Homo Lu

578 40 12
                                    


Pertengahan semester satu. Beberapa minggu lalu gue abis UTS, dengan hasil yang gue udah tau gimana. Ada peningkatan lah, seenggaknya sekarang gue udah bisa dapet Ranking 3, padahal sebelumnya Ranking 2. Peningkatan yang lumayan mengingat itu Ranking dihitung dari belakang.

Gue udah kelas sebelas. Gak kerasa udah satu tahun lebih gue kenal Ria, gue kenal dia udah sejak kelas sepuluh. Sebelum ada pengelompokan murid berdasarkan pinter-bodohnya. Dan gue, Stuck di sini. Di kelas D, bareng bocah-bocah somplak.

Ria jadian sama cowoknya itu baru beberapa saat lalu, abis UTS. Jadi abis UTS hari terakhir, dia sama temen-temennya nunggu. Awalnya, si Ria sama pacarnya ngobrol sampai jam tiga. Gue waktu itu Wi-fi an, jadi gak sengaja lihat mereka. Setelah guru-guru kira-kira udah pulang semua, temen-temennya dari kelas A tiba-tiba masuk dan ngumpul di tengah lapangan. Mereka ngebawa karangan bunga terus berdiri di tengah lapangan bentuk hati (kata orang-orang hati sih bentuknya gitu). Abis itu di bagian tengah hati yang kosong, tiba-tiba ada Banner yang ada tulisannya, "Ria, Aku Cinta Sama Kamu." Di pojok kanan bawah, ada tulisan kecil, "-Feri".

Awalnya si Ria agak ragu-ragu, lihat-lihat sekeliling dikit-dikit. Terus abis itu dia ngangguk. Gue sakit hati. Gue gak tau mesti bersyukur karena bisa download game sama banyak film gratis atau harus nyesek karena Ria jadian sama Feri.

Waktu gue ceritain ke temen gue, mereka bilang, "Mampus lu!"

"Rasain! Ngapain aja waktu kelas satu!"

"Salah sendiri bego."

Diikuti sebuah tawa yang menceriakan suasana kelas.

Sebenernya waktu kelas 1, gue udah berusaha. Gue minta nomornya dan Chatting-an sama dia sesering mungkin. Dia gak cuek, sejujurnya gue punya harapan. Dulu.

Gue sempet mikir buat kelihatan lebih pinter. Akhirnya gue ke perpus, dan ambil beberapa buku Geografi sama Biologi. Gue sengaja duduk di sebelah Ria, yang kebetulan suka ke Perpus juga. Terus pas dia noleh ke gue, dia bilang,

"Loh, Danu. Tumben ke Perpus, kena hukuman guru ya gara-gara gak ngumpulin tugas?"

Nyesek bro nyesek. Ketahuan banget bego nya sampai ke perpus aja pasti dikira kena hukuman. Eh, bentar....

"Emang ada tugas?"

"Iya, ada. Biologi sama Geografi. Terakhir ngumpulin itu tadi pagi."

Mampus. Minggu ini gue bakal ke Perpus 3 kali. Satu hari ini, satu pas kena Hukuman Biologi, satu lagi pas kena hukuman Geografi. Untung gak ada Matematika, Fisika, sama Sejarah.

"Kok gak ada yang ngasih tau gue," protes gue.

"Loh, kamu belum ngumpulin?"

Gue geleng-geleng dengan khidmat.

"Yah, sering-sering ketemu di perpustakaan deh, haha."

Tuhan, manis banget. Gue kaya'nya harus bersyukur gara-gara gak ngumpulin—dan gak ngerjain—tugas.

Abis gue cerita itu, Ivan (temen gue) langsung nyembur seenak jidat,

"Yah, salah lu juga sih bego, udah gak sekelas lagi kan."

"Kaya' lo gak bego aja," kata gue.

"Seenggaknya gue gak ngenes-ngenes amat lah kaya' lu."

"Jomblo mah Jomblo aja."

Tiba-tiba ada yang meluk gue dari belakang. Baunya apek banget, lengan atasnya sebesar paha gue. Anjir gue susah napas.

"Minggir lo Homo!" kata gue sambil ngelepas tangan si homo dari leher gue.

"Ah bebeb gitu amat."

"Homo lu!"

Gue tau itu bercandaan doang. Hari emang suka bercanda kaya' gitu, sok sok an jadi homo. Oh ya, sekelas D, isinya cowok semua. Makanya gue langsung teriak gitu.

***

Next : SMA Tikungan

Kemungkinan di akhir bakal gue kasih FunFact tentang cerita ini, yang gak penting juga sebenernya.

Balada Gila Kelas DTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang