[Tips & Trik Membuat Puisi]
Selamat sore, Fraws!
Akhir-akhir ini, Sha entah kenapa jatuh cinta sama yang namanya puisi. Biasanya mah, pas ngelihat puisi rasanya biasa aja. Malah sempat heran, "Kenapa sih, pada suka baca puisi?"
Tapi, semenjak duamenjak spongebob warnanya kuning, dan kehadiran Rangga plus Cinta yang bertebaran di timeline, Sha terpana dan terpukau /halah/ sama yang namanya puisi.
Nah, membuat puisi itu juga susah-susah gampang. Lihat deh, sekarang banyak banget kan lomba kepenulisan yang mengambil tema puisi? Semoga tips berikut ini bisa membantu kalian, ya :)
• Langkah pertama
Pilih Tema Yang Diminati.
Agar dapat membuat puisi yang baik, pilihlah tema yang paling kalian minati. Kalian harus menyukai tema tersebut, banyak tahu informasi mengenainya, dan ada rasa senang ketika membicarakannya.
Sebagai contoh, mungkin ada beberapa dari kalian yang senang dengan tema cinta. Dari tema cinta kita dapat memilih sub-tema lainnya, seperti sedih, bahagia, kesetiaan, sakit hati, pengorbanan, dan hal-hal yang berhubungan dengan cinta.
Carilah yang paling kalian kuasai; misalnya tentang rindu.
Jika kalian pandai mengungkapkan berbagai hal mengenai kerinduan, maka itulah tema yang paling pas untuk kalian jadikan puisi.
Loh, min, kalau misalnya disuruh bikin puisi dengan tema yang gak dikuasai, gimana dong?
Wesh, kalau gitu mah, coba untuk menguasai aja! Cari informasi seputar tema yang harus diangkat, telusuri berbagai macam hal mengenai tema tersebut, dan coba untuk membiasakan diri dengannya. Masih gak bisa? Tenang, banyak berlatih akan membuat kalian terbiasa :)
• Langkah kedua
Memilih Kata Yang Tepat.
Temukan dan gunakan kata-kata yang tepat. Penggunaan kata bisa dilatih. Jika kalian tekun berlatih, pemilihan kata bukan lagi sebuah halangan.
Banyak orang yang merasa tidak cukup mampu membuat puisi yang indah hanya karena ia tidak bisa menemukan kata yang benar untuk puisinya.
Untuk mengatasi hal itu, gunakan teknik konversi: yaitu membuat berbagai versi dari kalimat yang Anda buat.Sebagai contoh, kita buat kalimat lain dari "Aku mencintaimu."
Inilah beberapa versi lain dari kalimat tersebut.
» Rasa ini mengebu, ingin segera bertemu pemiliknya: yaitu kamu.
» Ketika kautawan cintaku,
hatiku hanya dapat berpaut padamu.» Jiwamu menyentuh jiwaku. Seolah tercipta memang untuk menjadi satu.
Makna dari berbagai kalimat di atas sebenarnya sama, yakni: "Aku mencintaimu."
• Langkah ketiga
Membangun suasana.
Langkah berikutnya dalam membuat puisi yang baik, benar, dan indah adalah dengan membangun suasana.
Membuat suasana yang sesuai dapat menjadi nilai lebih dalam sebuah puisi. Caranya bisa dengan menggunakan kata teknik sinonim, metafora dan deskriptif.
Teknik sinonim yaitu dengan menemukan dan menggunakan kata-kata yang semakna. Misalnya kata bahagia bisa juga bermakna senang, riang, gembira, cerah, dan sebagainya.
Metafora yaitu dengan menyamakan kata "bahagia" dengan fenomena alam, misalnya musim bersemi, bunga-bunga mekar, wangi, cahaya cerah matahari, ataupun rembulan purnama.
Sedangkan deskriptif yaitu dengan menggambarkan atau mendefinisikan suasana yang kita ingin buat. Sehingga menampilkan kesan atas apa yang ingin disampaikan.
• Langkah keempat
Penuhi dengan perasaan.
Ini mungkin bakal terdengar basi sekali, tapi memang, puisi yang baik adalah puisi yang memberikan sebuah kesan tersendiri kepada pembacanya.
Kesan dalam puisi terbentuk oleh perasaan para penulisnya.
Ada semacam telepati antara penyair dan pembaca. Yaitu mereka pembaca dapat merasakan apa kondisi kejiwaan si pembuat puisi tadi.Maka dari itu, cobalah menulis puisi dengan serius. Bukan hanya memadukan kata-kata indah namun tak bermakna.
Ah, Sha punya satu contoh puisi keren karangan Aan Mansyur, nih. Puisi ini juga termasuk salah satu puisi yang dibacakan di fil AADC 2. Angkat tangan deh, siapa yang suka sama puisi ini?
*angkat tangan paling tinggi*
[Batas © Aan Mansyur]
Semua perihal diciptakan sebagai batas
Membelah sesuatu dari sesuatu yang lain
Hari ini membelah, membatasi besok dan kemarin
Besok batas hari ini dan lusaJalan-jalan memisahkan deretan toko dan perpustakaan kota, bilik penjara, dan kantor wali kota, juga rumahku dan seluruh tempat di mana pernah ada kita
Bandara dan udara memisahkan New York dan Jakarta
Resah di dadamu dan rahasia yang menanti di jantung puisi dipisahkan kataBegitu pula rindu
Antara pulau dan seorang petualang yang gila
Seperti penjahat dan kebaikan dihalang ruang dan undang-undangSeorang ayah membelah anak dari ibunya dan sebaliknya
Atau senyummu, dinding di antara aku dan ketidakwarasan
Persis segelas kopi tanpa gula pejamkan mimpi dari tidurApa kabar hari ini?
Lihat tanda tanya itu
Jurang antara kebodohan dan keinginanku memilikimu sekali lagi-----
Sip, itulah beberapa teknik dan cara membuat puisi yang baik. Semoga post kali ini dapat memberi manfaat untuk kalian, ya!
Terima kasih sudah membaca! Tinggalkan kesan dan pesan jika tak keberatan, ya :3
Salam,
Sha Hyderia
[Cr : http://microgist.blogspot.com/2015/02/cara-membuat-puisi-yang-baik-benar-indah.html?m=1 dan beberapa tambahan dari Sha]
KAMU SEDANG MEMBACA
FreakbutAwesome : Not A Writing Tips
Non-FictionSeperti judulnya, buku ini berisi tips dalam menulis, beberapa info tentang kepenulisan, dan ... hm ... mungkin juga curcolan gaje/? Tapi, jangan sepenuhnya percaya dan berpatokan kepada isi buku ini ya, karena isi buku ini belum teruji kebenarannya...