Super junior / SUJU ( 슈너추니어 ) adalah salah satu Boy Band legenda asal korea selatan yang bernaung di bawah lebel S.M Entertainment. grup ini awalnya beranggotakan 13 personel, yaitu :
Leeteuk (leader), Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan kyuhyun. awal pembentukan Super Junior tidak terlepas dari tangan dingin Lee soo-man. Lee soo-man pendiri sekaligus produser SM Entertainment.
salah satu agensi dunia hiburan terbesar di korea. awal mula, nama grup ini adalah
O.V.E.R (Obey the Voice for Each Rhtym).
Namun, sebelum debut , diubah lagi namanya menjadi junior, karna mempresentasikan kalau member nya masuk pelatihan SM Entertainment dengan umur yang masih sangat muda (saat itu). Kemudian diubahlah menjadi Super Junior dari showcase pertama dan dipakai sampai sekarang.
Super junior memulai debutnya di program musik SBS pada tanggal 6 november 2005 dengan lagu
"Twints (know out)". Suju baru menuai sukses pada tahun 2007 setelah meluncurkan album Don't Don. Mereka semakin bersinar pada tahun 2009, setelah merillis album baru bertajuk
sorry sorry pada bulan Maret.
Dengan lagu tersebut, mereka berhasil meraih posisi pertama di berbagai tanggal lagu korea dan album lagu tersebut juga meraih pengghargaan Daesang di Golden Disk Awards.Pada tahun 2010, hanya ada 11 anggota yang aktif, 2 orang diantaranya yaitu
Hangeng memiliki masalah hukum dengan SM Entertaiment sehingga menyebabkan Han Geng keluar dari Super Junior (sekarang bersolo karir di kancah hiburan Mandarin-Pop). dan Kibum juga keluar yang baru resmi mengakhiri kerjasama dengan SM pada tanggal 18 Agustus 2015 lalu. Mulai bulan November 2015, Super Junior beraktivitas dengan 6 member saja yaitu: Leeteuk, Kangin, Heechul, Yesung, Ryeowook, dan Kyuhyun. sedangkan Eunhyuk, Sungmin, Shindong, Siwon, dan Donghae sementara waktu hiatus dulu karena sedang menjalani wajib militer.Pada tanggal 6 November 2017, Super Junior akhirnya comeback dengan mengeluarkan album ke 8 bertajuk, PLAY . Album tersebut juga ditujukan untuk memperingati Ulang tahun Super Junior yang ke 12. Namun sayang, pada comeback kali ini super junior hanya beranggota 7 saja. Ryeowook dan Kyuhyun menjalani wajib militer. sedangkan Kangin dan Sungmin hiatus untuk sementara.
"**
*
*
*
------------------
KAMU SEDANG MEMBACA
Fakta Super Junior✔ [END]
Hayran KurguAt this time, there is no news because something that happened cannot be assessed fair. Not only you but also myself. Story and Facts about Super Junior members? I will explain and tell everything here. yes here !!! let's see. ✔Super Junior #6 - Ber...