"Well, itu tadi lagu pembuka malam kita hari ini dari Monsta X - Lost In Dream. So, Kihyun! Sebelum kita mulai ke penelpon pertama, katanya lo ada info buat dikasih tahu nih, apakah itu?"
"Oke, jadi info buat hari ini adalah soal Nyai Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul. Lo tahu gak sih, Hyuk? Menurut lo Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul itu satu orang yang sama atau dua orang yang berbeda?"
"Satu orang yang sama lah, Ki! Menurut gua keduanya sama cuma kan orang orang aja manggilnya beda. Ada yang manggil Nyai Roro Kidul, ada juga yang manggil Kanjeng Ratu Kidul! Kayak misal ada yang manggil Lo Kiki dan ada juga yang manggil lo Yooki."
"Oh, no no no! This time you got it wrong, Hyuk!"
"Really?"
"Yap, well, seperti yang selama ini kita tahu Nyai Roro Kidul itu adalah sesosok roh atau dewi legendaris Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat pulau Jawa dan Bali.
Tokoh ini dikenal sebagai Ratu Laut Selatan dan kebanyakan secara umum disamakan dengan tokoh Kanjeng Ratu Kidul.
Padahaaaal, keduanya berbeda."
"Wow!"
"Lo mau tahu nggak bedanya dimana, Hyuk? Kalian mau tahu nggak, listeners?"
"Mau tahu dong, Ki!"
"Jadi gini listeners, nama Nyai Roro Kidul yang memang berasal dari ejaan sebenarnya dari tulisan serai Babad Tanah Jawi. Nah buat yang orang Jawa, coba deh lo pada tanya ke orang tua lo pada, punya nggak buku Babad Tanah Jawi, biar bisa lo cek secara langsung kebenerannya."
"Oke jadi kelanjutannya gimana Ki? Kenapa sampe kita mikirnya dua nama itu punya satu orang?"
"Nah menurut perbedaan persepsi yang meluas keduanya itu berbeda. Sebenernya Nyai Roro Kidul itu seorang patih. Bukan ratu seperti yang selama ini kita kira, sedangkan Kanjeng Ratu Kidul itu baru deh Ratunya."
"Jadi maksudnya Nyai Roro Kidul itu Patihnya Kanjeng Ratu Kidul? Gitu, Ki?"
"Yap, beda soal ejaan nama Nyai Roro Kidul yang dibahas di buku Babad Tanah Jawi, kalo soal ini emang nggak disebutin di buku Babad Tanah Jawi itu tapi menurut para tetua masyarakat Jawa sih begitu. Ya, masyarakat dianggap udah pahamlah mana patih mana ratu, makanya nggak disebutin."
"Wah, jadi gitu.."
"Yoi, Hyuk. So, untuk kuis kali ini, menurut kalian apa yang bikin kedua nama itu dikira satu orang yang sama?
Buat yang udah tahu langsung aja tweet jawabannya ke @ omt_oradio dengan format nama/kota/jawaban. Ditunggu jawabannya sampe jam 1 nanti, okay listeners? And now, mari kita mulai dengan penelpon pertama yang udah nggak sabar buat sharing cerita soal pengalaman mistisnya!"
"Halo, Over Midnight Time?" Ucap Kihyun dan Minhyuk bersamaan.
"Iiiiih seraam!!"
"Okay, dengan siapa dan dimana nih?" Tanya Kihyun kali ini sementara Minhyuk mulai menyalakan satu track yang berada di komputer di depannya, yang berjudul Blue Moon dengan volume yang cukup pelan.
"Dengan Park Soobin!"
"Soobin dari?" Tanya Kihyun lagi.
"Dari sini!"
Kihyun mengerutkan keningnya. "Dari sini?" Ulang Kihyun.
"Iya di sini!!"
Minhyuk dan Kihyun saling berpandangan sambil melipat bibirnya. Menahan tawa karena penelpon pertamanya yang mengatakan 'di sini'.
"Di sini?" Tanya Minhyuk kali ini. "Maksudnya dimana ya Soobin?"
"Di belakang kalian berdua!"
"Hah?"
"Hihihihi,"
a/n:
ini soobin wjsn, yang perempuan, bukan yang laki laki.
KAMU SEDANG MEMBACA
midnight radio; lee minhyuk ✅
Hayran KurguKisah tentang Minhyuk yang merupakan penyiar radio khusus acara Over Midnight Time yang siaran mulai dari jam 12 sampai jam 4 pagi. Ketika ada penelpon yang mencurigakan, bagaimana Minhyuk mengatasinya?