08. Cara Dia Peduli

187 14 5
                                    

Gue sama Alan itu bukan tipe yang bestfriend goals banget. Kita malah lebih sering saling menghujat dan pukul-pukulan. Kita juga jarang liburan berdua atau gimana karena kita berdua emang mageran banget orangnya, paling banter dia main ke rumah gue, nonton film sambil ngabisin makanan ringan yang ada di rumah.

Gak tau malu emang dia tuh. Berasa rumah gue udah kaya rumah dia sendiri juga.

Tapi karena kita tetanggaan, jadi ya itu bukan hal spesial juga sih buat gue. Udah biasa aja gitu sama kehadiran dia yang kayak jelangkung di rumah gue.

Datang tak diundang, pulang tak diantar.

Kalau mau tau, rumah dia itu persis tepat di samping rumah gue.

Gimana gak bosen coba ngeliat muka dia mulu?

Dari dia masih dibedakin pake bedak bayi dempul banget sama emaknya tiap abis mandi sampe sok kegantengan banget kaya sekarang.

Gue sama Alan tuh bawaannya emang pengen menghujat dia mulu gatau kenapa.

Mungkin karena semua hujatan memang pantasnya diberikan pada Alan.

Makanya banyak orang ngira kita itu bukan sahabat, lebih tepatnya kaya musuh.

Hmm, ada benernya juga sih.

Tapi ada kok saat-saat Alan beneran jadi sosok sahabat buat gue. Bahkan gak jarang sikapnya dia tuh udah kaya abang --berhubung sebenernya umur dia lebih tua dari gue, cuma beda beberapa bulan doang sih--, bikin gue ngerasa aman. Berasa dilindungin sama sosok kakak yang gak pernah gue punya di hidup gue.

Kaya sekarang.

"Diapain lagi lo?" tanya dia datar, ngusap puncak kepala gue pelan bikin gue ngerasa nyaman tapi sialannya pas gue udah kalem tu anak malah berbalik jadi jitak kepala gue.

Sianying ngajak ribut.

"Apa sih lo?" geram gue natap dia kesal.

Tadi waktu mau balik bareng Jevan, gue ngeliat Alan masih ada di parkiran. Bikin gue mau teriak bodoh ke diri sendiri karena gue sama Alan ada janji mau nemenin gue ke toko buku pulang sekolah ini. Yang jelas aja Alan masih di sini nungguin gue, sedangkan tadi gue bilang ada urusan makanya gak ke parkiran bareng dia.

Bodohnya gue.

Tapi 'kan gue bilangnya gue ke toilet. Emang beneran ke toilet kok gue, meskipun ada tragedi ketemu hantu sih tadi.

Semoga aja gak kelamaan anjir, supaya Alan gak curiga.

Gue gak mau Alan tau kalau ada orang yang bully gue karena dia.

Walau sebenarnya itu percuma sih, karena Alan pasti tahu. Cepat atau lambat. Tanpa perlu gue cerita sedikitpun.

Dan bodohnya gue lupa hal itu.

Untungnya Jevan gak banyak nanya pas gue bilang mau balik bareng Alan aja karena ada janji.

Tapi yang jadi masalahnya, ekspresi Alan jadi kosong pas liat kondisi gue yang meskipun udah mendingan, tapi tetap aja gak nutupin muka kusut gue.

Gue langsung nunduk. Emang ya, mau alasan gimana juga, pesona Alan tuh emang beda.

"Abis main," sahut gue ketus.

"Main apaan lo bau gitu."

Sianying.

Gue dongak, natap dia tajam. "Itu mulut minta dijahit ya, ha?"

Alan senyum, bikin gue ngatupin bibir.

Bodohnya gue.

Kenapa sih gue selalu lemah tiap Alan senyum kaya gini? Gue benci.

Gue bingung sebenernya apa sih yang lagi gue rasain tiap sama dia ini. Gue bingung.

Gue benci diri gue sendiri yang cemen ini.

"Gue sengaja." Alan tiba-tiba langsung ngomong dengan nada serius. "Lo harus berani ngelawan mereka, Rhe. Lo aja bisa jadi rubah ekor sembilan pas sama gue, masa di depan mereka lo cuma bisa diem kaya boneka?"

Untuk sesaaat, gue ngerasa tersentuh.

"Eh nggak deng, boneka mah kebagusan diumpamain buat lo."

Sangpah.

Gue tarik lagi kata-kata gue yang ngerasa tersentuh tadi. Pada dasarnya Alan di hidup gue emang berambisi buat dicincang.

"Gue tau, selama ini lo seakan kaya diperlakuin beda sama yang lain."

YAUDAH KALO LO TAU TERUS SEKARANG GIMANA? TETEP DIEM AJA KAN LO BIARIN GUE NGADEPIN SEMUANYA SENDIRI?

"Gue punya alasan kenapa biarin lo. Bukan bermaksud gak kasihan sama sekali, tapi 'kan lo emang gak suka dikasihani sama orang lain." Alan senyum miring. "Gue mau lo hadapin mereka sama kekuatan lo sendiri, kalo lo jatuh, gue bakal ada buat jadi tempat istirahat lo."

Gue gak ngerespon apa-apa. Karena emang gatau lagi mau ngomong apa. Bener-bener speechless sama sikap Alan ini.

Alan ngedecak waktu liat gue masih bengong. "Udah ah, cepetan naik anjer, lelet banget sih lo. Gue tinggalin juga lo ya!"

Gue mencibir pelan lalu naik ke atas motor dia.

Satu pelajaran untuk hari ini: Jangan pernah jatuh sama pesona Alan. Karena pada dasarnya dia tuh emang sangpah. []

Friend Shit | on goingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang