Ye-ju: Aku sudah bilang padanya itu bukan karenamu, Yeon-jo! Dan aku juga bilang padanya bahwa aku tidak akan membiarkannya menggangguku lagi. Aku sarankan agar kita tinggal di kamar yang berbeda selama retret.
Wah, dia mengatakan semua yang perlu dia katakan. Dan dia melakukannya tanpa mengatakan sesuatu yang benar-benar jahat. Saya mengaguminya dalam hati dan mulai mengetik balasan.
Saya: Jadi, sudah terselesaikan?
Ye-ju: Dia bilang aku harus mencari tahu sendiri. Apakah itu sudah selesai?
Dia pasti terkejut. Sungguh orang yang tidak tahu malu Eun-ji… Hae-na menimpali dengan sebuah kesimpulan, dengan nada yang jauh dari nada manisnya yang biasa.
Haena : Ya. Dia kabur karena tidak sanggup menghadapimu. Jangan biarkan dia menginjak-injakmu lagi.
Rasanya seperti dia berbicara dari pengalaman pribadi. Aku teringat kelompok yang pernah diikuti Haena. Aku ingat salah satu dari mereka merokok di dinding sekolah dan menatapku. Sebaiknya berhati-hati.
Waktu berjalan lancar hingga saat retret. Sesekali saya bercanda dengan Seo Ian, dan Shin Eun-ji segera menemukan anak-anak lain untuk berbagi kamar.
Menghadiri kelas adalah suatu tugas, tetapi saya menghibur diri dengan berpikir itu lebih baik daripada bekerja di sebuah perusahaan.
Untungnya, kamar kami untuk retret mendapat tambahan anggota, seorang gadis dengan kepribadian berani dan nilai bagus bernama Park Ye-bin.
“Oh, rasanya kita akhirnya ngobrol! Hai!”
Meski terusir dari kelompoknya setelah kalah dalam permainan batu-gunting-kertas, dia tampaknya tidak keberatan sama sekali.
Kepribadiannya yang ceria cukup menawan, dan setiap kali dia melihat kami, dia akan menyapa kami dengan keras. Ye-ju dan Hae-na sering terkejut, jadi saya biasanya menanggapi sapaannya.
Saya dulunya adalah tipe orang yang tidak bisa memesan makanan di restoran dan hanya melihat reaksi orang lain. Namun, berada di sekitar anak-anak ini membuat saya merasa perlu untuk lebih percaya diri.
Tak lama kemudian, April pun tiba. Sekolah kami menjadi sekolah pertama di antara sekolah-sekolah di sekitarnya yang melakukan retret.
Kami naik bus dan duduk sesuai urutan. Tentu saja aku berpasangan dengan Hae-na. Karena dia bilang mabuk perjalanan, aku membiarkannya duduk di dekat jendela dan memakai earphone.
'Saya ingin mendengarkan Tempering.'
Saya sangat ingin mendengarkan mini-album kedua Tempering. Karena dirilis pada musim panas, album ini berisi lagu-lagu tentang masa muda, perjalanan, dan cinta pertama.
Aku mencondongkan tubuh sedikit dari kursiku untuk melihat ke belakang. Di paling belakang, Seo Ian duduk di sebelah An Ki-ho, asyik mengobrol.
An Ki-ho juga cukup tampan, tetapi yang bisa saya lihat hanyalah Seo Ian.
'Jika kau di samping Seo Ian, aku hampir tidak akan memperhatikan penampilanmu.'
Saya tahu saya seharusnya tidak mengatakan ini dengan wajah saya, tetapi dari sudut pandang manusia yang menghargai visual, itu bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan.
Seo Ian dan saya saling bertatapan. Dia menunjuk saya dengan tangannya lalu menunjuk ke luar dengan ibu jarinya.
“Di tempat peristirahatan… sampai jumpa di sana?”
Begitu aku menggumamkannya, bus pun berhenti di halte peristirahatan. Hae-na, yang merasa tidak enak badan, memutuskan untuk tetap di dalam bus, jadi aku turun sendirian.