Kelas Diskusi: Pantun dan Syair

154 9 1
                                    

Pemateri           : bli_aryo

Moderator        : ula_ulaop159

Hari / Tanggal : Selasa / 11 September 2018

Waktu               : 13.00 wib

______________________________________________


Assalamu'alaikum.

Sebelumnya, saya izin memperkenalkan diri yang lebih valid. 😁😁
Perkenalkan, saya Aryo Tampaksiring.
Saya bertempat tinggal di Purwokerto-Jateng, berasal dari Jakarta, berketurunan Jawa-Melayu-Betawi.
Saya lebih sering menggunakan nama pena saya sejak 4tahun silam, yaitu Bli Aryo.
Sementara Bli Chan adalah nickname di game saja.
Untuk keakraban, panggil Bli saja sudah cukup memberikan sebentuk hormat ke saya, tanpa perlu pakai Kak, Mas, Bang, Om, dll.
Sebab, "Bli" punya makna yang sama. Atau secara tidak langsung, saya sudah memposisikan diri saya untuk sedikit lebih tua. 😁😁

Saya suka puisi sejak sd, kala pertama kali mendapat tugas untuk lomba mewakili sd tk.kecamatan membaca puisi.
Waktu itu saya diminta membawakan puisi karya Chairil Anwar.

Sebelumnya saya minta maaf, kayaknya ini kali pertama ada forum diskusi di siang hari.
Ini karena kebijakan She, yang ada kaitannya dengan saya.
Sebab, kondisi saya saat ini kurang sehat, akibat vertigo yang saya rasakan, saya sudah tidak bisa berlarut malam lagi.
Silahkan kepada moderator untuk menyesuaikan acara ini agar berjalan dengan lancar.

Moderator (Kei): Baik Bli, terima kasih.
Sebelumnya terima kasih Bli, karena sudah berkenan memperkenalkan diri.

Bli Aryo: Baik, terima kasih Kei, selaku moderator. Atas kesempatan baik ini.
Sebelum saya sedikit menyinggung mengenai materi pantun dan syair, izinkan saya bertanya..
Di mana teman2 pernah menjumpai pantun dan syair? Atau sejauh apa pemahaman mengenai pantun dan syair menurut teman2?

Dimas: Untuk pantun sering berjumpa di buku sekolah sama di TV, Bli.

Rahmatul Maulidar: Belajar pantun cuman masa SMA dulu, Bli. Sekarang nggak pernah jumpa, apalagi belajar huhu.

Hilda: Pantun sering saya temui di buku sekolah dan game balas pantun.

Mbenk: Sering ada di acara lenong

Dimas: Acara Pesbukers.

Moderator (Kei) : Di TV, Bli, sama lks bahasa Indonesia pas SMA.

Bli Aryo: Ok, mungkin secara global demikian yaa... Tidak jauh2 dari sekolah, acara tv, dll.
Jadi, sesuai dengan apa yang tertulis di materi mengenai "Pantun dan Syair", secara definitif "Pantun dan Syair" merupakan bentuk puisi lama.
Di mana, pantun sampai saat ini masih sangat sering dijumpai.
Sementara syair, menurut perspektif saya, lebih banyak digunakan pada lagu.
Karena syair juga memiliki arti yang sama yaitu Puisi, yang mana dewasa ini puisi sudah banyak memiliki cabang atau ragam bentuk puisi lainnya.

Yang perlu menjadi perhatian, bahwa puisi lama adalah bentuk karya sastra yang taat aturan.
Amat sangat taat aturan, kalau boleh saya pertegas.
Pantun dengan rimanya a-b-a-b, lalu syair dengan rima a-a-a-a.

Keduanya mengedepankan rima sebagai sebuah ciri dari karya sastra tsb.
Walaupun, syair menjadi yang utama untuk soal rima.
Mengenai pantun saya tidak akan memberikan penjelasan panjang lebar, toh sudah cukup banyak contohnya.
Pantun hanya fokus pada penekanan larik ke 3 dan ke 4 sebagai isi.

Materi Dan Kelas Belajar GBSpiritTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang