SMA Tikungan

582 43 5
                                    


Gue sekolah di SMA yang cukup Absurd. Gak perlu gue kasih tau nama sekolahnya, yang pasti sekolah gue adalah salah satu sekolah paling Elit di kota gue. Bukan Elit singkatan dari Ekonomi Sulit yang pasti. Kelasnya ada 4 tiap generasi, A-D, yang disusun jadi satu gedung. Jadi ada satu gedung tiga lantai yang merupakan gedung kelas (sebutannya gitu) lantai paling bawah buat kelas 1, lantai 2 buat kelas 3, lantai tiga buat kelas 3.

Kelasnya emang dikit, tapi fasilitasnya ngeri. Lab Komputer nya ada 4, Lab Biologi, Fisika, dan Kimia masing-masing 2, Ruang Bahasa-nya 4, Kantinnya 8 (banyak banget emang), Toiletnya—oke gak usah bahas toilet, Perpusnya cuma 1, lapangan basket 4, lapangan futsal 2, lapangan badminton 2, tenis 1, kolam renang 1, dan berbagai fasilitas lain yang luar biasa, terutama Wi-fi nya yang super kenceng.

Tenang aja, kalian gak perlu nginget-inget semua fasilitas itu. Inget nama temen gue aja sebenernya gak perlu, mereka itu ibarat kuah, dan Gue sama Ria itu Kue Tart. Gak penting. Sedangkan si Feri itu anggep aja dia Roti Tawar. Yang udah basi tentunya.

Kelas A itu kelasnya anak-anak pinter. Setau gue sih, kebanyakan anak di sana hampir semuanya ikut Les. Udah belajar di sekolah, pulang sekolah belajar, entar di ruamh belajar juga, ngerjain tugas dan lain-lain. gue gak bisa ngebayangin idup gue kaya' gitu. Mungkin kalau gue bisa masuk kelas A—berandai-andai itu bebas kan?—mungkin kepala gue udah meledak kaya' Bom Nuklir.

Kelas B, itu lumayan pinter lah. Mereka sering bersaing ketat sama kelas A kalau ada kompetisi akademik. Kelas B sama kelas A itu kompetitif banget, sayangnya gak pernah menang kalau Classmeeting, 17-an, atau Ultah Sekolah. Kalah sama kelas C dan D. Dan, sekadar informasi. Kelas B ini kelasnya orang-orang cakep. Kata anak-anak kelas D, kelas B ini kelas Malaikat. Sayangnya pada cuek, jadi lah mereka kelas Malaikat Kematian.

Nah, kelas C sama D aslinya setara. Sama-sama kelas dengan populasi orang bego paling banyak. Kalau ada persaingan ketat diantara mereka, itu ya cuma persaingan bacot mana yang lebih pinter, yang sebenernya gak guna karena sama-sama bego. Seperti yang udah gue bilang, kelas C dan D menang di lomba-lomba yang gak terlalu pakai otak, yang hampir gak mungkin dimenangkan kelas A sama B. Prestasi terbesar kelas C dan D ya menang lomba itu doang, atau olimpiade olah raga, gak lebih.

Kelas C isinya cewek semua, kelas D cowok semua. Kata kepala sekolah sih,

"Sebagai laki-laki, kalian harus mengalah."

Kepala sekolah macam apa itu. Deskriminasi ini. Ya kali karena mengalah kita harus rela dianggap sebagai orang-orang paling bodoh sama masyarakat luar yang nggak ngerti soal sistem Kebaikan Hati yang diterapkan Kepsek? Sialan banget.

---Skip---

Akhir-akhir ini, tiap kali gue ke Kantin, gue mulai sering lihat Ria sama Feri jalan bareng. Bareng temen-temennya juga. Kadang gue agak kasihan sama Ria kalau ngelihat dia gitu. Kadang dia kelihatan santai banget, kadang kaya' tertekan dan cuma senyum-senyum terpaksa, dan kadang, yah gue gak bisa jelasin gimana. Mungkin dia gak nyaman sama Feri? Atau mungkin dia emang gak punya perasaan lebih ke Feri? Atau apa gue juga gak tau.

Semenjak tau mereka jadian, gue jadi gak pernah nge-Chat Ria duluan, dan Ria bukan tipe cewek yang aktif di Sosmed jadi gak mungkin dia nge-Chat duluan. Seenggaknya gue gak mau nge-Chat dia duluan sebelum gue sama dia ngomong langsung, empat mata. Bukan nyatain perasaan atau gimana, cuma pengen ngobrol ringan aja biar gak canggung kalau mau nge-Chat.

Yang gue tau, si Ria emang gak suka keramaian. Makanya dia suka Perpus, tempat keramat yang jarang dijamah murid SMA. Gue inget banget tempat duduk favorit Ria. Pojok, pas di depan rak buku yang berjejer-jejer di belakang Rak buku di sebelah tempat Ria duduk. Tempatnya kelihatan dari pintu kalau pas jalan lewat perpustakaan, dan dulu gue sering banget lihat Ria di sana. Rambut hitam panjangnya yang sering banget diikat. Dulu, waktu gue di perpus pas kena hukuman, gue sengaja milih tempat duduk dekat dia. Kadang kita ngobrol, gue modus minta bantuan. Ria punya kebiasaan ngebenerin kecamatanya meskipun gak melorot, mungkin gak nyaman, entah deh.

Balada Gila Kelas DTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang