[FICTOGEMINO]
Ficto: fiksi.
Gemino: kembar.
Istilahnya, ini fiksi kembar. Mungkin, masih banyak yang belum tahu soal yang satu ini. Nah, berikut sedikit pejelasannya :
Kembar di sini ada pada alur. Jadi, fiksi ini memiliki alur kembar. Pertama, alur bisa dibaca dari paragraf awal sampai akhir. Kedua, alur bisa dibaca dari paragraf akhir ke paragraf awal.
Dengan kata lain, fictogemino adalah fiksi kembar atau cerita yang bisa dibaca dari atas dan dari bawah sebagai dua cerita yang berbeda.
Fiksi jenis ini jelas saja menjadi tantangan baru bagi para pengarang, karena mereka harus bisa menulis cerita yang memiliki dua alur sekaligus dan harus bisa menggunakan bahasa yang mudah dimengerti pembacanya.
Bagi yang penasaran, bisa baca contoh fictogemino singkat di bawah ini :
Nol sudah menjadi Satu, Satu telah hilang.
Gadis yang tidak memiliki apapun kini telah memiliki segalanya.
Semua yang ia mau, semua yang ia dambakan.
Mimpinya telah menjadi kenyataan.
Gadis yang dilihatnya tak lagi dapat bicara.
Tak lagi melihat, mendengar,
bersuara.Dia yang bagaikan Ratu tanpa mahkota.
Satu yang bulat, Nol yang berharap.
Jika sudah selesai membaca, coba bacalah lagi dari baris bawah ke baris atas secara berurutan!
Masih agak bingung? Coba simak contoh lain berikut :
Lenyap, tak berbekas.
Ketika api menyala hebat, membakar perlahan lembar-lembar kertas usang berwarna kuning kecokelatan.
Betha menatap kosong, pikirannya berkelana entah ke mana.
Malam itu, hanya nyanyian jangkrik yang menemani kesendiriannya.
Nah, sama seperti tadi, coba baca lagi dari baris bawah ke baris atas secara berurutan.
Dua fictogemino di atas adalah contoh yang simpel. Contoh yang kedua itu bikinan Sha btw. Maafkan kalau absurd, haha.
Jika kalian semua tertarik, masih banyak fictogemino di luar sana yang bisa kalian baca lewat internet. Walau memang, kalau membaca fictogemino, harus sedikit memutar otak, agar tidak bingung saat membacanya :3
Taktik rahasia untuk menulis fictogemino adalah, tulis setiap paragraf dan dialog secara terpisah. Yah, walaupun jika digabung juga tak menjadi masalah (asal fictogemino buatan kalian bisa dimegerti oleh pembaca)
Rumit? Ah, bagi Sha, ini menyenangkan! Menarik loh, seriusan.
Ada yang mau coba bikin, nggak? Hoho. Silakan berikan contoh fictogemino buatan kalian di kolom komentar!
Masih belum mengerti juga? Jangan malu-malu untuk bertanya :)
Salam,
Sha Hyderia
[Cr : http://viva941.blogspot.com/2015/03/fiksi-kembar.html?m=1 ; Maa ; dan beberapa tambahan dari Sha]
KAMU SEDANG MEMBACA
FreakbutAwesome : Not A Writing Tips
Non-FictionSeperti judulnya, buku ini berisi tips dalam menulis, beberapa info tentang kepenulisan, dan ... hm ... mungkin juga curcolan gaje/? Tapi, jangan sepenuhnya percaya dan berpatokan kepada isi buku ini ya, karena isi buku ini belum teruji kebenarannya...