⚓10.Saran

9 2 0
                                    

Gue buka pintu rumah, yang menyambut gue banyak, diantaranya: hening, sepi, gelap, dan seonggok rindu di sudut kamar.

Gue cuma bisa senyum sambil nyalain lampu di ruang tamu.

Ada gak yang situasinya sama kayak gue sekarang?

Kadang gue tuh pengen lari, tapi gue gak tau mau lari kemana.

Kadang gue juga pengen nangis, tapi saking pengennya gue malah cuma bisa senyum doang.

Menurut lo, gue cengeng gak sih?

Haha...

Udah..udah...back to topic.

Sudah jadi ritual gue sepulang kerja itu langsung bersihin diri. Gue tadi keramas juga, sumpah, panas kepala gue. Dan gue ada janji ngopi bareng sama Jaka, temen bolos waktu kuliah dulu. Hehe...gue sebenernya tuh anak alim tau. 

Tapi ya gitu...kadang-kadang suka error.

:3

Gue orangnya juga gak ribet, gue cuma pake jeans sama sweater hitam polos, topi item sama coat ijo luntur. Soalnya gue orang yang gak betah dingin.

 Soalnya gue orang yang gak betah dingin

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Udah, gue cus berangkat.

"Whatsup men?" sapa Jaka dari tempatnya pas banget kaki gue masuk kafe. Gila gak tuh, gue nafas aja belom, eh udah ditodong sama pertanyaan klasik kayak gitu.

"B aja gue mah," gue mendaratkan bokong ke kursi lempeng.

"Tumben sendiri," kata dia enteng. Seringan angan.

Seketika gue pengen mengaung. "Lo kalo mau nyindir kaga usah pake bahasa retorik begitu. Langsung aja ayo kita ke lapangan."

"Ngapain ke lapangan?" dia natap gue dengan wajah tak bersalahnya. Dasar sok suci kau Hercules.

"Nyabutin rumput tetangga."

Dia terkekeh, "Sam...Sam...sue lo."

Dia manggil waiter dengan gaya sok cool-nya. Emang ya, mantan playboy tuh beda sama manusia polos kayak gue. Aku mah apa atuh, pedekate aja langsung ditolak.

"Pesen apa kak?" 

"Cappuchino satu, sama nasi goreng deh. Lo apa nyet?" Jaka natap gue.

"Cappuchino satu, udah."

"Cuih...berhemat lu?" timpal Jaka durhaka.

"Serah gue dong," jawab gue gak kalah sewot.

"Beuh...kepret sia." Jaka natap waiter lagi, "udah kak itu aja."

Gue sibuk sama smartphone gue yang sepinya ngalahin kuburan. Gue cuma buka game, tutup, terus buka wa, tutup lagi, gitu aja terus sampe hati gue lelah. 

Kafe ini ada live music-nya, jadi ya enak aja, gue suka. Jaka kayak hela nafas berat gitu, terus dia naroh smartphone nya di meja. 

"Lo lagi kenapa nyet?" gue buka suara. "Masih masalah yang sama?"

"Kalo lo jadi gue, gue musti gimana?"

Gue natap lurus tepat di retina dia, "gue milih enggak."

"Kasih gue alesan."

"Ka, lo tau gue. Lo tau alesan gue diasingkan kayak gini. Lo tau akar masalah gue." Gue ngegenggam tangan gue sendiri erat banget, gue...gue gak tau kenapa. "Mama, Papa, semua masih ngehukum gue."

"Tapi beda konteks, Sam. Lo dihukum karena waktu itu lo bandel, nakal, dan brutal sama orangtua lo." Jaka natap gue dengan sorot yang lelah. "Gue gak bandel, Sam. Gue gak nakal, gue gak brutal. Gue cuma pengen mereka ngertiin hobi gue. Cuma itu."

"Mereka khawatir sama lo."

"Gue tau. Gue udah 28 tahun, Sam. Gue udah bisa jaga diri!" Jaka entah kenapa terlihat lebih emosional malem ini. Gue gak ngerti lagi.

"Lo itu gak pengen denger saran gue, Ka." Gue ngehela nafas berat. Tiba-tiba gue keinget sesuatu yang membuat gue terkekeh. "Ternyata bener kata orang-orang sok bijak, manusia tuh cuma pengen denger apa yang mereka ingin denger."

"Maksud lo?"

"Lo itu cuma pengen denger gue dukung keputusan yang udah lo buat kan?"

Dia matung, kayak lagi bimbang.

"Jauh sebelum lo telfon gue buat ketemu, lo udah bikin keputusan. Dan lo cuma pengen denger gue di pihak lo. Gitu kan?" gue terkekeh lagi.

Dia masih diem.

Untungnya gak lama kemudian waiter datang bawa makanan.

Seenggaknya gue udah bisa ngontrol emosi gue sekarang.

🔜

SAMUDRATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang