Assalamu'alaikum.
Teman-teman, kita mulai ya materinya.
Buat yang lagi senggang bisa langsung disimak note yang sudah She posting. Buat yang lagi ada kegiatan bisa dibaca nanti aja pas suduah senggang.Materinya tentang hubungan linguistik dan puisi.
Teman-teman, malam ini kita akan diskusi tentang hubungan antara linguistik dengan puisi. Sebelumnya saya mau sharing terlebih dahulu sekilas tentang apa itu linguistik.
Linguistik adalah ilmu bahasa; atau ilmu yang menjadikan bahasa sebagai obyek kajiannya; atau telaah ilmiah mengenai bahasa manusia.
Manusia dan bahasa adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dalam kehidupan sehari-hari, sebagai manusia tentunya kita selalu menggunakan bahasa, entah itu bahasa verbal maupun nonverbal.
Kita menggunakan bahasa untuk berhubungan dengan orang lain, seperti keluarga, sahabat, guru, rekan kerja, orang asing yang duduk di sebelah kita waktu di kereta, mbak penjual warteg, abang tukang somay, tukang parkir dengan bahasa gerak tubuhnya, dll. Itu semua karena manusia adalah makhluk sosial, dan sebagai makhluk sosial, manusia antara satu dengan yang lain membutuhkan alat komunikasi, yakni bahasa.
Jadi bisa dibilang, salah satu manfaat belajar bahasa/linguistik adalah belajar mempermudah proses komunikasi kita dalam kehidupan sehari-hari, agar mudah memahami dan dipahami, dan akhirnya saling memahami.
Semua pekerjaan apa pun bidangnya juga membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik. Guru waktu menyampaikan pelajaran, dokter waktu berbicara dengan pasien dan keluarganya, bos/manajer dengan karyawannya, orang-orang yang bekerja di bidang marketing/promosi, pedagang, menteri, presiden, dll.
Apa pun pekerjaan kita akan menjadi lebih mudah kalau kita mempunyai kemampuan berbahasa dan komunikasi yang baik. Sebaliknya, semakin buruk kemampuan komunikasi kita pekerjaan kita cenderung lebih sulit. Kita sering melihat bagaimana terjadi kesalahpahaman antar rekan kerja karena komunikasi yang buruk.
Oleh karena itu penting sekali bagi kita belajar bahasa untuk kehidupan kita sehari-hari.
Pengaplikasian belajar ilmu bahasa/linguistik dalam kehidupan sehari-hari adalah dalam hal komunikasi.
Sehingga memudahkan kita utk menjalankan kehidupan sosial kita.Lalu, apa kaitannya linguistik dengan puisi?
Bahasan tentang itu ada di note yang She posting di grup ya, teman-teman.
Selamat membaca 😊.Kalau ada pertanyaan silakan. Saya coba cari jawabannya sebisa saya.
Yang barusan saya share di ruang obrolan cuma kata pengantar aja ya teman-teman.
Intinya ada di materi.💐🌿💐🌿💐🌿💐🌿💐🌿💐🌿💐🌿💐🌿💐
Sesi tanya jawab:
___________________Q: Beda asonansi dan aliterasi apa sih?
*Maaf ott*A: Asonansi itu rima yang merupakan persamaan bunyi vokal (a i u e o) dalam puisi.
Contohnya: tatkala jendela menyala
3 kata itu punya bunyi akhiran yang sama, Ga.Kalau aliterasi adalah rima yang merupakan persamaan bunyi konsonan dalam puisi.
Contohnya: puisi Amir Hamzah, Padamu Jua.
"Kaulah kandil kemerlap,
pelita jendela di malam gelap"
Pada kutipan itu ada 3 bunyi /k/ yang berjajar. (K)aulah (k)andil (k)emerlap.Adanya asonansi dan aliterasi itu membuat bentuk pengucapan puisi menjadi lebih enak saat dibaca/diucapkan.
Q: Morfologi di sini macam mengetahui bentuk atau susunan kata? Macam morfologi tumbuhan gitu?
A: Istilah morfologi dalam linguistik memang meminjam dari istilah sains @K8 | a_lint
Q: Asonansi bisa diumpamakan mengambil istilah resonansi?
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Dan Kelas Belajar GBSpirit
Non-FictionKumpulan materi puisi dan hasil diskusi di kelas. Semoga bermanfaat. Salam #spiritpuitik Cover by: eruchi_chan