Sebagai seorang anak kost dan juga mahasiswi di perguruan tinggi, adakalanya senang juga dengan jajan makanan dalam bentuk apapun, jadi bukan cuma anak kecil saja yang senang jajan. Tapi anak kost pun juga begitu, apalagi jajanan belakang kampus yang menggugah selera dan melegenda.
Mulai dari empe-empe telor tusuk, telor rebus goreng, molen mini, martabak mini, batagor, pentol goreng, pentol kuah, sop buah dan segala macam aneka jus buah. Yang semuanya itu sudah lama kemunculannya di belakang kampus, jadi turun temurun dari angkatan tua yang sudah lulus kuliah pasti pernah merasakan nikmatnya jajan di belakang kampus.
Aku pun setelah pulang dari kampus, sering menyempatkan beli jajanan dulu, meskipun kadang antri tapi tak menyurutkan ku untuk tetap beli jajanan kesukaanku.
Walaupun sudah jadi anak kuliahan, aku tidak malu beli jajanan yang identik dengan jajanan anak SD heheee.... karena anak-anak SD pun juga sangat menyukai jajanan itu. Terbukti di saat penjual pentol goreng lebih dulu nongkrong di depan halaman sekolah SD anak-anak pun menyerbu pentol goreng bang Dayat, biasa kami memanggilnya.
Akibatnya pentol gorengnya kehabisan karena diserbu anak-anak SD di saat istirahat sekolah, karena biasanya bang Dayat mangkal di sekolah SD dulu baru menjelang siang mangkal di belakang kampus, oleh sebab itu bang Dayat punya stok lebih dan khusus pentol goreng untuk mangkal di belakang kampus.
Pentol goreng bang Dayat terkenal enak dan gurih, siapa pun pasti suka. Dan tempatnya pun juga bersih, jadi tidak perlu takut sakit perut setelah jajan..heheee.... tiap hari bang Dayat berjualan pentol goreng ke sekolah dan belakang kampus, tiap hari pula dagangannya habis laku terjual.
Pernah waktu itu lagi liburan semester, aku pun lagi pulang kampung. Selama itu pula aku tidak jajan di belakang kampus tercintaku. Hmm...rasanya kangenku sampai ke ubun-ubun disaat siang hari hujan deras yang identik membuat perut terasa lapar yang menggugah hatiku ingin ngemil dan makan yang hangat-hangat. Jadi karena keadaan aku terpaksa bersabar menunggu pulang kembali ke kost agar bisa menikmati lagi jajanan favoritku.
Demi mengobati rasa kangenku pada salah satu jajanan belakang kampus yang ku impikan, akhirnya aku berinisiatif membuat sendiri cemilan ala aku dengan bahan seadanya yang ada di rumah.
Aku pun mulai bereksperimen membuatnya sebisaku, walaupun jadi anak kost aku tidak canggung terjun langsung ke dapur untuk membuat dengan segala masakanku walaupun masakan yang simple dan ringan-ringan saja sich...heheee...apapun itu termasuk membuat cemilan yang satu ini.
Yaitu telur rebus goreng, terdengar aneh sich bagi yang belum tau. Yaitu telur rebus di iris-iris tipis, terus untuk adonannya tinggal buat aja dari tepung, gula putih secukupnya, vanili, garam, telur satu butir dan air secukupnya sampai agak kental gitu. Diaduk sampai rata jadi adonan, baru dech setelah itu di goreng yang sebelumnya diberi irisan telor rebus tadi terus di goreng minyak yang sudah panas, satu gorengan cukup satu atau dua irisan telur saja tapi sesuai selera saja, cukup mudah kan membuatnya...
Setelah selesai menggoreng dan meniriskannya dari wajan, tunggu sampai agak dingin agar bisa dimakan. setelah kira-kira sudah mulai dingin tapi masih hangat-hangat gitu biar lebih enak dimakan selagi hangat.
Lalu aku menyuapkan telur rebus goreng ala aku, kenapa ala aku karena aku tidak pernah bertanya langsung sama abangnya apa resepnya..heheee...
Kunyahan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya... ahh lebaaayy..heee... hmm ternyata enak juga. Walaupun rasanya tidak sama persis seperti yang abang jual, tapi ya lumayan lah 11 12 buat ganjal perut dihari hujan yang dingin seperti ini memang enak makan yang hangat-hangat.
Dan juga rasanya enak kok, karena versi "enak" itu menurutku beragam, jadi tergantung penilaian setiap orang yang mencicipinya dan tentunya sesuai selera masing-masing.
Nah kiranya sampai disini dulu ceritanya, maaf kali ini agak ngelantur entah kemana, maklum memang lagi kangen juga dengan jajanan belakang kampus dulu yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi yaa...mengenai telur rebus gorengnya kalau ada yang berminat boleh kok dicoba dengan bahan-bahan seadanya diatas, anggap aja cemilan ala anak kost gitu...😊😄
O iya siapa diantara kalian yang juga pernah merasakan jajanan favorit di kampus masing-masing? pasti punya keunggulan dan keistimewaan tertentu yaa...
Silahkan komen dibawah apa aja jajanan favorit kalian semasa kuliah dulu..😊😊
KAMU SEDANG MEMBACA
Suka Duka Di Kost
Novela JuvenilJadi anak kost memang banyak dinamika atau pun suka dukanya, mulai dari makan ala anak kost, uang bulanan yang mulai menipis dipertengahan bulan, bahkan ngutang sama teman diakhir bulan karena uang sudah sekarat. Sungguh miris!!! dan masih banyak la...