Nabi Sulaiman AS adalah anak dari Nabi Daud AS. Setelah ayahnya wafat, Nabi Sulaiman mewarisi kerajaannya. Allah SWT telah menganugerahkan kepadanya dengan banyak kenikmatan. Ia merupakan raja dan nabi yang terkaya, memiliki kekayaan yang berlimpah, terdiri dari segala logam dan permata yang serba mahal. Istananya berkilau penuh bertaburan intan permata. Ia terkenal adil, bijaksana cerdas karena ilmunya.
• Mukjizat Nabi Sulaiman
Allah memberikan karunia kepadanya dengan mukjizat yang banyak. Keistimewaan yang diberikan Allah kepada Nabi Sulaiman di antaranya ialah ia dapat bepergian kemana-mana dengan mengendarai angin, ia memerintah Jin, ia bisa menguasai bahasa-bahasa binatang dan burung.
"Kemudian kami tundukkan padanya angin yang berhembus dengan baik menurut kemana saja yang dikehendakinya"
(QS. Shad 38:36)Dan Kami tundukkan angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula) dan kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (dibawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala" (QS. Saba 34:12)
• Kebijaksanaan Nabi Sulaiman AS
Keadilan dan kebijaksanaannya terbukti sejak ia masih kecil ketika Nabi Daud AS menghadapi persoalan hukum yang terjadi dalam masalah hasil panen.
Dan (ingatlah kisah) Daud dan Sulaiman, di waktu keduanya memberikan keputusan mengenai tanaman karena tanaman itu dirusak oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. Dan adalah kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu. Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung semua bertasbih bersama Daud. Dan Kamilah yang melakukannya" (QS. al-Anbiya 21:78-79)
Daud memutuskan kambing untuk yang mempunyai sawah, maka berkatalah Nabi Sulaiman : "Rubahlah putusanmu wahai raja? " Lalu Daud berkata : "Bagaimana kebijaksanaanmu? "
Ia berkata : "Pemilik tanaman memberikan bayaran kepada yang mempunyai kambing, setelah diselesaikannya maka yang mempunyai kambing membayar kepada yang mempunyai sawah".
Pada suatu hari, dua orang perempuan membawa dua orang anak keduanya, tiba-tiba datanglah seekor serigala yang menerkam salah seorang anak tersebut, kemudian keduanya berebut anak itu kepada Daud, kemudian Nabi Daud memutuskan bahwa anak itu milik yang lebih tua dari keduanya. Kemudian mereka keluar istana.
Lalu Nabi Sulaiman memanggil mereka berdua dan berkata : "Berikan padaku pisau akan aku belah untuk kalian berdua. Maka berkatalah yang lebih muda dari mereka: "Allah memberimu rahmat, wahai nabi! bayi itu adalah anaknya jangan engkau bunuh dia! ". Maka kemudian ia putuskan bahwa bayi itu adalah anak yang paling muda dari mereka.
Suatu hari Nabi Sulaiman mengatur tentaranya yang terdiri dari manusia, Jin, dan burung-burung diatur dengan tertib dalam barisan. Pada saat sedang berjalan, mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut :
"Hai sekalian semut! masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak terinjak oleh Sulaiman dengan bala tentaranya, sedang mereka tidak menyadari".Mendengar itu Sulaiman tersenyum dan tertawa karena mendengar perkataan semut itu. Dan dia berdoa kepada Tuhan "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridoi dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu, ke dalam hamba-hamba-Mu yang shaleh".
KAMU SEDANG MEMBACA
KISAH PARA NABI
RandomPada kesempatan kali ini saya ingin memposting cerita tentang nama-nama 25 Nabi dan Rasul beserta kisahnya. Memang postingan ini terlihat sederhana tetapi kita juga harus mengetahui nama-nama nabi yang wajib kita ketahui dan tentunya bagaimana kisah...