Saya menanggapi Taaruf itu sederhana. Banyak yang bilang kalau Taaruf itu;
1. Seperti beli kucing dalam karung
2. Masak iya sih bisa langgeng segala mcm, orang pacaran bertahun2 aja bisa cerai dan sbgainya.
.
Logikanya begini; apakah kita percaya adanya surga dan neraka? Lalu kita hindari perbuatan dosa dan berbuat baik untuk mendapati surga dan terhindar dari neraka tersebut bukan? Karena apa? Karena kita percaya adanya surga dan neraka dari Al-Quran. Kok bisa percaya? Kan blm pernah liat langsung surga dan nerakanya? .
.
Nah, begitu juga dengan Taaruf. Itu kan perintah Allah, aturan Allah yang jika kita taati maka akan berbuah manis dunia juga akhirat. Lalu kenapa kita tidak percaya bahwa Taaruf adalah cara terbaik untuk sebuah pernikahan? Padahal antara “surga neraka” dengan “kebahagiaan keluarga lewat jalan Taaruf” sama-sama belum kita jumpai, artinya hanya butuh kita percaya lalu lihat hasilnya.
.
Logikanya kalau kita beriman bahwa neraka surga itu ada, seharusnya kita juga beriman menikah dengan jalan Taaruf adalah menikah cara terbaik yang berbuah hasil terbaik, karena keduanya sama-sama janji Allah. .
Lalu kita bertanya, bagaiman blm saling kenal kok menikah? Yang pcran bertahun2 saja msh bnyak yg cerai sgla mcm? Ya percaya aja kenapa sih. Kok kayak ngeraguin Tuhan? Tuhanmu bilang begitu ya ikutin aja. Udah percaya aja. Buktinya jaman dulu yang menikah tanpa pcran (dijodohkan) langgeng-langgeng aja dan skrg jaman pacaran malah bnyak yang cerai nikah cerai nikah.
.
Coba kita tanya ke diri kita “selama pacaran apa yang kita dapat? Dosa pasti ya walaupun gk ngapa2in minimal dapat dosa karena "melanggar aturan agama yang gk ngebolehin pacaran”. Trus apa lagi? Bahagia? Yakin bahagia terus? Atau jangan2 banyak galaunya dan ngabisin wktu? Itupun kalau jodoh, kalau enggak? Cari lain? Yah kayak barang dong diganti sana sini. Memang hanya dengan mengikuti syariat Islam manusia akan dimuliakan.
Kita manusia memang tabiatnya menempatkan logika lebih condong untuk mengarah berlawanan dengan syariat ketimbang memakai logika untuk umemperkuat iman dalam mentaati syariat agama.
.
Jadi mari Taaruf dan tinggalkan pacaran :D
@menulisdalamdiam
#duniajilbab