, "Pemilik?"

Pelayan itu mengangguk, "Ne! Tuan Baekhyun adalah pemilik cabang restoran ini."

Rahang Harin terjatuh. "A-aku tidak tahu!"

Pelayan itu tersenyum lebih lebar, "Tuan Baekhyun tidak terlalu memamerkannya."

"Tapi saya pikir cabang restoran ini adalah anak perusahaan Yongsan Corp? Saya membacanya dari berita ketika cabang restoran ini pertama kali muncul."

"Ah ya! Tuan Baekhyun adalah salah satu pemilik saham Yongsan Corp. Ketuanya, Tuan Park Chanyeol adalah suaminya. Saya pikir Tuan Baekhyun membangun cabang restoran ini karena dia memiliki seorang sahabat koki. Chef Do adalah salah satu pemegang saham utama dari Yongsan Corp di cabang restoran."

Harin merasa ingin pingsan.

Ternyata Baekhyun bukan sekadar artis selebriti.

.
.
.

Tbc.

Hallasan (Chanbaek) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang