Tolong sampaikan kepada "dia" "mereka" dan yang lainnya.Oke maaf kali ini saya tidak membahas tentang penggalan kisah saya. Melainkan mengutarakan uneg-uneg, dan minta tolong kepada semuanya yang mampir dan baca lapak saya ini.
Jujur saya bingung, nggak tau harus bahas ini sama siapa. Beberapa waktu lalu saya dm salah satu author di wattpad juga yang cukup banyak dikenal dan minta tolong buat bahas ini di lapaknya. Tapi sepertinya dia tidak mau. Jadi saya bahas di lapak saya aja.
Oke kita mulai aja.
Saya memang masih baru di dunia Wattpad, baru banget malah, dan terbilang nekad juga baru kenal wattpad dua minggu terus langsung nulis cerita.
Tapi seiring berjalannya waktu saya terus belajar dan memperbaiki cerita yang saya tulis. Banyak membaca dan bersosialisasi dengan yang lainnya juga.
Dan,
Cukup banyak akun-akun non-fic atau random yang membahas banyak hal mengenai wattpad atau para penghuninya. Dari ajakan, bahasa yang halus, peringatan, pemberitahuan, sindiran, nyinyir-nyinyir tersembunyi, atau secara blak-blakan, dan masih banyak yang lainnya. Dan saya juga cukup banyak baca itu semua.
Tapi...
Tapi gaes.. dari sekian banyak akun begitu-begituan hanya sebagian yang memberi contoh, dan solusi.
Nah disini saya ingin sekali kasih saran, alangkah baiknya lapak-lapak mereka itu enggak cuma digunakan untuk kompanye, atau berkoar-koar nyindir orang. Tapi coba kasih tau solusinya.
Semisal gini.
Kan banyak penulis salah genre, banyak penulis yang ceritanya mengandung unsur porn atau yang dilarang, dan tidak sesuai dengan pedoman ketentuan di wattpad.
Dan "kalian" atau "mereka" hanya berkoar-koar bahwa itu salah, itu melanggar, begini begitu, menyindir dan sebagainya. Tapi tanpa menyertakan solusinya.
Coba setelah berkoar-koar seperti itu sertakan akun atau salah satu alasan kenapa "kamu" berkoar-koar. Tag akun tersebut, kasih tau.
Nih kamu baca ini, infonya lebih lanjut, agar kamu tau letak kesalahan kamu. Gituin napa.
Uhh maaf jadi kebawa emosi, geregetan atuh da.
Contoh salah satu akun yang saya suka dan saya jadi lebih tau banyak hal, baper-ing nah disana enggak cuma berkompanye anti porn tapi dikasih tau juga akun yang membahas lebih detail tentang yang ia kompanyekan.
Jadi kan kita yang membaca juga bisa tau. Dan membacanya juga, trus bilang oh. Dan kalau sudah bilang oh. Berarti sudah mengerti.
Sebenernya ada beberapa akun-akun yang lain juga yang memberitahu seperti itu. Tapi maaf saya lupa dan tidak dapat tag satu persatu.
Dan saya baru-baru ini baca juga soal pedoman dan ketentuan umum di wattpad.
Emmh apa ya judulnya yang bener? Intinya soal aturan-aturan di wattpad deh. Dan disitu juga saya dapet banyak pelajaran dan pengetahuan, dari situ juga saya baru menyadari beberapa penyebab para penulis yang menyimpang atau melanggar aturan dan salah-salah deh.
Saya menyimpulkan bahwa sebagian dari mereka itu karena ketidak tahuannya. Beda lagi ya sama orang-orang yang udah tau tapi pura-pura nggak tau. Itu hanya orang-orang bodoh jangan ditiru.
Contoh, saya deh.
Awal menulis dan menentukan genre apa yang akan saya pakai. saya cari tau info dulu tentang genre itu. Jadi biar nggak salah genre.
Saat saya ingin menulis beberapa adegan romance pun saya cari tahu dulu apa itu layak di publikasikan atau tidak, bahkan saya bertanya kepada beberapa orang yang lebih berpengalaman agar tidak salah dan menyesal nantinya.
Tapi gaes..
Enggak semua penulis seperti saya. Mencari tahu terlebih dahulu. Berani bertanya.
Kadang para penulis atau reader hanya membaca dan udah.
Jadi makanya dari itu. Saya sarankan kepada anda sekalian yang memiki lapak-lapak yang isinya suka nyindir, atau geregetan sama orang-orang yang melakukan kesalahan, dan menyimpang. Coba sertakan juga contoh, dan solusinya.
Btw saya seperti ini setelah membaca indonesia disana terdapat informasi umum wattpad. Dan isinya cukup lengkap bagi saya. Dan mudah dipahami, penjelasnnya juga.
Maaf bukannya so tau atau menggurui. Mari kita saling mengingatkan dan belajar bersama. Agar lebih baik kedepannya, dan semoga apa yang kita tulis bisa lebih berfaedah.
[※]
KAMU SEDANG MEMBACA
Story Of My Life
Non-FictionIni adalah sebuah penggalan cerita dibalik kisah nyata yang aku alami disetiap hari, di masa lalu dan masa sekarang di setiap kejadian menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, memalukan, menyebalkan, dan masih banyak lagi. Mengenang, dan berbagi peng...