5 tahun kemudian..
Massachusetts Institute of Technology's Great Dome, 13.30 pm
Ribuan orang yang memakai regalia[1] berjalan beriringan keluar pintu utama Great Dome Buiding MIT. Sebagian besar wajah mereka berhiaskan senyum bahagia walau peluh membasahi tubuh mereka karena dibalik regalia yang mereka kenakan, terdapat setelan jas dan gaun terbaik yang mereka persiapkan untuk seremoni pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di kampus no.1 terbaik di dunia ini. Ya, orang-orang itu adalah wisudawan dan wisudawati MIT yang baru saja resmi menanggalkan gelar mahasiswa. Dan Jaehyun adalah salah satu diantara mereka.
Jaehyun yang tahun ini telah berusia 24 tahun, berhasil menyelesaikan kuliah tepat waktu selama 4 tahun di jurusan Teknik Mesin MIT. Mungkin normalnya, seharusnya ia sudah lulus kuliah sejak setahun yang lalu bersamaan dengan rekan-rekan yang satu angkatan dengannya di SMA, namun karena ia sempat mengikuti program AFS selama setahun, membuat ia harus mengulang tahun terakhirnya di SMA. Namun berkat program AFS itu pula lah Jaehyun dapat berkuliah di MIT.
"So, what's your plan after this?" tanya Matt, teman dekat Jaehyun yang satu jurusan dengannya.
"I'm just looking for a job as a System Engineer or PLC Design Engineer" jawab Jaehyun.
"In Korea?" tanya Matt. Jaehyun mengangguk.
"How 'bout you Ben?" tanya Matt lagi pada Ben, salah satu teman mereka.
"Ooohh, i'm not sure but i'm open to suggestions. I'm still deciding" jawab Ben.
"And you? Microsoft or Ford?" tanya Jaehyun pada Matt.
"I'm just going to enjoy my summer , and maybe getting married?" jawab Matt yang langsung disambut gelak tawa Jaehyun dan Ben.
Sebenarnya, walaupun terkesan santai, Matt dan Ben telah diterima di beberapa perusahaan besar dunia. Matt bahkan telah diterima bekerja di Microsoft dan Ford, hanya saja dia masih bingung memutuskan akan mengambil yang mana. Sedangkan Ben, dia bingung antara melanjutkan S2 atau bekerja. Ben telah diterima di Cornell University sedangkan ia juga diterima di Boeing. Lalu Jaehyun? Sebelum wisuda ia sempat mengikuti seleksi staff engineer di Apple dan ia diterima bekerja disana. Namun sepertinya Jaehyun tidak akan mengambilnya karena ia lebih memilih untuk kembali ke Korea Selatan.
Kesimpulannya, hampir seluruh alumnus MIT merupakan lulusan-lulusan yang dicari oleh perusahaan kaliber dunia, seperti Boeing, SpaceX, Tesla, Ford, Apple, Microsoft, Google, dsb.
.
.
.
Jaehyun membuka pintu rumah kontrakannya. Ia baru saja pulang dari makan siang dan foto kelulusan bersama kedua orangtuanya yang memang sengaja menyempatkan datang untuk menghadiri prosesi wisudanya.
"Kau baru pulang? Dimana orangtua mu?" tanya Seo Youngho atau Johnny yang sedang rebahan di sofa depan televisi.
Johnny adalah salah satu teman serumah Jaehyun selama di Massachusetts. Johnny merupakan keturunan Korea-Amerika dan dia adalah mahasiswa MIT jurusan Ilmu Komputer yang sama-sama baru di wisuda hari ini. Sebenarnya usia Johnny dua tahun lebih tua dari Jaehyun, namun dia baru menyelesaikan kuliah setelah 7 tahun. Entah karena dia memang betah berlama-lama di kampus MIT atau karena dia yang sering bolos dan mengulang mata kuliah.
"Ayah dan ibuku sudah kembali ke hotel, lusa mereka kembali ke Seoul. Dimana Jungwoo?" tanya Jaehyun.
"Dia baru pulang sekitar 15 menit yang lalu dan langsung tidur. Sepertinya kecapekan sekali. Kalau kau kapan akan kembali ke Seoul ?" tanya Johnny.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Prince and The Princess | Jaehyun x Chaeyeon
Fanfiction[COMPLETED] Bagaimana jadinya apabila Jung Chaeyeon si cantik yang mendapat julukan "Putri" di sekolahnya jatuh cinta pada Jung Jaehyun si charming yang mendapat julukan "Pangeran" di sekolah? Masalahnya, sifat keduanya sangat jauh berbeda bagai la...