Akhirnya, hari Sabtu, hari gue janjian sama Ria buat jalan. Gue udah bilang ke Ria kalau gue ngajak dia ke toko buku, dan responnya awalnya rada nyakitin,
"Ngapain lo ke toko buku? Emang pernah baca buku."
"Nggak, gue mau beli komik."
"Lah ngapain sama gue, gue gak ngerti komik."
"Gue bayarin dah lo mau beli buku apa aja. Udah ikut aja, kutu buku kaya' lo sok-sok'an banget mau nolak ajakan gue ke toko buku."
Akhirnya dia mau. Gue udah bilang ke Ulil buat khusus kali ini aja jangan doa minta hujan bareng pasukannya, dan dia bilang mau. Kita akhirnya ke toko buku. Gue biarin Ria milih-milih novel, sambil gue temenin. Gue sebenernya gak ada niatan beli komik, cuma mau ngajak Ria jalan aja. Dan berhubung Ria sukanya buku, ya gue ajak aja dia ke toko buku. Kita agak lama di sana, sesekali gue coba lihat bacaan anak yang isinya aneh banget tapi harganya seharga novel 100 halaman. Padahal isinya cuma gambar anak sama tulisan gak guna soal minta maaf lah, bilang makasih lah, dan sebagainya. Cuma kertasnya tebel, harganya 145rb. Bangsat banget, emak gue untungnya didik gue pakai mulut, bukan buku. Kalau pakai buku dan emak gue kesel sama gue, ini kepala udah gepeng pasti. Kalau sama omongan doang, paling cuma kena semburan 1001 aroma masakan ala mama yang udah saling mengkontaminasi.
Terus ada lagi buku Dora, isinya 8 halaman doang, dan sebagian besar cuma gambar yang kosong buat diisi sama Stiker yang udah termasuk 8 halaman itu. 2 lembar buat stiker, dan 4 halaman buat cerita dan kertas kosong bergambar lapangan sama kelas buat ditepelin stiker. Harganya 45 ribu, gila kan. Gue dulu mah tinggal nonton, meskipun emang sambil dibegoin Dora di suruh nunjukin sambil ngomong ngulang-ngulang soal di mana Sweeper atau bangunan tertentu yang gampang banget. Atau sesekali dibegoi buat nangkep bintang di sekitar kita, pas Dora udah nangkep semuanya, gue cuma nangkep angin dan tangan gue merah gara-gara kepanasan, kalau pas untung paling cuma dapet nyamuk.
Ternyata buku anak udah mahal, gue jadi pengen bikin buku anak. Tapi apa yang mau gue tulis, pinter nggak, sopan juga nggak. Ya udahlah, gak mungkin gue nulis buku anak. Masa' gue mau nulis, 1001 cara masuk kelas D. Buku panduan bejat macam apa itu. isinya gimana coba.
"Jadilah bodoh." "Jangan Belajar." "Jangan kerjakan tugas." "Jangan kerjakan soal Tes." Dll.
Gitu? Sesat parah.
Akhirnya kita sih udah. Setelah sekitar 4 jam di sana—iya, 4 jam, lebih malah kaya'nya—akhirnya Ria dapet 3 Novel dan gue dapet komik Volume 1-6. Gue bayarin beneran si Ria, awalnya dia sih gak ngira dan udah mau ngeluarin duit, tapi gue bilang kalau gue bayarin dulu dan dia mau. Meskipun entar gak bakal gue ambil duitnya. Abis dari toko buku, gue ngajak Ria ke Mall. Mau gue ajak beli makan, tapi gue bilangnya sih cuma mau nyari sepatu buat Jogging.
Gue beli sepatu sepasang, gue pengen mulai olah raga juga kaya' sarannya bokapnya Ria. Biar kalau dateng lagi, udah enak jawab kalau ditanya soal olah raga. Oke, delusi. Abis dari beli sepatu, gue bilang kalau gue laper dan ngajak si Ria makan. Gampang aja sih buat bikin Ria percaya kalau gue laper, soalnya gue juga emang laper beneran. Pas makan, gue ngasih Ria buku. Sebenernya ini buku gue beli diem-diem, Ria dari tadi ngelihatin ini buku agak lama, tapi entah karena alasan apa, dia balikin. Mungkin takut uangnya gak cukup.
"Loh, kok lo beli?"
"Anggep aja hadiah udah mau nemenin gue."
"Uangnya gue ganti kapan?"
"Nggak usah, gak enak kalau diganti, apalagi di tempat umum kaya' gini."
Abis makan, gue mulai langsung ngomong maksud gue.
"Ri, maaf ya pas dulu gue tiba-tiba ninggalin lo dan maafi gue juga soal yah lo tau lah yang dulu itu, sebelum UAS."
"Oh, ya gak apa-apa, Dan. Makasih juga buat sarannya." Ria ngambil buku yang gue kasih, "oh ya, makasih bukunya."
"Ujung-ujungnya juga lo embat, haha."
"Rejeki mah gak boleh ditolak."
Gue baru inget, kapan ya terakhir kali gue lihat atau bikin Ria senyum atau malah ketawa kaya' gitu. Rasanya udah lama banget, mungkin udah sejak zaman Fir'aun mesir.
Berhubung udah malem, abis nganter Ria gue langsung balik pulang. Meskipun tabungan gue udah berkurang banyak. Tapi gak masalah, perasaan gue sekarang udah tenang. Kesempatan gue buat deket sama si Ria masih besar. Kalau pada akhirnya gue gak bisa jadian sama Ria, gue gak masalah, seenggaknya gue udah berusaha. Meskipun kedengerannya Bullshit banget.
Kalau pada akhirnya Ria pacaran sama orang lain, gue juga gak masalah, itu hak dia. Gue gak mungkin buat ngelarang dia dan maksa dia mau sama gue. gue masih belum siap nungkapin perasaan gue yang sebenernya ke Ria, gak perduli seberapa besar kesempatan gue sekarang. Dan kalau sampai gara-gara itu juga gue pada akhirnya bakal kalah lagi, gue tetep gak masalah.
Tapi, bukan berarti gue udah bener-bener kalah kalau itu sampai kejadian. Gak sama sekali. Kalau Ria sampai jadian sama cowok lain, gue gak masalah, tapi gue gak bakal nyerah. Kaya' kata-kata mas-mas di halte bus,
"Nikung itu Halal, kok."
***
Next : Mas-Mas di Halte Bus
KAMU SEDANG MEMBACA
Balada Gila Kelas D
UmorismoComplete/Finish/End Bukan One-Shot. Author khilaf. Tag itu Ambigu. Baca Prolog aja dulu. Jangan terjerumus oleh Dewasa, itu cuma Kiasan biar lebih uwow. Dan ... gue gak tau pak Qodir itu siapa atau gimana dia bisa jadi salah satu Tag ini. Ini bukan...