Chapter 10 : Memories #1

94 8 0
                                    


***
       'Sebenci-bencinya gue sama lo. Gue ga akan ngelukain lo. Ga akan biarin lo terluka. Gue ga akan nyakitin hati lo. Gue ga akan biarin lo kesulitan. Kenapa? Karena lo masih temen angkatan gue, temen kelas gue. Dan gue ga mau khianatin angkatan dan temen gue sendiri' -Ka

                         ~~~~

Sakit cacar itu nular kan? Itu yang terjadi sama beberapa anak diangkatan kita. Saking kompaknya, satu sakit, pada sakit, sampe harusnya belajar perkelas masing-masing, ini malah belajar seangkatan yang jumlahnya kurang dari anak sekelas.

Pertama, si Andi sakit cacar. Katanya sih ketularan dari adek kelas. Sore sebelum dia ga masuk sekolah karena cacar, masih latihan buat lomba dan baik-baik saja. Besoknya gamasuk bareng sama Thor karena cacar.

Lalu, Ikal kena cacar juga, ketularan si Andi kali ya. Erde juga gamasuk, tapi bukan karena cacar. Padahal, sebelum mereka semua pada sakit cacar, kita karyawisata dulu.

"Duh, Andi Cacar, banyak yang cacar, gua ga mau kena cacar lagi" Ramka ngeluh di perpustakaan karena galau kena cacar lagi.

"yaelah, lu udah pernah kena kan? Gua juga mau lah" Arya ikut-ikutan disebelahnya. Mereka malah ngomongin yang lagi sakit diangkatan jadi pada sakit anak lainnya. Tapi, keesokan harinya, Ramka pengen sakit cacar gitu, tapi ga sakit -sakit. Malahan Arya yang kena cacar.

Karena yang pertama kena cacar adalah Andi. Jadi Andi yang disalahkan karena cacarnya nular ke yang lain.

***
       Ruangan kedap suara yang ga terlalu luas dipenuhin sama 50 - 60 orang. Gue, Aima, Nara duduk di pojok depan lemari kaca. Kita bertiga nyender disitu dan kaki dilurusin, santai banget. Lemari kaca itu mudah dibuka, cum sekali tekan gitu. Gue sama Aima ga sengaja ngebuka pintunya karena senderan ke lemari. Kita barengan nutup lagi tapi tatap-tatapan dulu. Terus kita langsung ketawa dan orang disekitar kita langsung ngeliatin, masih ketawa. Nara cuma cengo ngeliatin kita ketawa gitu. Padahal, itu lagi doa bareng dan kira malah ketawa. Jangan dicontoh ya kawan.

****
        Tempat catering jadi tempat penuh cerita. Hari jumat disaat yang cowo pada jum'atan, yang cewe makan catering. Menu hari ini adalah spaghetti dan nasi goreng. Gue duduk didepan Amala. Disebelah gue ada Rani sama Nara. Sebelahnya Amala ada Aci sama Tyas. Gue lagi gulung spageti di garpu dan ngangkat. Posisi garpu itu miring dan menghadap ke Amala.

       "Oh iya Ran! Lu tau ga..." Belum selesai ngomong, gue ga nyadar kalo garpu gue yang ada spaghettinya, spaghettinya kelempar ke tempat cateringnya Amala. Gue kira kelempar ke ke mukanya Amala. Gue bukannya minta maaf malah ga bisa berhenti ketawa. Itu ga sengaja yang berakhir pada gue jadi iseng.

       " Duh, Ci, lo kalo makan tuh yang bener, gini nih..." Gue nuangin kuah ke nasi goreng aci yang tinggal dikit dan nyuapin itu sesendok ke dia.
       " Ihh... Apaan nihh??" Si Aci bukannya ngebuang makanannya malah ditelen. Kita pun tertawa bersama melihat Aci kayak gitu. Nakal banget ya gue. Jangan dicontoh. Gue juga ngelakuin kayak gitu ke Aci.

***

Pramuka. Club tambahan di sekolah gue, ga wajib sih kalo disekolah gue. Tapi, gue baca peraturan disekolah lain, kalo Pramuka itu adalah Extrakulikuler yang wajib diikuti. Anak pramuka itu ada Andi, Ramka, Erde, Salsa, Ine, Rayu, Diah, dan Keyna. Pramuka diadakan setiap hari senin. Tapi, suatu hari....

Yang ngurusin club pramuka namanya, Kak Ipum, datengnya telat. Anak pramuka lagi ngumpul di depan pintu masuk gedung sama Gue, Aima, dan Rani. Kita ketawa-ketawa sambil bercanda bareng. Tiba-tiba Andi ngeliat kak Ipum dateng dari pager.

"Woy, kak Ipum dateng!" Andi ngomong pelan tapi kedengeran jelas. Anak pramuka langsung pada lari ngumpet. Erde lari ga pake sepatu untuk kesekian kalinya. Mereka mencar keberbagai tempat. Gue, Aima, Rani cuma bisa geleng-geleng kepala ngeliat mereka lari kayak gitu. Kasian sama Kak Ipumnya.
***
Toilet is full of memories.

Kenangan kita waktu kelas 7 juga berkesan di Toilet. Saat itu diadakan lomba mengecat toilet. Gue, Aima, Ramka, Santi, Nara, Aci, Bima, Arya, Lila, Salsa. Ini tentang coretan warna-warni di baju kita yang menjadi kenangan indah. Tema yang kita ambil buat ngecat adalah EROPA. Efek dari wali kelasnya lagi suka eropa. Disaat kelas lain udah pada ngumpulin desain, kelas kita belum gambar apapun. Kita sibuk nyari ide sampe nanya ke guru kelas lain. Begini ceritanya.

        "Nak, desain buat toilet kelas kita apa? Ayo dong masa ga ada yang buat. Ibu tuh udah nungguin dari kapan tau dan masih belum juga?! Oh please! Kebiasaan kalian ini ya, kalo ngerjain tugas tuh pasti malem sebelum deadline. Ga baik itu nakk." Guru wali kelas mulai 'ceramah' ke seisi kelas. Kita mah sabar, udah biasa kayak gitu. Diceramahin guru itu buat kebaikan kita juga, walaupun nanti pasti jadi bete, tapi nanti juga ngerti kok.

       "yaa, bu, kita tuh kalo ngerjain tugas SKS itu jadi cepet selesai, ga males-malesan gitu, iya ga Ar?" Ramka jawab dengan santai sambil liat ke Arya. Ga bermaksud ngelawan, tapi kita jujur.

        "Eh, alesan aja sih Ram. Yaudah besok-besok kalo dikasih tugas deadlinenya sehari aja yaa." Ibu wali kelas ga marah, tapi ketawa, tapi ngomongnya serius.

Akhirnya, sore-sore, Gue, Rani, Salsa, Lila, Nara harus buat design dulu. Kita memutuskan membuat desain bertemakan Eropa. Buat desain kasar gitu di kertas A3. Gambarnya ada menara Eiffel, Tembok Berlin, Peta Eropa, London Bus, Pisa, Colosseum. Gue sabar banget buat gambarnya kecil dan detail, dibantuin sama Nara dan Salsa buat gambar. Rani sama Lila nyari nama warna cat dan contoh desain di komputer.
***
Part 2 Toilet full of memories bersambung...
***

Irresistible, youWhere stories live. Discover now