[Inilah Fakta yang Sebenarnya Merupakan Ciri-ciri Penulis]
1. Melankolis
Impossible jika seorang penulis itu tidak sentimentil/romantis/mendayu-dayu entah mau menulis atau mau berbicara.
Bukan mendayu-dayu sih. Tapi pasti ada ciri khas tersendiri. Setuju? :v
2. Munafik akut
Terkadang apa yang ditulis berbeda dengan kehidupannya. Dalam tulisannya selalu senang dan gembira padahal kehidupannya menyedihkan! Pun sebaliknya.
3. Pendendam sejati
Jangan salah jika penulis itu punya sense di luar dari kepribadian. Terkadang jika dia punya musuh atau saingan pasti akan terus diingat selalu. Bahkan jika perlu punya prinsip "dipermalukan tentu dibalas dengan yang lebih memalukan".
4. Penyendiri
Lebih intensif seorang diri ketimbang berkumpul ramai-ramai. Kalau menyendiri lebih baik menghabiskan nonton TV, DVD atau menyalakan tape recorder.
5. Autis lokal
Ini sering kali dialami penulis. Terkadang tidak memedulikan lingkungan sekitar. Padahal ada bunyi balon gas meletus atau ban kempes suaranya tidak terdengar dan tidak peduli.
6. Pengkhayal
Sebenarnya ini sudah "kodrat" penulis kalau dia tukang mengkhayal. Bisa dimaklumi. Tapi yang tidak dimaklumi kalau mengkhayal perawan-janda-istri orang ini yang berabe! Tidak bisa dimaklumi lagi.
7. Matrealitis
Sah-sah saja jika ada penulis yang punya sifat seperti itu. Tapi terkadang ada yang tidak mau mengakuinya. Mana ada yang mau menulis gratis tanpa dibayar/honor/royalti.
8. Narsis mendarah daging
Wajar-wajar jika ada penulis seperti itu jika narsis positif thiking. Yakni, menarsiskan karya-karya biar memotivasi yang lain. Apalagi bila ada saingan atau yang melihat karya-karya kita. Sudah bisa membakar kalori hati untuk saingan dan musuh kita. Ini namanya narsis yang wajar! Asal jangan termakan oleh emosi bila nanti ada yang usil.
9. Sentimen
Terkadang ada yang penulis macam ini. Ketika ada penulis yang sukses dan karya-karyanya masuk media terus. Ada rasa dengki, iri dan jahat untuk mencari gara-gara. Tidak di mana-mana pasti akan menemui macam itu.
10. Saling merendahkan/mengucilkan
Sudah pasti hal ini ada dimana-mana. Jika ada penulis yang dirasa dibenci atau tidak disukai, ingin rasanya "ngebully" dengan kata setajam silet (Diulang baik-baik. Setajam silet. *logat ala Feni Rose* *kibas rambut ala mak lampir*) walaupun dampaknya juga terpengaruh pada diri yang ngebully juga, karena sifat orang ngebully tidak ingin lebih unggul atau lebih pintar ketimbang yang dibully. Kenyataannya begitu. Semoga kita dihindari sebagai penulis dengan memiliki sifat dan sikap negatif yang bisa merugikan diri serta merusak hati. Semangat menulis. Tetap berkarya!
*
Selengkapnya : http://m.kompasiana.com/perantaukatakat.multply.com/inilah-fakta-yang-sebenarnya-ciri-ciri-penulis_552b8f1f6ea834ec178b457a
Btw, tinggalkan jejak ya.
Vote, comment, and share, please!Kiss & hugs,
Maa.
AioShio
KAMU SEDANG MEMBACA
FreakbutAwesome : Not A Writing Tips
Non-FictionSeperti judulnya, buku ini berisi tips dalam menulis, beberapa info tentang kepenulisan, dan ... hm ... mungkin juga curcolan gaje/? Tapi, jangan sepenuhnya percaya dan berpatokan kepada isi buku ini ya, karena isi buku ini belum teruji kebenarannya...