Pulang sekolah, kita semua dateng ke belakang sekolah, kecuali Zainal. Zainal bilang mau ikut, meskipun dia tau kalau dua juga gak mungkin bisa. Tapi karena kta gak tega, Joko (yang gak bisa berantem) sama Zainal akhirnya jaga gerbang depan, mastiin gak ada guru yang masuk atau lewat. Di lapangan kita sengaja nyiapin bola kalau-kalau ada guru kita bisa pura-pura main bola. Yang aneh dari berantem kali ini adalah, si Feri bikin surat perjanjian, isinya gak boleh ada yang ambil jalur hukum atau lapor ke pihak sekolah, kalau ada yang ngelanggar, dia harus bayar 1jt buat masing-masing anggota pihak lawan.
Kelas D bawa 38 orang, jumlah total kita 40 orang, tapi Zainal sama Joko harus jaga gerbang. Lagian, Wawan setara sama 5 orang kok, dan kelas D kan terkenal sama Preman Sekolahnya, jadi kita Fine-Fine aja. Feri bawa 45 orang, 10 dari kelasnya, 15 dari kelas B, dan 20 sisanya orang luar. Kalau udah sekitar jam 4 gini emang sekolah udah bebas dari guru, dan penjaga sekolah datengnya nanti, jam 6.
Akhirnya, kita beneran berantem. Kita gak tau sampai jam berapa, yang pasti gak ada yang berhenti sebelum lawan bener-bener udah gak kuat lanjut. Sebagian yang menang bakal nyari musuh lagi, gantiin temennya yang kalah. Wawan beneran lawan 5 orang sendirian, gue cuma lawan si Feri.
Feri, yang badannya jauh lebih gede dan lebih bagus dari gue, kalah telak. Mukul aja sambil merem, lembek banget lagi. Kalau tau kaya' gini, si Zainal juga bisa ngancurin Feri sendirian meskipun keadaan dia baru aja keluar dari RS beberapa saat lalu. Abis beberapa kali kena pukul, Feri nyoba kabur. Tapi ditangkep sama Ivan sama Okta.
Mungkin sekitar jam 5 atau setengah 6 atau malah lebih. Langit udah lumayan gelap, mendung juga, tapi Feri sama gerombolannya udah pada kalah total. Sebagian bahkan sempet keinjek-injek.
"Enak banget lo ngehina temen gue cacat," kata Vicky sambil nginjek kaki kanan Feri. "Bacot doang lo gedein!"
Mungkin Vicky yang paling gak terima, seenggaknya dia udah nonjok Feri 2 kali di wajah, sekali di perut, sama beberapa kali nginjek kaki Feri. Diantara semua gerombolannya, mungkin awalnya Feri yang paling 'Bersih'. Saolnya gue cuma mukul dia beberapa kali sama pantatnya pas lari sampai dia jatuh, tapi gara-gara Vicky, Feri jelas udah ancur.
Pas pulang, kita semua—anak-anak kelas D—kumpul di warung pinggir sekolah, kita kumpul sambil ngobrol-ngobrol doang berhubung warungnya juga udah tutup.
Besoknya, kita masuk kaya' biasa. Hampir semua anak cowok kelas 11 mukanya babak belur. Kita semua sih ngaku kalau abis main bola. Berhubung kemarin sekitar jam 6 emang hujan, kita bisa pakai alasan mainnya agak nekat arena pandangan gak jelas. Untungnya sih ortu-ortu anak-anak kelas D pada percaya, dan ortu gue? mereka lagi pada ke luar kota sampai minggu depan. Si Feri gak ada kabar. Beberapa kali anak, anak-anak kelas gue sengaja masuk ke kelas A atau B buat main sama lihat-lihat, tapi gak ada tanda-tanda dia.
Besoknya pembagian Rapor. Sebagian besar anak-anak pada gak masuk. Berhubung ortu gue di luar kota, gue jadi harus ngambil Rapor gue sendiri. Pas gue berangkat, gue gak sengaja lihat Ria sama bokapnya. Abis Ria pergi, bokapnya gak sengaja lihat gue dan manggil-manggil gue.
"Ya, Om?"
"Oh, Papa sama Mamamu mana?"
"Lagi di luar kota, Om. Jadi ngambil rapor sendiri nanti."
"Oh gitu. Abis berantem?"
"Enggak kok om."
"Nggak usah bohong deh. Om duluan ya."
"Ya om."
Gue kaya'nya emang gak pinter bohong.
Bukannya ke kelas, gue malah ke perpus. Gue tau gue tetep bakal terakhir kalaupun gue masuk duluan, jadi mending sekalian entar aja gue ngambil rapor. Gue masuk ke perpus dan langsung jalan ke pojok, pas di sebelahnya Ria. Dia gak lagi ngapa-ngapain, cuma duduk sambil ngebiarin buku yang dia ambil kebuka gitu aja.
"Ri."
"Ya?"
"Gue minta maaf."
"Bukan salah lo juga kok. Gue emang gak cinta sama Feri. Suka aja belum tentu."
"Terus kenapa lo nerima dia dulu?"
"Gue ... kasihan mungkin."
Gue cuma diem.
"Jadi," kata gue, "gue dimaafin nih?"
"Nggak juga."
"Lah terus?"
"Lakuin apa gitu dulu lah buat gue, kan lo PHO hubungan gue sama Feri."
"Harusnya lo dong yang ngasih gue hadiah."
"Bodo."
"Liburan ada rencana ke mana?"
"Minggu pertama sih mau ke luar kota bareng keluarga, emang kenapa?"
"Ya udah, gak apa-apa. Duluan ya, gue mau ambil Rapor dulu."
***
Next : Temennya Temen Gue Kena Impotensi Dini
KAMU SEDANG MEMBACA
Balada Gila Kelas D
HumorComplete/Finish/End Bukan One-Shot. Author khilaf. Tag itu Ambigu. Baca Prolog aja dulu. Jangan terjerumus oleh Dewasa, itu cuma Kiasan biar lebih uwow. Dan ... gue gak tau pak Qodir itu siapa atau gimana dia bisa jadi salah satu Tag ini. Ini bukan...