[Tips Memilih Jenis Desain Cover]
Mungkin ada yang bertanya-tanya, gimana sih caranya menentukan jenis cover yang tepat untuk cerita wattpad? Nah, kali ini, Maa akan sedikit membahasnya. Tips pemilihan design cover ini bisa dimanfaatkan saat kalian membuat cover sendiri atau melalui cover shop yang sudah banyak tersedia baik di Wattpad ataupun di OA-OA Line. So, disimak penjelasan di bawah ini ya.
.
1. Kalian harus Mengetahui Type Cover yang Ditawarkan
Apa saja sih type cover yang ada?
• Minimalist Cover: adalah cover yang menggunakan ilustrasi sebagai objeknya. Dapat berupa vector, sketsa, dll.
• Simple Cover: adalah cover yang menggunakan foto asli (real picture) sebagai objeknya. Foto asli yang dimaksud adalah hasil foto yang ada di lingkungan sekitar, hutan, lautan ataupun semesta. Misal, manusia, hewan, tumbuhan, air terjun dan panorama lain. Intinya, real pict ini merupakan foto hasil pemotretan menggunakan kamera. Entah itu kamera ponsel, polaroid, digital atau DSLR.
• Manipulasi Cover: adalah cover yang dibuat dengan memanipulasi gambar yang ada. Istilahnya, pasti ada before-after dari cover ini. Nah, dari sekian tipe cover, cover jenis manipulasi inilah yang paling sulit dibuat. Kenapa? Meski nantinya hasil terlihat simpel atau biasa saja, tapi dalam proses pembuatannya, cover manipulasi ini membutuhkan tingkat kerumitan, keuletan, ketelatenan, dan ke-ke lain yang lebih tinggi dari sekedar membuat jenis cover lain. Apalagi, KESABARAN yang katanya bisa habis, juga sangat diperlukan dalam proses pembuatan cover jenis ini.
Tapi, masih ada yang belum bisa membedakan antara manipulasi dan simple, bukan? Nah, meski terkadang sama-sama menggunakan real pict, ada ciri khas yang membedakan kedua cover tersebut. Untuk simple cover, pembuatannya tidak memerlukan waktu terlalu lama karena hanya sekedar crop--tempel font--effect--selesai. Mudah, kan? Yang lebih mudahnya lagi, kalian hanya perlu tempel font dan tadaaa ... selesai.
Tapi, jika untuk manipulasi, prosesnya lebih panjang. Hasilnya pun berbeda dengan objek awal. Misal, pernah lihat foto Zayn Malik bersama salah satu teman kamu di red carpet? Nggak pernah, kan? Nah, gambar Zayn Malik dan teman kamu bisa dimanipulasi sehingga mereka seakan-akan sedang berjalan di red carpet. Mengerti, kan? Lebih spesifiknya lagi, manipulasi cover itu memiliki cast artis atau orang lain yang merupakan objek utama cover. Contohnya ya itu, Zayn Malik dan teman kamu, Luke Hemmings dengan Mama kamu, foto kamu dan doi, dll. Nggak harus artis sih. Siapa aja yang menurut kamu cocok, itu bisa dijadiin manipulasi cover.
2. Tentukan Type Cover Berdasarkan Genre
Kalian pasti tahu apa genre cerita kalian, kan? Nah, karena kalian udah tahu, maka genre tersebut dapat menjadi patokan bagaimana cara memilih cover yang tepat untuk cerita kalian.
Misal;
• Minimalist --> Teenfiction
• Manipulasi --> Cenderung genre Fanfiction, tapi juga netral untuk semua genre
• Simple --> Semua genreMengapa demikian? Minimalist cover terkesan unyu-unyu, colorfull dan fresh, jadi akan lebih baik untuk genre Teenfict yang sangat mencerminkan remaja.
Manipulasi untuk genre fanfiction karena adanya unsur manipulasi gambar tadi. Tapi cocok juga kok buat semua genre, karena manipulasi itu nggak harus artis/orang, tapi pemandangan dan benda-benda sekitar juga bisa kok :3
Simple untuk semua genre, karena cover simple sangat memungkinkan dan menyediakan hampir seluruh real pict untuk genre apapun.
3. Design Cover ketika Request Cover di Cover Shop
Nah, bagi kalian yang belum bisa membuat cover atau dalam keadaan mager, maka request cover adalah wacana yang tepat untuk kalian. Tapi, mengapa ada covershop yang menolak form request cover yang kalian berikan? Alasannya sih klise, karena kalian terlalu 'muluk' saat mengisi form request cover.
• Jangan pernah mengisi ide/deskripsi cover yang ada dengan embel-embel 'terserah admin', 'maunya ini, maunya itu', 'seperti ini, seperti itu', dll. Karena sejatinya, ide cover itu untuk memberikan inspirasi kepada si pembuat, bukan malah mengekang atau membuat bingung si pembuat cover dengan ide cover kalian. Ingat, imajinasi tidak sesuai dengan kenyataan!
> Minimalist: aku mau ilustrasi cewek yang lagi liat menara eiffle sama pacarnya. Mereka bergandengan tangan. Tapi, ada cewek lain yang liat mereka dari jauh. Nanti si cewek kayak gini, si cowok kayak gitu. Nah nanti mereka kek gini, trus yang liat itu kek gitu. Trus trus trus ... dan nabrak /plak
So, bisakan kalian membayangkan? Bikin ilustrasi juga susah, sayang. Jadi, jangan menambah penderitaan mereka di real life dengan permintaan kamu yang di luar batas kemampuan mereka, mengerti?
> Simple: ada cewek yang lagi duduk di taman pas lagi hujan. Dia menelungkupkan wajah ke tangan gitu. Kalau bisa, tamannya banyak bunga-bunga ala Syahroni--eh, Syahrini. Yang pasti, harus cetar membahana badai halilintar. Nah, nanti ada cowok yang dateng bawain payung. Ekspresi si cowok ini sedih min.
Tahukah kalian, real picture itu terbatas! Nggak semua yang tampak di imajinasi kamu itu bakal ada saat mencari real picture di google. Tapi kalau kalian ingin apa yang ada di imajinasi kalian itu terwujudkan, silakan kalian memotret sendiri sesuai dengan yang ada di benak kalian, lalu berikan pada Cover Maker-nya. Dijamin, pasti diterima kok.
> Manipulasi: Aku pingin cast Shawn Mendes sama Taylor Swift. Shawn itu pake busana ala nerd gitu. Pokoknya dia culun deh. Nah, Taylor-nya itu pake gaun yang terbuat dari daging. Dagingnya masih penuh darah dan harus panjang kek gaun beneran gitu.
Hooo. Sekali lagi, real picture itu terbatas! Ada yang pernah liat foto Shawn yang culun? Oke, mungkin ada. Tapi kalau nggak ada gimana dong? Dan lagi, yang pernah pakai gaun dari daging itu Lady Gaga, bukan Taylor Swift. So, bisakah kalian cari foto mereka dengan spesifikasi seperti itu?
Meski jenis covernya manipulasi, tapi apakah mereka--para Covermaker--adalah Tuhan yang semudah membalikkan telapak tangan, bisa menciptakan sesuatu dengan cepat dan tepat? Enggak, dong.
Okay, mungkin ide cover seperti itu jarang ada. Tapi, ini cuma untuk antisipasi aja sih. Okay, teman-teman?
※ Lalu, gimana sih caranya supaya form kami mudah diterima di Cover Shop yang sering nolak gitu?
Mudah saja sih. Kalian cukup isi ide cover yang ada dengan beberapa hal yang mudah. Misal, warna : warna pastel, benda :cokelat/topi/jaket, cast : nama si artis yang sedang ini atau itu, dll. Ah, Admin rasa kalian lebih mengerti.
Kiss & hugs,
Maa.
AioShio
KAMU SEDANG MEMBACA
FreakbutAwesome : Not A Writing Tips
Non-FictionSeperti judulnya, buku ini berisi tips dalam menulis, beberapa info tentang kepenulisan, dan ... hm ... mungkin juga curcolan gaje/? Tapi, jangan sepenuhnya percaya dan berpatokan kepada isi buku ini ya, karena isi buku ini belum teruji kebenarannya...