3 bulan udah lewat dan rasanya kaya' baru beberapa hari aja. Hubungan gue sama Ria jadi makin deket. Temen-temen gue di kelas udah pada nanyain kenapa gue belum juga nembak Ria. Sejujurnya, gue masih pengen masuk 3 besar sebelum jadan sama Ria. Meskipun 3 besar kelas D itu setara sama Ranking 20-30 di kelas A, tapi gue gak terlalu percaya. Dan kalaupun emang bener, ya gak masalah, seenggaknya gue udah berusaha buat jadi lebih baik, jauh lebih baik dari dulu. Lagian, mas-mas di halte bus pernah bilang ke gue,
"Kadang, nunggu waktu yang pas jauh lebih baik meskipun harus jatuh dulu."
Dulu, gue gak ngerti kata-kata itu maksudnya apaan. Tapi semenjak Ria jadian sama Feri, gue jadi tau. Dan mungkin Feri belum sanggup nunggu, atau nggak dapet pencerahan rada sesat dari mas-mas di halte bus makanya dia keburu-buru nembak Ria dan malah ngerusak hubungan mereka sendiri.
Ria sendiri udah gue ceritain soal masalah kelas D sama Feri. Awalnya dia marah dan ngerasa bersalah. Tapi gue coba sebaik mungkin jelasin semuanya kalau itu bukan salah dia.
UAS kemarin gue dapet Ranking 7 dan resmi meninggalkan gelar, "Jendral Remed". Hari ini, pengumuman hasil UTS. Gue gugup banget. Takut kalau gak bisa masuk 3 besar, takut kalau malah nilai gue makin jelek, tapi juga penasaran dan udah gak sabar banget pengen tau hasilnya.
Langit mendung, ujan turun deres banget. Pak Qodir bilang, pengumuman di undur sampai jam 10, padahal rencana aslinya jam 8.
Sekitar jam 10. Pak Qodir akhirnya masuk ruang kelas dan ngasih 1 lembar nilai murni UTS dan ranking ke setiap murid. Dan, gue masuk 3 besar. Pas di Ranking 3. Gue bahagia banget. Gue langsung lari ke luar kelas dan masuk ke kelas A yang abis pembagian nilai juga. Gue tarik Ria keluar dan ujan reda.
"Kenapa, Dan?"
Anjir napas gue ngos-ngosan parah.
Gue sendiri gak ngerti apa yang gue lakuin. Gue bahkan gak sadar kalau tadi gue diikutin anak sekelas gue yang sekarang lagi ngerumunin gue bareng anak-anak kelas A.
Gue ngatur napas sebisa mungkin, "Gue. Suka. Sama. Lo." Gue gemeteran parah, kaya' kedinginan padahal gak kehujanan. "Mau gak lo, jadi pacar gue?"
Ria sempet bengong bentar, sampai sorakan anak-anak nyadarin dia. Jantung gue berolahraga hebat.
"Jangan berantem lagi, ngerti?"
Anjir, gue gak ngerti....
"Heh? Apaan? Gue gak ngerti."
"Ya, gue mau, asal lo nggak bakal berantem lagi."
"Oke."
Gue gandeng tangan Ria, gue cium punggung tangannya bentar, terus noleh ke belakang.
" Cie yang kehilangan amunisi perang," kata gue ke temen-temen gue.
"Si Danu sekarang resmi nih, jadi penjaga gerbang?" kata Putra.
X-Man (bukan nama sebenernya, ceritanya riber) yang jawab dari paling belakang, "Kaya'nya sih gitu. Sederajat sama pak Pres."
"Maksudnya apaan?" kata Ria.
"Bukan apa-apa. Anggep aja mereka Kutu."
"Apaan sih." Ria ketawa. Ketawa kecil yang bikin gue jatuh cinta sama dia. Tawa kecil tiap kali gue ngutarain candaan-candaan garing yang kadang gue sendiri gak ngerti. Tawa kecil, yang sekarang harus gue jaga.
Sebenernya gue sih rencana nembak dia pas ujan, biar agak romantis gitu. Tapi kaya'nya gue gak seberuntung itu. Gue nembak dia malah pas ujan udah mulai reda. Tapi gak masalah, hasil nunggu dan ajaran sesat mas-mas di halte bus ternyata gak sia-sia. Gue akhirnya bisa jadian sama Ria.
Seminggu kemudian, gue sengaja ke halte bus dekat sekolah. Gue udah nunggu selama 2 jam sejak jam 1 tadi. Gue sempet lihat Putra lewat bareng pacarnya, anakkelas B, namanya Bunga kalau gak salah. Barengan sama X-Man yang juga boncengin cewek. Mungkin anak sekolah lain.
X-Man ini, namanya aslinya ribet. Bokapnya orang Eropa, nyokapnya orang Indonesia. Namanya lengkapnya kalau disingkat itu "XXX". Nah, karena nama aslinya ribet dna gak ada yang inget, akhirnya kita manggil dia X-Man. Percaya atau nggak, guru-guru gue kalau ngabsena atau pas manggil dia, guru-guru juga nyebutnya X-Man.
Gue nunggu agak lama. Sampai akhirnya, sekitar 1 jam kemudia, orang yang gue tunggu dateng juga.
Dia tinggi, gak terlalu kurus gak terlalu gemuk. Dia kaya'nya seumuran anak kuliahan pada umumnya.
"Loh, lo," kata dia sambil duduk di sebelah gue. "Gimana sekarang, lo sama gebetan lo?"
"Udah jadian."
"Bagus deh. Tapi inget, kalau lo bisa nikung, lo juga pasti bisa kena tikung."
"Doa lo jelek."
"Ya, usaha pertahanin itu emang lebih susah. Makanya yang namanya juara bertahan itu ada."
"Maksud lo?"
"Eh, gue duluan ya, udah ada bus nih yang kaya'nya sepi. Moga langgeng deh."
Gue gagal bilang makasih dan malah udah dapet masukan lagi.
Kalau dipikir-pikir lagi. Gue sampai gak nyerah dan berhasil jadian sama Ria sih kurang lebih karena mas-mas tadi, sama bokapnya Ria juga.
Gue udah jadian selama 3 bulan. Besok udah Study Tour, dan 3 hari lalu rapor udah dibagiin. Gue dapet Ranking 2, nilai gue mepet banget sama Joko yang masih awet di Rangking paling atas kelas D.
Gue paling gak suka yang namanya Study Tour, tapi buat kali ini, gue gak masalah. Meskipun Bus kita beda, gue bisa sering ketemu sama Ria.
Selama Study Tour, kita ngabisin waktu bareng sesering dan sebisa mungkin. Entah berapa banyak foto yang kita ambil. Gue gak perduli dibilang alay. Asal Ria bisa seneng karena gue, gue malah lebih seneng.
***
Akhirnya KELAR!
KAMU SEDANG MEMBACA
Balada Gila Kelas D
HumorComplete/Finish/End Bukan One-Shot. Author khilaf. Tag itu Ambigu. Baca Prolog aja dulu. Jangan terjerumus oleh Dewasa, itu cuma Kiasan biar lebih uwow. Dan ... gue gak tau pak Qodir itu siapa atau gimana dia bisa jadi salah satu Tag ini. Ini bukan...