Nina daritadi udah pengen banget mendep di kamar. Udah nyusun strategi dan persiapan. Namun, perhitungannya meleset. Dari bantuin Jeongin bawa buku-bukunya kemudian disuruh buka pintu dan berujung sekarang lagi bikin minum buat Ten sekalian Jeongin.
Seharusnya buat sirup jeruk itu gak sampe lima menit, tapi ini udah hampir sepuluh menit, Nina masih aja betah ngaduk sirupnya.
Jeongin sama Ten udah mulai belajar. Suara mereka yang sibuk ngomong bahasa Inggris kedengeran sampe dapur dan itu ngebuat Nina makin getar-getar.
Duh, gak bisa, gak bisa! Yang ada nanti semuanya curiga. Batin Nina.
Nina mengambil beberapa camilan, lalu membawanya beserta gelas sirup ke ruang tv.
"Jadi kalau kalimat past tense yang positif, kata kerjanya harus diubah ke verb 2?" Jeongin nanya sambil nunjuk salah satu contoh kalimat di bukunya.
Ten ngangguk. "Pintar. Harus diingat, ya!"
"Oke, Kak. Jeongin paham."
Ten dan Jeongin high five. Nina ngerasa badannya gemetaran pas narok sirup sama camilannya.
"Kok lama banget sih, Kak?" protes Jeongin sambil ngambil salah satu gelas.
"Nunggu es batunya bentar tadi."
"Makasih, ya, Nin." Nina ngilirik ke arah Ten yang nunjukin senyum manisnya.
Nina ngangguk. "Santai aja."
"Kalau gitu, duduk dulu dong, Nin. Kan santai."
Nina yang udah mau balik lagi ke dapur atau langsung terbang ke kamarnya, bener-bener gak jadi ngelangkah. Balik lagi natap Ten. Kalau ditolak gimana, emang Nina salah jawab tadi.
Sekalian, Nina juga mau.
Nina duduk di sebelah Ten tapi agak berjarak. Ten ngeluarin buku terus ngasih ke Jeongin.
"Coba kerjain sepuluh soal dulu. Nanti Kakak nilai."
"Oke, Kak." Jeongin udah sibuk aja berkutat sama soal-soal yang dikasih Ten.
Ten berdehem, natap Nina sambil senyum lagi. Gak tau aja Nina udah oleng.
"Gimana kabar lo?" tanya Ten sebelum meminum sirup jeruknya.
"Hah?"
Ten terkekeh kecil. "Kita pernah ketemu bahkan ngobrol satu bulan yang lalu. So why not?"
Nina ketawa canggung. "Iya, gue biasa aja. Sehat." Tapi bentar lagi mau kayak mati.
Ten ngangguk-angguk. "Jeongin emang cepet tanggap, ya?"
Nina ngelirik Jeongin yang lagi fokus terus ngangguk. "Tapi dia gak pernah seserius ini pas gue ajarin."
"Wah, sebuah kehormatan buat gue." Ten ketawa dan itu ngebuat Nina ikutan ketawa.
Terus abis itu mereka diam lantaran Ten mulai makanin camilan. Nina lagi mikir buat ngomong apa. Ragu-ragu dia.
Ayolah, Nin. Dia nya aja enjoy. Lo harus bisa! Maybe you can be his friend?
"Lo... kenapa mau ngajar?" tanya Nina dengan pelan.
Ten menyuapkan sisa camilannya lalu mengunyah sebentar. "Buat pengalaman aja. Sekalian ngisi waktu luang."
Nina ngangguk-angguk. "Tumben aja gitu seumuran gini mau ngajar. Kebanyakan malah sibuk hangout sana sini."
Ten terkekeh. "Panggilan jiwa. Mungkin karena temen gue juga ngajar, jadi gue pengen."
"Ohh...." Nina ngangguk-angguk lagi.
"Kak Ten udah." Jeongin ngegeserin bukunya ke Ten.
Ten langsung fokus ngoreksi jawaban Jeongin. Nina diam-diam merhatiin wajahnya Ten. Dengan jarak sedekat ini, di mana wajahnya Ten semakin jelas direkam mata Nina.
Satu bulan yang lalu, Nina kira, batas itulah jarak terdekatnya. Nyatanya sekarang, mereka duduk sampingan meski ada jarak. Namun jarak tak membatasi jantung Nina untuk berdetak kencang.
***
Setelah satu jam, akhirnya waktu ngajar Ten habis. Jeongin udah kabur ke kamarnya dan Nina yang nganterin Ten ke halaman rumahnya.
"Thanks, ya, Nin!" Ten senyum sambil pake jaketnya.
Nina bingung. "Buat apa?"
Padahal mereka cuma ngobrol sebentar yang isinya masih canggung banget.
"Nemenin gue ngajarin Jeongin." Ten pake helmnya. "See you later, Nin." Ten senyum sekali lagi sebelum berlalu dengan motornya.
Nina terdiam di ambang pintu. Badannya kayak di paku di sana. Gak bisa gerak. Terus ada yang nelusupin kupu-kupu ke dalam dirinya. Jadinya Nina susah payah buat gerakin badannya supaya bisa ke kamar.
Setelah pintu kamarnya dikunci, Nina langsung ngambil hpnya buat nelpon Joy.
Halo, Nin?
JOYIIII!!
***