Gak mudah buat keluar dari zona ini, gue paham banget soal itu. Kata-kata dan tangisan Alan tadi terus-terusan bikin gue kepikiran. Gue gak bisa ngebiarin orang terdekat gue nangis.
Kalau aja yang buat Alan nangis itu orang lain, gue mungkin gak bakal mikir panjang buat datengin orang itu. Tapi masalahnya, kali ini gue sendiri yang malah bikin Alan nangis.
Gue masih ingat sama sosok kecil Alan yang kurus dan mudah nangis kini tumbuh jadi cowok yang disukai banyak orang di sekolah. Sosok yang kadang ngelindungin gue.
Gue harus gimana?
"Si Alan tadi kenapa gak disuruh masuk?" kata Ibu yang lagi duduk di ruang tengah depan tv waktu liat gue masuk ke rumah dan berniat buat mendekam di dalam kamar sampai makan malam.
"Hah?" jawab gue bingung. "Gak tau tuh, katanya mau langsung pulang aja. Ibu juga kenapa gak suruh dia masuk tadi?"
"Katanya dia mau nungguin kamu. Tumben amat? Biasanya juga nyelonong masuk."
Gue ketawa pelan. Iya juga ya, akhiran ini Alan emang gak blangsak kaya dulu lagi. "Yaudah, Rhea mau masuk dulu, Bu. Capek."
"Jangan lupa bantuin Ibu siapin makan malam nanti!"
"Iyaa!" sahut gue setengah teriak waktu nutup pintu.
Tepat setelah pintu kamar gue tertutup dan gue dihadapin sama kamar gue yang gelap dan sepi, gue langsung rebahin diri ke kasur dan meluk bantal gue erat. Dan saat itu juga, gue mulai terisak.
Gue harus gimana?
Sakit banget rasanya. Sebenernya gue tuh kenapa sih? Apa yang salah sama diri gue? Gue benci liat Alan nangis demi gue. Gue gak suka liat orang lain menderita karena gue. Tapi, gue pun juga menderita.
Sisa waktu itu gue habisin dengan nangis sepuas mungkin sampai gue lupa udah nangis berapa lama dan akhirnya ketiduran.
Gue kebangun waktu teriakan Ibu yang sambil ngedor pintu kamar gue keras (sebenarnya lebih tepat buat dibilang mau ngancurin pintu kamar anaknya sendiri). "RHEA BANGUNNN! ANAK GADIS GAK BOLEH TIDUR SORE NANTI DIGANGGU SAMA YANG GAK KASAT MATA MAU KAMU?!"
Kadang tuh gue suka bingung sama Ibu dengan segala filosofi anehnya.
"RHEA!"
"Iya ini bangun!" teriak gue yang lagi duduk sambil mijit kepala gue yang langsung sakit karena kebangun tiba-tiba.
"Tuh tadi Alan dateng lagi katanya mau balikin buku punya kamu. Bukunya Ibu taroh di laci tv."
Hah? Perasaan Alan gak ada minjam buku gue dah akhiran ini.
Walaupun masih pengen buat lanjutin tidur, tapi gue akhirnya mutusin buat beringsut turun dari ranjang dan keluar dari kamar.
Gue langsung ke ruang tengah buat ngambil buku yang dimaksud Ibu tadi. Dan buku itu emang ada di situ, tapi bukan buku gue. Gue yakin banget karena gue gak pernah nyampulin buku tulis gue dengan sampul bunga-bunga norak kaya gitu.
"Apa sih ini." Gue gumam pelan lalu duduk dan membuka buku itu.
Ada tulisan Alan tepat di halaman pertama.
'Rhea, gue tau sampul buku ini norak dan bukan lo banget. Sengaja, soalnya tulisan gue kedepannya juga bakal sama noraknya.
Gue tuh bingung tau. Gue pengen biarin lo sendiri dan ngasih lo waktu, tapi gue juga pengen ada di samping lo. Aneh, ya? Jangan ketawa dulu. Gue belum selesai.
Inget gak Rhe, waktu kita kecil dulu, gue tuh pengecut banget, suka digangguin anak lain karena badan gue yang kecil dan kurus. Tapi waktu itu lo datang, anak cewek tetangga gue yang sering gue katain gendut itu dengan soknya ngelawan anak lain yang gangguin gue. Padahal waktu itu kita jelas kalah jumlah, tapi lo gak takut sama sekali buat berdiri di samping gue.
Lo berani banget waktu itu.
Sejak itu lo jadi orang yang gue kagumin walaupun gue gengsi buat bilang sama lo. Gue lebih suka kita berantem dan pukul-pukulan buat hal kecil, yang anehnya bikin kita ketawa setelahnya dan makin dekat. Gue suka nonton drakor bareng lo lagi.
Gue kangen sama lo, Rhe.
Gue gak tahu apa yang bikin lo berubah sampe diem aja kalo digangguin sama anak-anak di sekolah.
Rhea, lo terlalu baik. Lo gak pernah balas perlakuan jahat orang lain ke elo. Gue tau lo emang setulus itu sama orang lain. Tapi Rhe, segala yang disebut 'terlalu' itu juga gak baik. Lo gak harus selalu ngalah demi orang lain.
Jadi diri lo sendiri aja, Rhe.
Cukup jadi diri elo aja.
Gue gak bisa baca pikiran lo, gue gak tahu perasaan lo kalau lo gak cerita. Tapi gue bisa mahamin itu kok, gue cuma pengen lo tau kalo walaupun dunia berbalik ngebenci elo, gue bakal tetap ada buat lo, Rhea. Sama kayak lo yang milih buat berdiri di samping gue.
Hahah, cringe banget ya tulisan gue?
Rhe, gue tau lo mungkin deket sama Jevan sekarang. Gak, gue gak cemburu kok. Gue malah seneng kalau ada yang ikut berdiri di samping lo juga.
Lo itu berharga banget buat gue. Jadi, kalo semisal lo ada di titik di mana lo benci sama diri lo sendiri, cukup ingat kalo setidaknya ada satu orang yang sayang banget sama lo, Rhe.
Dan itu gue.
Mungkin ini bukan waktu yang tepat buat bilang, tapi Rhe, gue sayang banget sama lo. Bukan sebagai saudara, temen, sahabat atau apapun. Lo tau sayang apa yang gue maksud.
I love you, Rhea. I love you since you stood beside me.'
Gue nangis kejer gitu aja waktu berhenti tepat di kalimat itu. Rasanya sakit, tapi juga lega. Gue gak paham gimana bilangnya, karena di satu sisi sudut hati gue rasanya tenang banget waktu baca kalimat itu.
Alan sayang sama gue?
Dan Alan ... nulis ini semua?
Cowok blangsak yang gue kira gak bakal ngelakuin hal se-menggelikan ini. Gue gak bisa ngomong apa-apa lagi, kepala gue penuh gitu aja sama semua tulisan Alan.
Bahkan masih ada banyak tulisan lagi yang belum gue baca. Buku itu penuh sama tulisan Alan. Entah udah berapa lama cowok itu nulis semuanya di buku ini.
Tulisan tentang perasaan Alan ke gue yang gak pernah gue duga. []
KAMU SEDANG MEMBACA
Friend Shit | on going
Teen FictionSemua orang mengenal Rhea Anggita sebagai cewek biasa yang selalu ditempelin si cowok populer paling diminati satu sekolah bernama Alan Gevanno. Walau tidak jarang sebenarnya kehadiran Rhea tidak dianggap oleh sekitarnya. Sayang, sejak kedatangan an...