[10 Kata Cantik yang Akan Membuat Ceritamu Lebih Menarik!]
(PART 1)
Halohaaa! Selamat siang para Fraws tercinta :)
Bagi kalian yang sebagian besar penulis, pasti suka deh bolak-balik kamus atau searching di gugel buat nyari kata cantik bin unik nan ciamik /?
Nah, sekarang gak perlu susah-susah! Sha udah nyediain beberapa kata cantik, berserta contoh kalimatnya. Psst, ada satu atau dua yang belum termasuk dalam KBBI, sih. Tapi--ah! Langsung aja deh,
1. Dialektika
Adalah penalaran dengan dialog sebagai cara untuk menyelidiki suatu masalah.
Contoh kalimat:
Jangan cuma kerja-kerja, saja! Kerja harus berdialektika dengan ilmu agar hasilnya maksimal!
2. Distorsi
Adalah perubahan atau penyimpangan pada suatu hal.
Contoh kalimat:
Untuk memperoleh keuntungan pribadi, tidak jarang orang melakukan distorsi terhadap fakta yang ada. Tak peduli akan dosa yang pasti menimpanya.
3. Enigma
Adalah orang atau sesuatu yang merupakan teka-teki.
Contoh kalimat:
Pernyataan Sarimin menimbulkan enigma bagi masyarakat yang mendengarnya.
4. Paradigma
Adalah cara berfikir.
Contoh kalimat:
Kita harus mengubah paradigma kita. Sesungguhnya, belajar tidak harus di pendidikan formal. Monyet saja bisa memanjat pohon tanpa mempelajari hal tersebut di sekolah.
5. Candala
Adalah rasa rendah diri
Contoh kalimat :
Ratna Si Candala itu memang
selalu menyendiri. Padahal parasnya cantik bukan main.6. Mudita
Adalah perasaan bahagia ketika melihat kebahagiaan orang lain.
Contoh kalimat :
Rian memang masih memendam rasa pada Siska. Namun, ketika gadis pujaannya itu tersenyum di hadapan pemuda lain, Rian tetap mudita. Baginya, kebahagiaan gadis itu adalah segala.
7. Eunoia
Adalah pemikiran yang indah, atau pemikiran yang baik.
Contoh kalimat :
Hari ini, Tania kehilangan gelang perak kesayangannya. Teman-teman Tania yakin, bahwa pelakunya adalah Rima, teman sebangku Tania. Namun, eunoia tak pernah lepas dari Tania. Dia yakin, Rima bukanlah pelakunya.
8. Halai-balai
Adalah kata lain untuk kusut, tidak karuan, terlantar, dan sejenisnya.
Contoh kalimat :
Fifi frustasi, gadis tanggung dengan rambut sepunggung itu melempar kesal benang jahitnya. Membuat benang tersebut halai-balai di atas lantai.
9. Panasea
Adalah obat bagi semua penyakit atau kesulitan.
Contoh kalimat :
Tamparan di pipi Bayu itu terasa sakit dan berdenyut tak karuan. Namun, sebuah pelukan yang diberi Siti, sudah cukup menjadi panasea baginya.
10. Kulacino
Adalah bekas air di meja akibat gelas dingin/basah.
Contoh kalimat :
Ayah mengangkat gelas berisi es kelapa mudanya dari atas meja, meninggalkan kulacino yang tercetak jelas di permukaan meja berlapis kaca.
Gimana? Udah ada beberapa yang dicatat belum? Haha. Rencananya, kapan-kapan Sha mau post yang beginian lagi, mau gak?
Btw, maafkan kalau ada salah-salah kata. Bagi yang liat typo dan semacamnya, silakan berkomentar ya. Jangan biarkan teman kita yang lain pada tersesat :v
Sip, sampai jumpa lagi!
Sering-sering pantengin TL kita ya, Fraws!
Salam Unyu,
Sha Hyderia
[Cr : http://blog.ryanmintaraga.com/19-frasa-bahasa-indonesia-yang-mungkin-belum-pernah-kita-dengar/ dan beberapa tambahan dari Sha]
KAMU SEDANG MEMBACA
FreakbutAwesome : Not A Writing Tips
Non-FictionSeperti judulnya, buku ini berisi tips dalam menulis, beberapa info tentang kepenulisan, dan ... hm ... mungkin juga curcolan gaje/? Tapi, jangan sepenuhnya percaya dan berpatokan kepada isi buku ini ya, karena isi buku ini belum teruji kebenarannya...