Riddle E

94 5 2
                                    

E adalah nama sebuah MENARA tersohor pada masa daratan hunian bumi belum menyatu sedemikian luas seperti sekarang.
Ada huruf KEMBAR di tengah-tengah,
dan SEPASANG pengucapan DUA huruf yang MIRIP mengapit huruf kembar itu.
Jika kau berhasil menebaknya, maka kau seorang yang ROMANTIS.

Aku, romantis??

Begitulah yang terpikir di kepala Rochette membaca akhir riddle tersebut.

Ini merupakan teka-teki klasik, Sayangku.
Aku sudah mengeceknya di internet.
Riddle ini dibuat oleh seseorang pada zaman perang dingin Amerika-Uni Soviet
dan diwariskan turun temurun secara lisan.
Entah siapa yang mengabadikannya lewat tulisan di dunia maya di awal abad 21.

Pesan dari pacarnya Diego yang menyusul naskah teka-teki ini membuat keningnya berkerut. Pesan yang terkirim melalui salah satu perangkat gawainya.

Tiba-tiba tebersit perasaan tidak enak dalam hati yang membisikkan ada sesuatu yang salah pada diri Diego. Mungkin lelaki itu aneh.

Mendadak panggilan masuk pada ponselnya mengejutkan sekaligus membuyarkan lamunan sesaat Rochette.

"Apa ada yang mencari diriku di krestle, Rochette?" terdengar suara berat seorang laki-laki di seberang sana yang sudah akrab di telinganya bertanya tanpa mengucapkan halo atau sekedar salam pembuka lagi.

"Hingga sejauh ini, masih belum ada, Tuan Sarron," jawab Rochette mantap, lalu menyambung dengan bimbang, "namun... aku mendapat pesan misterius dari pacarku."

"Diego?" Sarron melontarkan pertanyaan bernada kejutan yang mengungkapkan kebahagiaan, "Apa dia baik-baik saja?"

"Itulah yang sedang kukhawatirkan, Tuan. Dia mengirim sebuah teka-teki klasik padaku melalui gawai," jawab Rochette cemas.

"Tetaplah tenang," rekannya yang gampang berempati ini mencoba menenangkan hatinya, "kirim saja naskah yang kau maksud itu ke nomorku. Setelah masuk ke perangkatku, hapus saja semuanya, baik yang ada di gawaimu maupun di kepalamu."

"Terima kasih banyak, Tuan," Rochette merasa bebannya terangkat.

"Sekarang aku dan teman-temanku sedang dihadapkan juga pada beberapa teka-teki yang lain. Begitu kami mendapat satu petunjuk saja dari yang kau kirim, aku akan segera menghubungimu. Jadi, kau tidak perlu memikirkannya lagi. Kau mengerti, Rochette-ku yang setia?"

Rochette mengiyakan dengan girangnya, sebelum teringat akan sesuatu.

"Menurut Tuan, apakah aku perempuan yang romantis?"

Suara berat seseorang yang berdehem keras menjawabnya.

"Pokoknya, kau jangan ke mana-mana dari krestle ya, Rochette?"

"Sudah pasti, Tuan."

Itulah perkataan terakhir Rochette sebelum Sarron memutuskan hubungan komunikasi. Tidak sampai satu menit kemudian, naskah riddle yang dimaksud mampir ke perangkat gawai sang pengacara.

"Rupanya, rangkaian riddle ini telah memengaruhi orang-orang yang menerimanya," ujar Chester mengambil kesimpulan.

♤♤♤♤♤♤

Kalian memang pasangan yang serasi, setia, dan romantis, Diego dan Rochette.
Kalian berhak naik ke pelaminan sebagai pasangan yang tidak ternodai oleh zaman.
Seperti Rochette yang setia mengabdi rekannya si Tuan Pengacara Cherlone,
kalian lihat, dengan setianya si Diego mencarikan riddle yang sesuai dengan hubungan asmaranya dengan kekasihnya itu
untuk kubebankan ke pundaknya Sarron Cherlone.
Keduanya memang sama-sama lugu dan polos untuk dapat kumanfaatkan.

Hai Tuan pengacara yang handal,
di salah satu sisi, kita memang sama-sama belum mempunyai pasangan,
tapi soal asmara, nyatanya aku beberapa langkah lebih maju darimu.
Kau sungguh tidak paham jikalau sosok perempuan itu susah untuk dimengerti dengan sejelas-jelasnya.
Kau terlalu mengandalkan teori-teori hukummu -- lucu sekali, dan memang amat pantas untuk dikasihani.

Kira-kira, entah apa lagi kegunaan Diego-Rochette bagiku,
bagi sang narator The Riddles Conspiracy,
King of Riddle

The Riddles Conspiracy (2018) ✔ Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang