Secercah Penjelasan

1.8K 128 3
                                    

Emang ya makan es krim paling enak itu tengah malam di convenience store.

Gue lagi berada di convenience store 24 jam. Lagi males di kontrakan, ditambah gue gak bisa tidur ya udah, di sinilah gue.

Lagi asik-asiknya gue makan es krim ada yang nepuk pundak gue. Acara makan es krim gue terhenti sejenak. Gue berbalik mau lihat siapa yang menepuk pundak gue.

Dan di saat itu mata gue serasa ingin gue copot.

Yang benar saja, di sini??!!

Dia duduk di sebelah gue dengan segelas kopi yang berada di genggamannya. Wangi kopi menusuk indra pembauan gue.

Coffee latte his favorite one.

"Tanpa perlu saya ajak keluar ternyata kita malah bertemu di sini," ujarnya.

Gue cuma cengengesan, gak tau mau bilang apa.

Dia menyesap kopinya sambil melihat ke luar kaca.

Gue ngelirik dia, rambutnya saat ini terkesan berantakan dan menutupi sebagian matanya. Tiba-tiba perasaan rindu gue membuncah dalam hati melihat tampilan dia yang seperti ini. Jadi ingat dirinya yang dulu, yang selalu gue kagumi.

Seperti ada yang menyadarkan, gue menarik mata gue darinya dan kembali fokus memakan es krim.

"Kei, saya tau harusnya saat itu saya kasih kabar ke kamu tapi sulit bagi saya." Ka Rion membuka pembicaraan dan sepertinya ini akan serius. Gue tetep makan es krim berusaha bersikap santai tapi telinga siaga mendengarkan.

"Saya minta maaf, saya hanya gak mau kamu khawatir," lanjutnya berkata-kata.

Es krim yang gue makan pun habis, gue berdiri berjalan ke tong sampah membuang tempat es krim yang udah kosong dan kembali duduk di tempat semula.

"Sudahlah ka gak apa. Lagipula semua itu juga udah berlalu. Sudah 8 tahun juga untuk apa diingat-ingat," kataku tersenyum sambil melambai-lambaikan tangan di depan muka gue.

Gue emang bilang gitu tapi hati gue kayak diiris, sakit. Di hati seperti apa di mulut seperti apa.

Gue mandangin dia. Dia tertunduk dan meraup mukanya dengan tangannya.

"Kei, saya... Saat itu, keluarga saya hancur. Setelah saya wisuda, saya bilang ingin bekerja di kota ini kan tapi karena saat itu berantakan saya ikut papa ke luar kota dan tinggal di sana selama 8 tahun. Saat itu saya bekerja dengan giat di kantor cabang perusahaan kita. Setelah saya bekerja keras selama 8 tahun itu saya dipindah tugaskan di kota ini. Sama seperti kamu saya juga memulai dari seorang editor dan akhirnya kerja keras saya berbuah manis saya diangkat sebagai kepala divisi untuk di tempatkan di kantor pusat di sini," jelas ka Rion tanpa memandang gue sama sekali. Akhirnya setelah 8 tahun pertanyaan gue terjawab.

Gue menatap dia sendu. Dan tiba-tiba gue ngerasa kayak ada yang mengalir ngelewatin pipi, airmata udah mengalir dengan bebasnya ternyata. Buru-buru gue hapus airmata ini sebelum dia lihat tapi belum terhapus semua dia mengangkat kepalanya dan melihat gue.

Dia mengeluh pelan, tangannya terulur ke wajah gue dan ibu jarinya ngehapus airmata gue sambil berucap pelan, "ini kenapa saya gak mau cerita. Saya gak mau liat kamu kayak gini. Hati saya sakit liat kamu nangis gini Keira."

Bukannya airmata gue berhenti yang ada makin deres.

Untung saja ini tengah malam jadi tempat ini sepi tidak seramai sore hari. Kalo seandainya ini siang gue pasti tetep nangis sih.

Gue nutupin muka gue pake tangan. Gue terisak pelan. Batu-batu di dalam hati gue seakan terangkat satu per satu, tapi sakit.

Gue gak tau perasaan gue sekarang kayak apa. Gue mutusin berdiri dan ninggalin ka Rion, gue mau balik ke kontrakan. Dia sempet nahan tangan gue tapi langsung gue tepis.

Gue butuh sendiri, gue butuh mikir, gue butuh waktu.

...
Gue masuk kerja hari ini dengan mata yang keliatan sembab. Padahal udah gue kompres tapi gak berefek banyak karna gue buru-buru. Alhasil gue nutupin cepet-cepet dengan make up di mata gue yang hasilnya lumayan nutupin, gue tekankan lumayan.

Gue lagi bercermin, ngeliatin kondisi mata gue yang masih keliatan bengkak. Gue berdecak kesal. Kenapa juga pake acara nangis kejer semalam.

Mulut gue komat kamit tanpa suara merutuki kebodohan gue sendiri.

"Mata lu keliatan sembab Flo. Lu nangis semalam? Kenapa?"

Gue mendelik ke samping kiri yang di mana gue dapetin Grace -salah satu teman editor- udah berdiri sambil mandangin gue dengan teliti.

"Iya nih. Ini karna nonton film yang sedih-sedih gitu. Judulnya kalo gak salah Miracle in Cell No.7. Nyesel deh gue Grace," rengek gue pelan.

Jelas-jelas gue berbohong, ya masa iya gue bilang.
Iya gue nangis gegara bos lu tuh
Huh! Gak mungkin sekali.

"Ya lu juga ngapain nonton film yang begitu," sanggah Trian di bilik sebelah.

"Lagi pengen Triannn.." ujar gue berbohong tentu saja.

Grace udah duduk di kursinya yang berada di seberang gue dalam satu bilik.

Gue naruh cermin yang tadi gue pake ke atas meja.

Mau menyesal pun percuma. Ya sudah biarkan saja, toh bisa beralasan karna nonton drama seperti contoh yang di atas.

Hi, Senior [Completed]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang