"Langsung wudhu buruan. Gapake tidur-tiduran."
"Entar dulu ah, kenyaaaangg~~~"
"Aduhh perutku mau meledak kayaknya, bang..."
Si kembar tak seiras itu mulai berakting semaksimal mungkin menunjukan raut kekenyangan mereka. Kakak tertua hanya geleng-geleng dan melenggang ke kamar mandi untuk ambil wudhu.
Lucas dan Yuqi yang melihat sang kakak sudah beranjak pun langsung mengambil ponsel masing-masing. Keduanya mulai asik dengan dunia mereka di ruang tv—Yuqi yang melonjor di sofa dan Lucas yang tiduran di karpet bawah.
Saking asiknya, gak sadar kalo kakak mereka sudah berada di sisi mereka rapi dengan koko dan kopiah di kepala.
"Astagfirullah... Bener-bener ya anak jaman sekarang. Adzan maghrib bukan langsung ambil wudhu, malah ambil hape. Maghrib tuh waktunya sedikit loh, apalagi dipake buat buka puasa tadi. Makin sedikit, dek... Tuhan aja ditunda-tunda, giliran ngechat gebetan nomor satu. Yang nentuin surga-neraka Tuhan apa gebetan kamu?!" Nah kan Abang Kun bersabda.
Si kembar langsung panik gelagapan kayak maling diciduk.
Yuqi auto nunjuk kembarannya yang masih menggelepar di lantai, "Dia tuh bang! Ngechat si Doyeon sok-sokan ngingetin buat solat sendirinya maen hape. Dia tuh hukum aja bang!"
Lucas yang tiba-tiba disalahin gak terima, "aPAANSI KOK GUE?!" Teriaknya heboh sambil melotot ke kembarannya. Yuqi masang muka songong.
Kun cuma geleng-geleng, "Yuqi, Yukhei buruan ambil wudhu. Yuqi solat di rumah aja, Yukhei ikut abang. Laki-laki solatnya di masjid. Kalo mau solat di rumah, pake mukena aja sekalian." Ucap sang abang abis itu berlalu ninggalin si kembar yang melongo.
Lucas cemberut bikin Yuqi pengen ketawa liat kembarannya yang kena omongan pedes abangnya.
Akhirnya mau gamau—tapi harus, mereka segera wudhu guna menjalankan ibadah solat maghrib. Yuqi di kamarnya dan Lucas bersama Kun di masjid terdekat.
Selesai solat maghrib, Lucas langsung ngacir pulang ninggalin sang abang yang masih betah ngaji di masjid. Biasanya Kun akan bertahan di masjid untuk tadarusan kejar target one day one juz hingga isya dan dilanjut solat tarawih. Sementara Lucas gausah ditanya, denger adzan isya syukur, gak denger ya bablas.
Di rumah, Yuqi lagi asik nonton drakor di sofa ruang tengah sambil nyemil kacang setoples.
"Samlekom!"
"Waalaikumsalam.. Dih, udeh pulang aje lu? Berangkat belakangan pulang duluan. Dasar kingkong!"
"Baru pulang dimarahin? Ngajak berantem?!"
Yuqi geleng-geleng aja liat kelakuan kembarannya. Kalo bukan sodara mah udah Yuqi tuker tambah sama tiket konser.
Yuqi lanjut ke kegiatannya dan Lucas nimbrung di sampingnya main hape sambil nyemil kacang juga.
Gak kerasa, adzan isya berkumandang. Yuqi ngelirik kembarannya bentar, "Isya tuh. Gasolat lu?"
Lucas ikutan ngelirik Yuqi dari balik ponselnya, "Lah elu?"
Malah nanya balik si pinter :)
"Dapet barusan," jawab Yuqi santai sambil lanjut nonton dramanya.
Lucas cuma ngangguk-ngangguk dan lanjutin main ponselnya. Ga ada niatan bangkit trus ambil wudhu trus solat isya trus lanjut tarawih. Boro-boro. Abis maghrib aja kagak pernag ngaji. Baca qur'an paling cuma satu halaman abis itu udahan. Itu pun kalo ada yang nyuruh. Kalo gak disuruh ya main aja nih anak. Astaghfirullah banget emang adeknya abang Kun :)