19. Selamat Ulang Tahun, Ibu Risa!

147 9 1
                                    

Semua berjalan seperti biasanya saat ibu Risa memasuki kelas kami. Namun, saat di penghujung kelas hampir berakhir, tepat 30 menit sebelumnya Alan dan Jevan mulai bertingkah sesuai rencana.

Bahkan dipenuhi dengan improvisasi tak terduga.

Miya yang biasanya kalem, mulai bertingkah ikutan menggila.

Bayangin aja, satu kelas anak SMA bertingkah seperti anak TK yang susah diatur. Pesawat terbang kertas yang entah dibuat oleh siapa pertama kali terbang melintas tepat di depan wajah Bu Risa, lemparan bola kertas juga terasa seperti perang bola salju.

Memang tipikal ibunya yang sabar atau gimana, beliau gak marah sama sekali. Cuma ngehela napas sambil senyum tipis negur kita beberapa kali yang bahkan gak dihirauin sama sekali.

Tiba-tiba gue ngerasa kasihan sama ibu Risa.

Gimana ya, ibunya tuh baik banget. Gak mandang yang pinter aja yang bakal dapat perhatian lebih di kelas, semua dapat perlakuan sama rata. Dan ngeliat Ibunya dikerjain gini tuh ... bikin gue gak tega.

"Anak-an-"

"EH APAAN TUH! BU, SI JEVAN NAKAL!"

Gue ngeringis pelan waktu Ibu Risa lagi-lagi ngehela napas. Penjelasan beliau tentang materi tadi kepotong gitu aja, kalah telak sama suara anak kelas yang entah kerasukan jin apaan.

"Woi, udah dong, kek anak kecil aja." Alan mulai bersuara, dengan wajah sengak yang bikin tangan gue tuh gatel buat nampol dia bolak-balik.

Cih, pencitraan yang natural sekali.

Ibu Risa yang mungkin udah capek ngadepin kelakuan anak kelas langsung milih buat duduk lagi di kursi guru. Hela napas pelan, lalu bersuara dengan nada datar, "Kalian tuh bukan anak kecil lagi."

Dari situ anak-anak di kelas udah mulai diam, mungkin rada takut juga pas Ibunya bilang gitu.

Sedikit banyaknya, gue juga ngerasa rencana ini tuh agak keterlaluan sih, apalagi buat orang kaya Ibu Risa. Tapi sayangnya udah kejadian dan kepalang tanggung juga, langsung aja nyebur sekalian.

Ngeliat kita yang udah mulai diam, Ibu Risa langsung ngelanjutin. "Kalian bukan anak umur lima tahun yang harus ibu tegur buat diam, kan? Kalian juga gak bisa dimarahin. Umur kalian bertambah tiap tahun loh-"

"Maaf, Bu," potong Adam tiba-tiba.

"Kenapa, Dam?"

Jujur aja, sebenernya gue tuh enggak begitu ngeh sama rencana anak kelas. Gue cuma ngikutin alur doang.

Dan gue juga gak sepenuhnya bisa nebak apa yang mau dibilang Adam.

"Umur kita gak pernah bertambah kok, Bu. Perasaan yang bertambah tuh umur Ibu deh."

Hening.

Sedetik setelahnya gue baru sadar apa yang dimaksud Adam lalu ketawa pelan. Anak-anak yang lain malah langsung heboh lagi, ribut ngucapin selamat ulang tahun buat Ibu Risa.

Ibu Risa gimana?

Beliau awalnya cengo gak percaya, lalu ketawa pelan. Diam-diam ngelap air mata di sudut mata.

"Serius ya, kalian tuh udah kaya anak Ibu sendiri. Selama ini gak pernah tuh ngeliat kalian ribut, kalem semua. Ternyata ketauan juga ributnya kalian ya," kata Ibunya sambil senyum lebar banget.

Rira udah maju ke depan sambil ngasihin Ibu Risa kue yang tadi kami pesan.

Rame banget.

Untuk kesekian kalinya, ada satu hal yang bikin gue masih mau bertahan di kelas ini.

Ibu Risa, selamat ulang tahun. []

Friend Shit | on goingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang