| @halma.id | 29/100
(!) Oops (!)
Hati hati untuk kamu yang sudah berpenampilan syar'i terlebih dulu dari orang-orang di sekitarmu.
Jangan kau pandang sinis mereka yang “terlihat” belum syar'i, karena kita tidak tahu hidayah Allah bisa saja datang kepadanya seminggu kemudian, lusa, atau bahkan esok harinya.
Pun, kita tidak tahu apakah kita bisa terus istiqomah sampai akhir hayat kita atau tidak.
.
Bisa jadi, dengan tingkat keimanan mereka saat itu, kesanggupan mereka dlm melaksanakan perintah Allah memang baru sampai pada tahap itu.
.
Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Apa yang aku larang hendaklah kalian menjauhinya, dan apa yang aku perintahkan maka lakukanlah semampu kalian. Sesungguhnya binasanya orang-orang sebelum kalian adalah karena mereka banyak bertanya dan karena penentangan mereka terhadap para nabi mereka” (HR. Bukhari dan Muslim)
.
- - -
.
Artinya,
Dalam melaksanakan perintah Allah, lakukanlah sesanggupnya kita. Kalau bisa, tingkatkan terus.
.
Bukan berarti kita lantas jadi malas, atau misalnya berpikir, “ah yasudahlah saya gausah tahajud, saya kan nggak sanggup bangun malam”. Tapi, tentunya.. kalau kita terus berusaha meningkatkan iman kita dengan memperdalam ilmu, sudah pasti kita akan lebih memilih untuk berusaha menyanggupi perintah-perintah Allah secara lebih sempurna, kan?
.
((Lain hal jika perintah tersebut disertai ancaman jika tidak dilakukan (wajib) atau yang sifatnya larangan))
.
- - -
Balik lagi,,
Teruntuk kamu yang seringkali terbesit di hatinya sifat ujub kepada teman di sekitarmu, coba renungkan.
.
Daripada bersikap merendahkan, lebih baik doakan mereka. Karena Allah-lah Sang pemberi hidayah.
.
Saling merangkul dan mengingatkan sesama muslimin dan muslimah tentu lebih baik, namun jangan lupa, lakukan sebatas kapasitasmu saja ya^^ jangan penuh paksaan, apalagi sampai mengkafir-kafirkan.
.
Ajarkanlah mereka akhlak Islam dengan kesantunanmu, bukan dengan sindiran yang menyakitkan.
Perlahan lahan, sembari doa.. insya Allah berhasil ;)
.
[Halma.id]
.
Kontribusi oleh @halma.id
#duniajilbab