[#1] Masalah yang Biasa Menyebabkan Cerita Berhenti di Tengah Jalan

4.4K 522 66
                                    

[Masalah yang Biasa Menyebabkan Cerita Berhenti di Tengah Jalan beserta Cara untuk Menanganinya]

(Part 1)

Req by : CHH

Pernah mengalami writers block? Yah, Sha rasa, semua penulis pasti pernah mengalami penyakit wajib yang satu ini /soktau

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Pernah mengalami writers block? Yah, Sha rasa, semua penulis pasti pernah mengalami penyakit wajib yang satu ini /soktau

Sha bakalan memaparkan hal-hal yang biasanya menyebabkan cerita kita berhenti di tengah jalan tersebut. Tentu saja, Sha juga menyediakan tips-tips jitu untuk mengatasinya (sha kan baik gitu)

Nah, yang manakah masalahmu?

1. Selalu berpikir bahwa menulis adalah pekerjaan sulit.

Jika sejak awal kamu sudah beranggapan bahwa menulis adalah pekerjaan sulit, hal ini bisa menjadi energi negatif yang akan membuat dirimu tersugesti untuk tidak berhasil.

Coba cara berpikir seperti itu diubah dan diganti dengan cara pandang bahwa menulis itu mudah.

Jika hal ini dilakukan, maka energi positif akan hadir, sehingga bisa membuat kamu tersugesti untuk berhasil /assek

Dampaknya sangat dahsyat, tanpa disadari, berbagai ide kreatif akan mengalir ke otak, dan jari-jari tangan akan lancar membuat
sebuah tulisan. Semakin sering menulis, maka tulisan kamu pun akan semakin baik dan berbobot.

Cepat atau lambat, karya tulismu akan dihargai oleh orang lain :)

2. Malas, tidak mood dan suka menunda-nunda pekerjaan.

Kebiasaan malas dan sering menunda-nunda pekerjaan adalah penyakit yang harus segera diberantas.

Ada pepatah yang berbunyi, "Orang malas lebih buruk daripada orang bodoh. Orang bodoh bisa diajari, orang malas hanya dia yang bisa mengatasinya."

Oleh sebab itu, kepada orang malas, cara mengatasinya yaitu dengan cara memberi motivasi atau memaksa.

Tanpa motivasi maka tidak mungkin seseorang mau melakukan sesuatu secara maksimal, konsisten dan berkesinambungan.

3. Tidak Tahu Kelanjutan Ceritanya Sendiri

Kamu tidak tahu bagaimana kisah selanjutnya dari ceritamu sendiri?

Maka masalahnya ada dalam perencanaan novelmu. Kemungkinan besar kamu melewatkan bagian Plotting Novel.

Apa kamu sudah memastikan bahwa kamu telah merencanakan semua bagian
novelmu dengan baik?

Intro, pembukaan, perkenalan, konflik? Atau karakternya?

Jika sudah, berarti ini bukan masalahmu yang sebenarnya.

Mungkin masalahmu adalah cara merangkai ceritanya menjadi satu. Untuk menghindari atau mengatasi masalah seperti ini, maka kamu harus memulai perencanaan.

FreakbutAwesome : Not A Writing TipsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang