Tipe-tipe Orang yang Nyebelin di Wattpad

4K 596 99
                                    

[Tipe-tipe Orang yang Nyebelin di Wattpad]


Pada kesempatan kali ini, Sha mau menjabarkan berbagai jenis manusia nyebelin di dunia oren (re : Wattpad) Terima kasih buat teman-teman yang sudah mau membantu memberikan pendapat mereka, hoho.

Oke langsung aja, ini dia~

1. Orang yang minta follback, terus beberapa saat kemudian, dia ngeunfoll kita pas kita udah follback dia

Biasanya, orang berbuat begini cuma untuk menaikkan jumlah followers dia. Oh ayolah, coba dapet followers dengan cara hallal (?) dong! Kalau misalnya kamu memang penulis yang berbakat, pasti banyak yang mau follow kamu dengan sedirinya. Perlu usaha, Bung!

Buat kalian yang masuk dalam tipe satu ini, Sha cuma mau bilang :

GAKUKU HAYATI, MAS. GAKUAADDH. MENDING GA USAH FOLLOW DARI AWAL, ELAHH!

*batuk-batuk bentar* Oke, maaf atas kegilaan Sha di atas, hoho.

2. Siders

Tak bisa dipungkiri, siders merupakan hal yang paling dibenci sebagian besar author di dunia oren. Dengan susah payah kita menulis cerita, dia bahkan tidak menghargai. Kalau sesekali sih, tak apa. Masalahnya, dia emang suka cerita kita, tapi dia lebih memilih jadi pembaca gelap.

Kami para author, tidak selalu mengharapkan vote, kok. Kalau memang kalian tidak suka cerita kami, ya udah. Gak usah vote, tapi paling tidak, tolong tinggalkan komentar. Keluarkan aja uneg-uneg kalian. Katakan apa yang kurang dari cerita kami, dan kami akan sungguh berterima kasih :)

3. Tukang spam

Iklan memang hal yang penting. Apalagi kalau kamu orang baru di Wattpad. Tentunya kamu ingin mendapatkan pembaca, 'kan?

Tapi tolong, tolong bangeeet jangan spam berkali-kali. Kami udah bilang gak bisa, kalian malah terus spam di wall. Minta begal banget tau gak?

Beh, apalagi yang cuma nulis : "Baca ceritaku thx"

YAAMPUN NAKK, BASA BASI BILANG HALO DULU GITU, KEK.

Eh, pas kami mampir, dan minta dia juga ikutan mampir ke cerita kami, dia malah gak balas. Sok cuek kayak gak pernah nyapa dikit pun. Oke, bhay.

Kami masih menghargai yang ngiklan dengan sopan, loh. Sha pribadi, bakalan mampir kalau ada waktu luang (dan mood yang menunjang)

Jadi tolong, jangan jadi tukang spam yang suka maksa. Kami juga punya hak buat menolak membaca, 'kan?

4. Tukang kritik kasar

Kritik memang sangat berpengaruh dalam berkembangnya sebuah cerita. Kritik membangun sangat dibutuhkan para author muda yang belum mengerti benar tentang dunia tulis menulis.

Namun, jenis kritik kasar tentu saja bukan jenis kritik yang baik. Ditambah, jika dia terus menjelek-jelekkan cerita kita, tanpa memberi saran sedikit pun.

Mental penulis baru gampang down. Tolong hargai usaha mereka. Setidaknya, gunakanlah bahasa yang baik :) Dan Anda akan dihargai :)

5. Penulis yang tak terima kritikan

Berhubungan dengan tipe keempat. Tipe penulis yang begini nih, nyebelin BANGET.

Misal, dia minta kita baca cerita dia, terus kita kasih kritik gitu. Eh, doinya marah, ngambek, dan ngatain kita sok tau.

Padahal, kita yang kasih kritik udah pake bahasa yang lembutnya bagai sutra (eleh), si doi malah tetap tersinggung. Nak, percayalah, kalau kalian tak bisa menerima kritik, kalian gak bakalan berkembang :))

Nah, sekian tipe-tipe makhluk nyebelin di Wattpad versi Sha dan kawan-kawan. Kalau menurut kalian, tipe orang nyebelin di Wattpad itu yang kayak gimana? Ayo tuliskan pendapat kalian di kolom komentar!


Salam super,

Sha.
Hyderia

25 Desember 2015

FreakbutAwesome : Not A Writing TipsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang